❬ 28 ❭ Apa Itu Dialog Tag?

154 32 0
                                    

Dialog tag adalah frasa yang mengikuti dialog. Fungsinya menginformasikan si pengucap kepada pembaca.

Selain itu, dialog tag digunakan apabila dialog tersebut isinya tentang pengungkapan sesuatu.

Diawali dengan huruf kecil setelah tanda petik. Dan di tandai dengan : "ujar, kata, pekik, sambung, tukas, ungkap, dan lain sebagainya."

Sebelum kita ke macam-macam dialog tag, mamak mau kasih tahu dulu nih gimana penempatan si dialog tag ini dan bagaimana penulisan dialog yang benar.


1. Dialog menggunakan koma sebelum petik terakhir

Contoh salah :

1. "Nia, dia ada di sana," Kata Karin.

2. "Bogor itu lumayan jauh juga", kata Udin.

Contoh benar :

1. "Nia, dia ada di sana," kata Karin.

2. "Bogor itu lumayan jauh juga," kata Udin.

Lihat perbedaannya :

• Di contoh satu, setelah petik akhir, gunakan huruf kecil untuk mengawali sebuah dialog tag.

• Dan di contoh dua, penempatan petik akhir dan komanya terbalik.

2. Dialog menggunakan titik sebelum petik terakhir

Contoh salah :

1. "Tak salah lagi." matanya kini menoleh sinis pada wanita di sebelahnya.

2. "Dia sangat beruntung memiliki Rias." seto tak henti-hentinya merenung.

Contoh benar :

1. "Tak salah lagi." Matanya kini menoleh sinis pada wanita di sebelahnya.

2. "Dia sangat beruntung memiliki Rias." Seto tak henti-hentinya merenung.

Lihat perbedaannya :

• Di contoh satu, setelah petik akhir, gunakanlah huruf kapital untuk memulai judul baru.

• Di contoh dua, setelah petik akhir, gunakanlah huruf kapital juga untuk memulai judul baru saat menyebutkan nama, jabatan, gelar, dll.

3. Dialog menggunakan tanda tanya sebelum petik akhir

Contoh salah :

1. "Apa kau ingin menikahiku, Yudha?" Tanya Nami.

2. "Kapankah hujan deras ini akan segera reda?" rian mulai bosan dengan semua ini.

3. "Meteor itu akan jatuh hari ini?", tanya Arika.

Contoh benar :

1. "Apa kau ingin menikahiku, Yudha?" tanya Nami. [Tentu saja, Nami! TENTU SAJA!!!]

2. "Kapankah hujan deras ini akan segera reda?" Rian mulai bosan dengan semua ini.

3. "Meteor itu akan jatuh hari ini?" tanya Arika.

Lihat perbedaannya :

o Di contoh satu, setelah petik akhir, gunakan huruf kecil untuk memulai dialog tagnya.

o Di contoh dua, setelah petik akhir, gunakanlah huruf kapil jika menyebutkan nama, jabatan, gelar, dll.

o Di contoh tiga, jika memakai tanda tanya, tak perlu lagi menggunakan tanda koma, bunuh saja tanda komanya, masukkan dia ke loker Davy Jones!

4. Dialog menggunakan tanda seru sebelum petik akhir

Contoh salah :

1. "Aku tak pernah melakukan itu!" Teriak Harry.

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang