Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, Warrpaders.
Materi kali ini, aku bakal memberi tips-tips membuat nama karakter yang unik.
Apakah kalian sering bingung menentukan nama dalam cerita? Padahal sudah mencari dari kumpulan nama di google tapi tidak kunjung menemukan yang cocok. Apalagi kalau cerita itu bergenre fantasi yang mengharuskan untuk memiliki nama unik. Contohnya dalam novel Game Of Throne sang penulis George R.R Martin membuat nama seperti Daenerys Targeryen, Sansa Stark, Tyrion Lannister, Robert Baratheon, dan lain-lain. Gimana sih kok mereka bisa terpikir nama-nama yang bagus dan unik itu? Nah, berikut adalah tujuh cara membuat nama yang unik!
1. Temukan Di Tempat Yang Tidak Terduga
Cobalah berjalan-jalan keliling kota dan catatlah nama jalan. Atau setelah menonton film atau acara televisi lihatlah credit title-nya maka anda akan menemukan nama yang unik disana. Dari sana kalian bisa mengambil dua nama berbeda untuk dijadikan nama tokoh fiksi. Selain itu, kalian bisa mencari nama latin dari bunga yang kalian jumpai. Seperti "Saraca", "Celosia", "Murraya" dan lain-lain.
2. Gunakan Susunan Acak
Jika kalian ingin sesuatu yang benar-benar unik, jangan gunakan nama-nama yang sudah familier di telinga dan cobalah untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Ketiklah kata secara acak kemudian pilihlah satu set huruf-huruf yang terlihat meyakinkan. Setelah itu, kalian rangkai kembali huruf-huruf tersebut untuk membuat nama yang kalian suka. Jika merasa sulit, kalian bisa memotong huruf dari majalah bekas lalu buat kocokan arisan. Nah tinggal susun deh huruf-hurufnya sesuai selera kalian.
3. Balik Nama Tokoh Cerita Favorit
Pasti kalian punya tokoh favorit dong. Jika kalian penggemar film Avenger, salah satu nama dari tokoh bisa kalian gunakan untuk karakter dalam cerita kalian. Tapi, harus dibalik ya. Contohnya "Tony Stark" bisa kalian balik menjadi "Toryk Nats". Selain itu, kalian bisa menggabungkan dua nama artis untuk menciptakan nama baru dengan mengombinasikan nama artis tersebut dengan nama yang lain. Contoh lagi nih "Nicholas Saputra" dengan "Reza Rahardian" bisa kalian kombinasi menjadi "Nizalas Puharta" atau "Recho Satra".
4. Ubah Ejaan
Pilihlah sebuah kata atau frasa lalu atur ulang ejaan kata tersebut untuk menciptakan nama yang baru. Contoh "like this" menjadi "lykkethez" lalu kalian bisa memilih kombinasi huruf yang menarik dari hasil tersebut seperti "Lykke" "Ethe" "Kethez". Bagi kalian yang gemar mendengarkan lagu, bisa kalian tulis salah satu bait lagu tanpa spasi lalu pilih kombinasi huruf seperti tadi. Contohnya, salah satu bait dalam lagu perfect milik Ed Sheeran "Youlookperfecttonight" menjadi "Ulo" "Erfe" "Ecto" "Okpe" dan lain sebagainya.
5. Gunakan Anagram
Penduduk di bumi ini punya banyak nama. Kalian bisa menggunakan anagram atau alat pengacak untuk menciptakan nama baru. Ketiklah nama kalian di anagram maka akan muncul berbagai kata yang terpisah. Dari kata itu kalian bisa merangkai untuk menciptakan nama yang baru, unik dan tentunya membuat cerita kalian semakin bagus.
Nah, itulah kelima cara untuk mendapatkan sebuah nama karakter dalam cerita kalian. Mudah bukan? Jika sudah dapat nama baru, ada baiknya untuk menanyakan pendapat teman kalian. Ada jutaan nama di luar sana dan bisa menciptakan nama karakter yang cukup unik untuk cerita fiksi ilmiah.
Bagaimana? Sudahkah kalian mendapatkan nama karakter cerita yang kalian inginkan? Jangan lupa dicoba ya.
Semoga bermanfaat!
Salam kreativitas tanpa batas,
April dan seluruh admin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Recette de CreaWiLi
Non-FictionSelamat datang di Perpustakaan CreaWiLi! Sekedar informasi, Perpustakaan CreaWiLi tidak memiliki batasan waktu untuk 'para tamu' berkunjung. Jadi ..., silahkan datang kapan saja ketika kalian sedang butuh asupan. Di sini, kami menyediakan menu beru...