Assalamualaikum.
Halo semuaaa! 😀😚
Kalian sadar ga di setiap awal cerita selalu ada narasi, deskripsi atau quotes yang menggambarkan cerita tersebut?
Tau gak apa namanya?
Namanya opening!
Dan sebuah cerita, pasti diawali dengan opening kan, gaes? Tapi mungkin ada salah satu dari kita (penulis) yang masih bingung membuat opening. Iya gak? Terutama bagi pemula nih.
Nah, kali ini aku bakal bahas,
"Bagaimana sih membuat opening?"
Let's go ....
1. Mulai dengan Deskripsi
Di sebuah cerita, kita bisa memulainya dengan cara membuat deskripsi atau menggambarkan sesuatu teman-teman. Bisa mendeskripsikan tempat, tokoh utama, dan lain sebagainya.
Contohnya:
Bettu, pemuda berandalan dengan tubuh six pack serta berkulit sawo matang. Walau berandalan, namun ia dianugerahi otak encer bagai seorang profesor. Tak heran banyak kaum hawa yang berpikir dua kali untuk mengatakannya bad boy.2. Narasi
Dalam pembukaan suatu cerita, narasi bisa dijadikan salah satunya. Narasi berhubungan dengan tindakan tokoh, atau suatu hal yang sedang terjadi.
Contohnya:
Aku berlari sekencang-kencangnya, jantungku berdetak kian cepat. Napasku tersengal dan peluh membasahi seluruh tubuhku. Kulihat kebelakang, orang itu masih saja mengejarku dan ia hampir mendekatiku. Oh Tuhan, apa yang harus aku lakukan, aku tak ingin mati sia-sia.3. Quotes
Opening bisa dimulai dengan quote manteman. Tau kan apa itu quote?
Contohnya:
"Bila memang tiada niat, jangan kau beri seakan kau benar mau menghampiri. Penantian bukan sebuah permainan."4. Dialog
Tipe opening dialog ini biasanya ditujukan kepada pembaca yang gak mau bertele-tele. Dengan opening ini, bisa membangun perasaan pembaca.
Contohnya:
"Dasar bodoh! Kenapa kau lepaskan dia?" pekik lelaki tua itu sambil menampar remaja di depannya."Dia masih terlalu kecil, aku tak tega melihatnya dilecehkan," jawab remaja itu menunduk.
"Dasar bodoh!"
Plak, sebuah tamparan keras kembali mendarat di pipi remaja itu. Kini ia hanya menunduk memegangi pipinya yang panas sambil menahan air mata yang akan tumpah.
5. Lagu
Opening dengan lagu itu cukup menarik pembaca gaess! Kamu hanya perlu memasukkan sebait atau dua bait lagu yang mewakili isi ceritamu.
Contohnya:
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka, saat kita tertawa.6. Pertanyaan
Opening sebuah cerita juga bisa dengan menggunakan pertanyaan. Hal ini untuk membangun rasa penasaran kepada pembaca. Dua hal di atas (Deskripsi dan narasi) juga bisa membuat penasaran. Tergantung cara menuliskan. Namun, opening dengan pertanyaan ini lebih simpel.
Contoh:
Apa yang membuatmu menunggu?7. Perkenalan
Sebenarnya, opening model perkenalan sudah dijelaskan atau diajarkan sejak SD. Hal ini menyebabkan opening dengan bentuk ini dibilang kuno atau terlalu pasaran. Tapi kadang, masih banyak yang menggunakan opening semacam ini. Ya, sebenarnya, bagaimana pun bentuk opening-nya, tergantung cara kita menuliskan.
Contoh:
Namaku Dewi. Aku terkenal usil, tetapi sebenarnya banyak pendiam kalau sedang sendiri. hari ini umurku 17 tahun lebih 8 hari.8. Bunyi-bunyian
Opening model begini juga sudah sering kita lihat di dalam cerpen atau cerita di buku pelajaran SD/SMP. Atau bahkan, bagi penulis pemula, opening dalam tipe ini menjadi favorit. Mengapa? Sebab simpel digunakan.
Contoh:
Kring! Kring!Alarmku berbunyi. Aku langsung terbangun karena kaget. Ini kesekian kalinya aku bangun agak siang. Dan alarm itu, sudah sepuluh kali berbunyi. Baru kali ini juga aku benar-benar sadar, bahwa aku memiliki jadwal kuliah.
9. Al-Quran/Hadist
Bagi kamu yang biasa menulis religi, kamu juga bisa memasukkan penggalan Hadist atau ayat Al-quran dalam ceritamu. Tentu saja yang berhubungan, atau mendukung langsung terhadap karya yang kamu tulis. Hal ini cukup efektif dalam membangun rasa penasaran.
Oke sampai situ dulu materi hari ini, yaaa, paham gak? Kalo ada yang ga paham, silakan ditanyakan, yaaa. :)
Maaf jika ada kesalahan, atau kata-kata yang mungkin gak enak dihati🙏
Wassalamualaikum. 💙
Regards
Regina ft all admin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Recette de CreaWiLi
No FicciónSelamat datang di Perpustakaan CreaWiLi! Sekedar informasi, Perpustakaan CreaWiLi tidak memiliki batasan waktu untuk 'para tamu' berkunjung. Jadi ..., silahkan datang kapan saja ketika kalian sedang butuh asupan. Di sini, kami menyediakan menu beru...