❬ 4 ❭ Apa Aja Sih Genre-Genre di Wattpad?

449 77 19
                                    

Hai, guys! 🌈

Gimana kabarnya? Pasti baik dong, kan? Terus udah makan belum? Yang belum makan dulu, ayo. Supaya konsen nih nyimak penjelasan M─dan nggak kesulut percikan-percikan api/? Takutnya kalian resek kalau lagi laper.g

Pffft.

Oke deh, tanpa buang waktu lagi ..., sekarang kita bakal bahas tentang genre-genre yang disediain wattpad, dan sedikit pembahasa tentang tag─yang belakangan ini hampir selalu disalahgunain sama beberapa penulis yang ... ah sudahlah.

Yuklah, langsung aja kita bahas, ya.
⠀⠀⠀
⠀⠀⠀

⠀⠀⠀
⠀⠀⠀
1. Fiksi Remaja

Siapa sih yang nggak tau sama genre ini?

M yakin hampir seluruh pengguna Wattpad pasti tahu, baca, apalagi ngefavoritin genre ini. Ya, bisa dibilang genre sejuta umat gitu.

Dan, kalian udah tahu apa itu sebenernya fiksi remaja? Apa cuma yang tentang bad boy/girl? Nerd? Cool boy/girl? Fvck boy/girl? Apalagi bucin-psychopath boy/girl?

Kalau kalian bilang iya, main kalian kurang jauh. Huvv.

Jadi, fiksi remaja itu:

Genre yang menelusuri seluk-beluk, pasang-surut pertumbuhan melalaui pengalaman emosional, fisik, dan sosial dari remaja-remaja atau remaja dengan mana para pembaca mengidentifikasi. Fiksi remaja sering terjadi dalam lingkungan sekolah menengah atas dan dapat menjadi cerita "kedatangan usia" yang mendokumentasikan kecanggungan masa remaja dan tantangan mengatasi masalah sosial yang sulit.

─Wattpad Content Guidlines.

Nah, bisa dilihat sendiri, kan, apa itu fiksi remaja.

Ya, betul dong, M, kalau cerita-cerita bad boy dan blablabla-nya itu masuk dalam fiksi remaja!

Ya, memang betul. M nggak ada bilang itu salah, tapi apa emang cuma itu doang?

Ofc no, Dude.

Fiksi remaja itu luas. Nggak cuma tentang cinta-cintaan, bucin, dan menye-menye doang. Kalian bisa bahas apa aja permasalahan remaja kalian, bahkan tanpa ada unsur romansanya juga bisa.

Contohnya kalau kalian introver; susah nyari temen, dituntut keluarga mesti jadi anak yang sempurna, atau apa punlah itu, ya. Karena ... nggak semua remaja itu dipusingin sama kebucinan. Masih banyak masalah di luar sana yang bahkan lebih berat dari cinta-cintaan. Terlebih, M yakin, pasti ada remaja yang baca ini, tapi belum pernah pacaran sama sekali.

M nggak nyalahin mereka yang buat cerita remaja tentang cinta-cintaan karena M juga buat yang ada cinta-cintaan, tapi apa emang cuma itu pembahasannya ...?

Sekali lagi, nggak, Man.

Jadi, saran M, boleh ada cinta-cintaan di genre ini, tapi, ya, disesuainlah, ya. Jangan cuma nge-bucin doang─lagian kebanyakan cerita cinta fiksi remaja ini terlalu overrated dan jarang banget kisahnya terjadi di dunia nyata.
⠀⠀⠀
⠀⠀⠀

2. ChickLit

Kalau dilihat-lihat banyak sih yang masih bingung ini genre apa. So, langsung aja nih, ya.

ChickLit berputar dalam perjuangan wanita modern, sementara romantis sering ada di genre ini. Cerita-ceritanya biasa berfokus pada perjalanan protagonis wanita dengan teman atau keluarga.

─Wattpad Content Guidelines

Well, intinya itu kayak cerita di genre ini berfokus sama protagonisnya yang tentu aja wanita─karena arti chick adalah wanita.

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang