🍐 LANJUTAN🍐

1.2K 77 9
                                    

Lanjutan kisah inspiratif 3,belum lupa kan...kalau dah lupa and gk ada kerjaan boleh kok...di baca ulang kakak...hehehe

Langsung saja yuk...

Setelah sang santri bercerita keseluruhan  mimpinya kepada sang kiyai.
Sang kiyai pun diam sejenak lalu berkata pada santrinya itu.Taukah apakah yang di katakan sang kiyai...?
Setelah menarik nafas sejenak lalu sang kiyai berkata..

Kiyai : "wes kang,bereskan semua baju-bajumu dan pullanglah..dan amalkan semua ilmu yang kau dapat di pesantren ini.

Sang santri melongo...sebetulnya ia faham apa yang di maksut kiyainya itu,tapi ia ingin memastikan apakah yang kiyainya ucapkan itu benar bahwasanya iya di suruh pulang.dalam artiyan boyong.karna ia merasa belum bisa apa-apa dan masih butuh belajar lagi.(boyong : artiya tamat.atau selesai.dan gk balik lagi ke pesantren,kecuali kalau main atau reuni hehe gaje ya.wes tau...)

Santri : "maksud njenengan pripun to yai,"

Kiyai : "maksud saya...sampeyan tak suruh boyong wes rasah ngaji neng kene meneh...(dah gak usah ngaji di sini lagi).wes sana amalkan ilmumu.
Sampeyan tetep ndak mudeng... (faham)

Santri : "njeh yai..la kulo tasek dereng angsal nopo2 e...(la saya merasa belum dapat apa-apa e..)

Kiyai : " wes to...manut to aku..(sudahlah percayalah padaku) aku bicara seperti ini karna mimpi mu tadi...
Tak terang kan apa sebetulnya penafsiran mimpimu tadi...

Begini lo,kang...
Mimpi sampeyan yang meminum air satu gelas kurang,satu teko kurang,lalu satu kulah pun masih kurang.itu artinya.kamu itu sudah mengugguli ilmu temanmu,pengurus,dan juga para ustand di sini.sedangkan yang kamu minum di sumur saya...untung satu ember itu belum sempat kamu minum,kalau kamu minum bisa-bisa kamu mengungguli ilmuku.
Nah...untuk itu pulanglah dan amalkan ilmumu itu di jalan Allah,

Dan sebetulnya kiyainyapun tahu apa sebab musabab  santrinya itu bisa mendapat mimpi seperti itu.sang kiyai pun juga menjelaskan kepadanya mengapa bisa jadi seperti itu.

Kiyai : "kang kamu tau ndak,kenapa kamu bisa bermimpi seperti itu..

Santri : "ndak yai..

Kiyai :" kalau begitu pulanglah dan tanyakan kepada bapakmu sesuatu apakah yang bapakmu amalkan.nantinya kamu juga akan belajar dari apa yang bapakmu jelaskan.

Sang santripun pulang sesampainya ia di rumah ia menanyakan perihal yang di suruh kiyainya itu kepada ayahnya.dan sang ayah menceritakan amalan apa yang ia lakukan.dan ternyata amalan itu semua orang bisa mengamalkannya apabila lillahhita'ala.tahukah amalan apa itu....

ternyata sang ayah selalu bersedekah dengan istiqomah.walaupun terkadang ada masa kekurangan,tetapi sang ayah tetap bersedekah.dan yang paling sering yaitu setiap sehabis panen sang ayah menyisihkan setengah panennya untuk ia shodaqohkan ke pesantren tempat sang anak menimba ilmu.walau pun terkadang panen itu tidak selalu berhasil tapi tetap saja sang ayah bagi 2 untuk di sedekahkan.

Akhirnya sang santri mendapat pelajaran yang sangat berharga dari sosok sang ayah.ia sangat bersyukur di anugrahi orang tua yang sangat luar biasa.ia pun mengamalkan ilmunya sesuwai dengan perintah sang kiyai.dan penafsiran mimpi itu benar terjadi bahwasanya pelajaran yang ia belum pernah pelajari sama sekali bisa dengan mudah ia fahami.
Dan beberapa tahun kemudian santri tersebut menjadi kiyai yang arif dan bijaksana.

Se le sai...

KISAH NYATA..
Dari sg guru.tapi entah kiyai mana ane tidak tau. karna guru ane tidak menjelaskannya tapi beliau berkata yg beliau ceritakan kisah nyata.

Waww...subhanallah bukan...benar2 keajaiban shodhaqoh membuat sesuatu yg tidak mungkin menjadi mungkin..bahkan mungkin sudah bayak kan buktinya.dan fadhilahnya sodaqoh kan memang luar biasa.

Sesungguhnya amalan apapun di dunia ini mudah lo..untuk di lakukan. tapi..kalau untuk terus menerus atau mengistiqomahkannya itu lo yang susah...,betul tidak....
dalam hadis saja di sebutkan...

Betapa luar biasanya istiqomah kan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Betapa luar biasanya istiqomah kan...karomah itu yg punya hanya para wali,kita manusia biasa tk kan mampu untuk mencapainya.kecuali yg bisa mengamalkan apapun di dunia dg istiqomah.iya to...

Dan betapa luar biasa pengorbanan orang tua terhadap anaknya.kita sebagai seorang anak tak akan pernah bisa membalas pengorbanan mereka.kisah perjuangan waiz alqorni terhadap orang tuanya saja..tetap tidak bisa membalas pengorbanan ortu apalagi kita yang hidup setelah zamannya waiz alqorni.Setidaknya kita masih bisa untuk selalu berbakti kepadanya dan mendoakan ke dua orang tua kita agar selalu dalam perlindungan Allah,.dan kelak semoga di tempatkan di jannahnya..ammin...

Kalau belum tau kisahnya waiz alqorni silahkan cari tau kepada yang tau

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kalau belum tau kisahnya waiz alqorni silahkan cari tau kepada yang tau.kalau gk pengen tau ya su..dah.hehe..GAJE

Maaf🙏...kalau banyak typo and tulisannya berantakan...

Sampai jumpa di HUMOR SANTRI berikutnya...kalau ane ada waktu luang...👋👋

HUMOR SANTRITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang