❬ 32 ❭ Semua Tentang Paragraf

102 27 0
                                    

Assalamualaikum Wr. Wb.

Di kesempatan kali ini, Afrin_LI akan membawa sebuah materi tentang paragraf.

Kalian sudah pasti tahu apa itu paragraf, tapi belum tahu apa arti sebenarnya dari paragraf itu.

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf adalah alinea.

Pengertian paragraf menurut beberapa ahli :

1. Gorys Keraf

Paragraf merupakan suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari kalimat dan merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

2. Ramlan (2010: 23)

Paragraf merupakan bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.

Ciri-ciri Paragraf :

1. Bertakuk/letaknya agak dalam, ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa.

2. Paragraf menggunakan pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat topik.

3. Kalimat topik dan selebihnya adalah kalimat pengembang sebagai fungsi penjelas, menguraikan ataupun menerangkan pikiran utama yang terdapat dalam kalimat topik.

4. Paragraf menggunakan pikiran penjelas yang dinyatakan dalam kalimat penjelas.

Unsur-unsur paragraf :

1. Di dalam paragraf harus mengandung satu pikiran utama atau suatu topik.

2. Di dalam paragraf sebuah pikiran utama didukung oleh suatu pikiran penjelasan, baik dengan penjelasan, uraian maupun sebuah contoh.

3. Di dalam paragraf harus mempunyai Koherensi antar kalimat dan antar paragraf dalam satu karangan yang lebih dari satu paragraf. Antar kalimat dan antar paragraf terjalin sebuah hubungan yang saling mendukung.

4. Di dalam paragraf harus mempunyai Unity atau karangan yang mempunyai satu kesatuan yang padu.

5. Di dalam paragraf harus harmonis semantis, gramatis, dan normatif.

Fungsi Paragraf :

1. Untuk mengekspresikan suatu gagasan dalam bentuk sebuah tulisan dengan memberikan suatu bentuk pikiran dan sebuah perasaan dengan serangkaian suatu kalimat yang tersusun secara logis dalam suatu kesatuan.

2. Untuk menandai sebuah peralihan gagasan baru bagi sebuah karangan yang terdiri dari beberapa paragraf, ganti paragraf berarti ganti suatu pikiran juga.

3. Untuk memudahkan dalam suatu pengorganisasian gagasan bagi si penulis dan memberikan kemudahan dalam pemahaman bagi si pembacanya.

4. Untuk memudahkan dalam pengembangan sebuah topik karangan ke dalam satuan unit pikiran yang lebih kecil.

5. Untuk memudahkan dalam pengendalian variabel, terutama dalam karangan yang terdiri dari beberapa variabel.

Jenis-jenis Paragraf :

1. Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Pokok Paragraf

A. Paragraf Deduktif

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang