Hai, Wattpaders! MaaLjs di sini. 🌈✨
Malam sabtu, waktunya belajar di CreaWiLi. Seperti judulnya, malam ini kita bakal bahas tentang outline. Dan, tanpa buang waktu, kita langsung masuk aja ke materinya.
Masih banyak penulis yang nggak tahu apa itu outline. Kadang mereka nulis cuma langsung dituangin gitu aja. Gpp sih sebenarnya kalau emang bisa konsisten nyelesain cerita sampe kelar. Namun, buat kamu yang pelupa dan suka males ngingat jalan cerita, mending pake outline deh.
Jadi, outline adalah sebuah kerangka tulisan untuk menampilkan ide-ide utama dan pendukung sebuah subjek/tema tertentu. Jika naskah adalah tubuh manusia, maka outline adalah kerangka tulangnya.
Kerangka ini menjelaskan secara singkat bagian apa berisi tentang apa saja, juga urutan penempatannya sehingga seluruh bagian bersangkut-paut. Atau, lebih mudahnya begini, anggap saja outline itu 'daftar isi' dari naskah yang sedang kamu tulis. Dengan outline, proses menulis bisa terarah, tidak melebar dan meluas kemana-mana, dan hanya berisi hal-hal yang relevan."Jika kau ingin menulis naskah yang bagus, terlebih dulu kau harus membuat outline atau kerangka tulisan yang bagus." (Brad Zomick)
Sebuah outline yang bagus akan membantu penulis mengeneralisaikan ide-ide, mengatur gagasan-gagasan, menghemat waktu, dan menjadikan tulisan cepat selesai. Misalnya, kalian mau menulis tentang 'menanam jeruk bali', maka dengan outline, tulisan kalian fokusnya bisa tetap setia ke jeruk bali, bukan kemudian meluber ke gadis Bali. Coba kalian bandingkan dua outline berikut. Yang pertama adalah outline yang fokus, yang kedua adalah outline yang salfok.
Outline Kece:
1. Jeruk Bali dan Variannya
2. Pemeliharaan Jeruk Bali
3. Manfaat Jeruk Bali
4. Segarnya Berbisnis Jeruk Bali
5. PenutupOutline Rese:
1. Jeruk Bali dan Variannya
2. Pemeliharaan Jeruk Bali
3. Makan Jeruk Bali bareng Gadis Bali
4. Kamu Semanis Jeruk Bali
5. Badanku Jeruk BalikuDengan outline, kita jadi tahu habis A terus nulis B, trus udah itu nulis C, dan sesudahnya nulis D. Tulisan pun urut dan runtut. Dengan outline, otak kita tidak terbebani dengan harus mengingat-ingat mau nulis apa lagi, apa yang belum dicantumkan, setelah ini nulis apa. Dengan outline, kamu bisa berfokus untuk menulis pada satu bab hingga selesai, kemudian setelah itu berlanjut fokus menyelesaikan bab lain.
Outline membuat proses menulis menjadi lebih jelas, lebih terasa ringan karena kita memecah satu tugas besar dalam beberapa tugas kecil. Dengan outline, kita bisa menulis 'melompat-lompat bab' tanpa kehilangan arah karena ada outline yang merekam 'kerangka besar tulisanmu.' Misalnya saja, selesai menulis bab 1 kamu ingin melompat menulis ke bab 4, tidak apa-apa. Ada outline yang menjagamu agar tidak hilang arah. Dengan outline, kita jadi tahu bab 1 kurang banyak, bab 3 belum dicari datanya, bab 7 kurang dipoles, bab 9 terlalu tipis halamannya, dll.
Nah, setelah tahu manfaat dan pentingnya outline. Sekarang kita bahas tentang cara membuat outline yang bagus Brad Zomick menganjurkan 5 langkah berikut untuk membuat outline tulisan yang bagus.
(1) Tentukan tema/topik besar yang hendak kamu angkat dalam tulisanmu
Pertama-tama, kamu harus tahu apa yang mau kamu tulis. Langkah pertamanya dengan membuat outline yang baik. Jadi, kalau kamu mau nulis tentang A, maka harus benar-benar tahu tentang A supaya outline yang kamu buat bisa fokus pada hal-hal tentang A. Misalnya, kamu mau menulis tentang tips menanam jeruk bali, maka kamu tahu yang akan kamu tulis adalah jeruk bali bukan gadis Bali! Mengetahui apa yang hendak ditulis akan memandu tulisan agar tetap berada di rel yg seharusnya, tetap pada rel jeruk bali, bukan gadis Bali.
Yang mau nulis novel, sebelum bikin outline, kamu juga harus pastikan mau nulis novel tentang apa. Apakah cinta, pembunuhan, misteri. Jangan sampai, yang awalnya mau nulis novel misteri pembunuhan, eh, di tengah-tengah kok belok jadi novel anak. Duh, please, kamu mau nulis novel bagus atau buat FF Tukang Haji Naik Bubur?
KAMU SEDANG MEMBACA
Recette de CreaWiLi
No FicciónSelamat datang di Perpustakaan CreaWiLi! Sekedar informasi, Perpustakaan CreaWiLi tidak memiliki batasan waktu untuk 'para tamu' berkunjung. Jadi ..., silahkan datang kapan saja ketika kalian sedang butuh asupan. Di sini, kami menyediakan menu beru...