🍏................................🍏

2.3K 139 2
                                    

'Afwan cerita tanpa judul monggo silahkan sesuka hati panjenegan mau memberi judul apa.

Lansung saja ini dia ceritanya.
.
.
.
.
.

Memang,pesantren telah menyimpan sejuta memori dan kenangan.suka duka ada di dalamnya.bagaimana dulu pengalaman sewaktu menjadi santri anyar,hingga paska lulus dari penjara suci.walaupun sebagian Orang tidak setuju bahwa pesantren di katakan sebagai penjara suci,akan tetapi kenyataan nya memang demikian.

penjara yang menghasilkan pemuda pemudi yang ber ahlaq mulia dan ilmu yang insya Allah bermanfaat. Bagi mereka-mereka yang menggunakan dengan sebenar-benarnya di jalan Allah.dan bukan hanya semata-mata untuk ke songogan belaka.

Intermezzo dikit coy...hehe...ok kita mulai ini dia critanya..

Di sebuah Pondok Pesantren yang ada di jawa.ketika itu ada seorang santri  yang belum kenal sama sekali dengan logat jawa karna ia santri baru,ahirnya di kibulin aja sama santri senior

"Kang bahasa jawanya makan apa?"tanya santri baru.

"Ngiseng Kang!"(berak Kang)jawab santri senior.

"Terus,kalo bahasa jawanya Berak apa kang?"tanya santri baru.

"Mangan atau makan kang". jawab santri senior.

Nah,pagi-pagi,sehabis ngaji subuh dia(santri baru) bawa piring.sambil ngajak temen-temen sekamar.

"Ayo ngising, ayo ngising,"pekik santri baru itu.

"Lho ngiseng ko'pakek piring,? Mau di wadahi po eeknya?"sahut teman sampingnya.

"Bukan nya bahasa jawanya makan itu ngising ya kang,?"jawab santri baru itu,polos.

lantas ia diketawain teman-temannya.hahaha...dan ia baru sadar kalau  dikibulin seniornya.

Ngikut ketawa ah,jhahahahahaha...😂😂

Ada ada aja kelakuan santri.mentang2 santri baru dan belum faham betul bahasa jawa ahirnya jadi objek keisengan para santri senior dah.
yg mereka lakukan semata -mata hanya untuk meng akrapi santri baru agar kesannya mereka tidak canggung terhadap santri senior.karna memang begitulah hiburan para santri saling jahil menjahili.tapi tidak sampai ke saling membuli.
Itu menurutku lho...dari berbagai pesantren yg pernah saya singgahi saya tidak pernah menemui yg sampai saling membuli.tapi entah di luar sana.tapi semoga aja gk ada ya...tapi ya entahlah...berpikir positif saja lah..karna sebuah pondok pesantren  didirikan dan di pimpin oleh seorang  'ulama' yang di sebut kiyai.misi dan fisi sebuah pondok pesanten adalah untuk mencetak generasi yang islami ber ahlaqkul karimah.sopan santun .dan ramah tamah.karna moto mereka adalah ......

karna moto mereka adalah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

ADAB DI ATASNYA 'ILMU.
jadi...sepintar-pintarnya seorang santri kalo dk punya adab ya...julukan santrinya hilang....

Sekian...
'Afwan kalo ada kata2 dalam tulisan atau ketikkan yg acakadul.mohon di maklumi karna bukan seorang penulis yg handal melainkan amatiran.dan bwaaayak sekali kekurangan.

HUMOR SANTRITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang