Bingung Mau Pilih Judul Cerita? Mungkin Langkah Ini Bisa Membantumu.
Halo, Creambers! 🌈
Pernah mengalami yang namanya kesulitan cari judul cerita? Hem ... sama, kok. Kadang saking bingungnya sampai punya banyak judul dan berakhir pada pilihan salah. Sampai ganti-ganti terus. Ada yang sama?
Meskipun keliatannya sepele, judul memiliki dampak yang signifikan pada penyampaian cerita, loh. Sering kali, judul bisa menentukan apakah seseorang akan membaca ceritamu atau mengabaikannya. Walau kadang kamu merasa tergoda untuk meremehkan judul, jangan lakukan, ya.
Bukan hal mudah untuk menciptakan suatu judul buku novel yang menarik perhatian calon pembaca. Judul yang terdengar unik dan terlihat wow akan membuat orang mengingat buku kita karena judul.
Ya, membuat judul buku atau novel memang susah-susah gampang. Salah buat judul bisa membuat cerita kita terkesan biasa, padahal orang belum membaca cerita kita. Makanya, berhati-hatilah dalam memilih judul. Terus, gimana membuat judul novel yang menarik?
Nah, aku punya beberapa tips yang bisa kalian coba. Yuk, disimak.
1. Dapatkan inspirasi dari tema utama ceritamu.
Judul yang baik harus sesuai dengan ceritanya secara tepat juga menggugah. Pikirkan tentang tema utama ceritamu—apakah tentang pembalasan dendam? Kesedihan? Alienasi? –dan pikirkan judul yang membangkitkan tema tersebut.
Cinta? Ah, kayaknya ini yang paling umum digunakan. Bisa aja kamu pakai judul dengan kata ini.
2. Berilah judul berdasarkan latar yang penting.
Jika sebuah latar tertentu memiliki peran yang penting di dalam cerita, pertimbangkan untuk menjadikan latar tersebut sebagai judul ceritamu. Mungkin latar tersebut sering digunakan dalam cerita atau merupakan tempat dengan kejadian unik. Cobalah untuk menggunakannya.
3. Pilihlah judul yang terinspirasi dari kejadian penting di dalam cerita.
Jika ada kejadian tertentu yang mendominasi isi cerita atau menjadi kunci utama dalam pergerakan cerita, pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai inspirasi judul.
Jatuh di pelukan semak belukar, terkena becek, kejadian unik apalagi yang bisa jadi judul ceritamu?
4. Gunakan tokoh utama ceritamu sebagai judul.
Menamai buku menggunakan nama karakter penting dalam cerita bisa memberikan kesederhanaan yang menarik pada judul buku. Akan lebih membantu jika nama tokoh utamamu mudah diingat dan penting.
Tidak usah jauh-jauh, ya. Tips ini yang paling umum digunakan para penulis sekarang. Contohnya saja Langit dan Arjuna karya MaaLjs.
5. Berilah judul berdasarkan kutipan yang diingat dari cerita.
Jika kamu memiliki kalimat atau frasa yang orisinal dan menarik yang menangkap elemen penting atau tema cerita, gunakanlah kalimat tersebut atau versi berbeda dari kalimat tersebut sebagai judul cerita.
Sebagai contoh, novel seperti Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye.
6. Buatlah judul yang sesuai dengan genre ceritamu.
Jika kamu memilih judul yang terdengar cocok untuk sebuah genre tetapi ceritamu bergenre lain, kamu tidak hanya membuat calon pembaca kebingungan, tetapi juga membuat mereka merasa asing.
Sebagai contoh, jika judul ceritamu terdengar seperti cerita fantasi, seperti “Naga di Menara Tua”, tetapi ceritamu tentang akuntan di dunia modern, kamu akan mengalienasi orang yang memilih ceritamu untuk membaca cerita fantasi. Kamu akan kehilangan pembaca yang mencari cerita tentang kehidupan modern dunia akuntansi, dan lain-lain.
KAMU SEDANG MEMBACA
Recette de CreaWiLi
Kurgu OlmayanSelamat datang di Perpustakaan CreaWiLi! Sekedar informasi, Perpustakaan CreaWiLi tidak memiliki batasan waktu untuk 'para tamu' berkunjung. Jadi ..., silahkan datang kapan saja ketika kalian sedang butuh asupan. Di sini, kami menyediakan menu beru...