Gk usah basa basi lah ya,langsung saja,hehe..
Shaikhona K.H. Muhamad Kholil adalah seorang 'ulamak besar di nusantara.beliau adalah guru dari dua kyai pendiri ormas islam terbesar di tanah air. Yaitu K.H Hasyim Asy'ari(pendiri NU) dan K.H Ahmad Dahlan ( pendiri Muhammadiyah)beliau mempunyai podok pesantren di bangkalan,madura.
Alkisah kyai Kholil yang juga di kenal wali dan punya banyak kharomah itu mempunyai khodam atau pelanyan (penak e ngomong abdi kyai lah...)dari salah satu santri beliau. Si khodam ini bertanggung jawab mengurus kitab-kitab beliau.ia bertugas membawa ketika sang kyai mengajar,membersihkannya,dan meletakkan kembali ke tempat semula.
Suatu hari ketika sedang membersihkan kitab,tidak sengaja khodam itu melihat di halaman kitab ada tulisan "DO'A AQEQET"dalam tulisan arab.
"Wah ini, Doa kesukaan saya"
Gumannya dalam hati.Aqeqet atau Akeket adalah bahasa madura yang artinya BERKELAHI.
Khodam itu segera menghafalkan Doa yang hanya beberapa kalimat itu.setelah merasa sudah hafal ia mengembalikan kitab itu ketempat semula.Suatu hari si khodam,terlibat perselisihan dengan santri lain yang menjadi ketua pengurus pondok pesantren.khodam yang tubuhnya kerempeng itu biasanya mengalah.tetapi kali ini dia ngeyel tidak mau mengalah.dia menantang ketua pengurus pondok yang tubuhnya lebih besar dan kekar.
Beberapa saat khodam itu komat kamit membaca "Doa Aqeqet" yang sudah di hapalnya sambil menyingsingkan lengan bajunya.
"Maju kamu"tantang ketua pengurus sambil mengenakan kopiahnya.
"O jelas..."kata khodam dengan posisi siap tempur.Perkelahian di mulai,santri-santri berdatangan menyaksikan tontonan geratis itu.
Dari awal,khodam terus mendesak mundur ketua pengurus.sorak sorai bergemuruh.ketua pengurus kaget dan terheran-heran dengan kekuatan serangan khodam yang sejak dulu ia remehkan.akhirnya ketua pengurus pondok menyerah kalah.padahal ia di kenal memiliki banyak ragam ilmu beladiri.
Kejadian itu membuat si khodam menjadi terkenal,pada hari-hari berikutnya,banyak santri yang menjajal kekuatan khodam itu.namun setiap berkelahi khodam itu selalu menang.
Ketenaran si khodam akhirnya terdengar oleh shykhona Kyai Kholil,mungkin karna penasaran,beliau memanggil khodam itu.
"Nak,kesini kamu!"pangil kyai.
"Baik kyai,"jawab khodam dengan tak'dzim dan bergegas menghampiri."Saya dengar,kamu selalu menang saat berkelahi,"selodik kyai Kholil penasaran.
"Barokahnya kitab Kyai,"jawab khodam merendah."Mengapa begitu?"tanya kyai Kholil.
"Saya mendapatkan Doa berkelahi(akeket)dari kitab kyai."
Terang khodam."Coba saya mau lihat," kata kyai Kholil semakin igin tau.
"Ini kyai," jawab khodam sambil menunjukan halaman kitab"referensinya"Dalam hurub arab, Aqiqah di tulis dengan عقيقة kitab di pondok pesantren memang kebanyakan bertulisan arab tanpa kharoqat atau tanda baca,istilahnya arab gundul.dan selain dalam bahasa arab,biasanya huruf arab tersebut di beri keterangan berupa tulisan arab juga,yang disebut hurup pegon.
Bedanya meskipun sama-sama huruf arab huruf pegon ini bukanlah bahasa arab tapi merupakan bahasa daerah,biasanya bahasa jawa atau madura.tapi sering sekali di temui bahasa jawa.
Oleh karena itu kata عقيقة yang seharusnya di baca Aqiqah dalam bahasa arab malah di baca Aqeqet atau Akeket oleh si khodam yang artinya" Berkelahi"dalam bahasa madura.
"Oh,ini Do'a AQIQAH nak..,bukan AKEKET ,"dawuh kyai Kholil.
Mendengar keterangan kyainya,khodam itu terkaget lalu tertunduk malu.doa yang ia pakai untuk berkelahi ternyata doa Aqiqah.
Khodam itu salah baca,tapi kok manjur?
Itulah kekuatan Doa yang di iringi keyakinan kuwat di hati.¤Kholas¤
Keyakinan...
Apabila sesuatu yg kita benar2 sudah meyakininya maka jangan sampai ada sedikitpun keraguan di dalamnya.karna apabila ada sedikit keraguan itu, maka buyarlah keyakinan tersebut.Seperti contoh cerita di atas.salah doa pun ketika kita yakin tanpa setitik, keraguan maka apa yg kita harapkan akan tercapai.
Tapi...memang menempatkan keyakinan 100% dalam diri itu sungguh2 berat.hanya orang2 tertentu yg bisa.
Contohnya para wali Allah pastinya.
Para wali Allah terdahulu ketika berucap apapun itu,sesuai kehendaknya.maka akan terjadi.karna beliau yakin bahwa Allah sg maha segalanya.Dan sesungguhnya keajaiban itu muncul dari sebuah keyakinan.
Dan apabila di hidup kita ingin mendapat sebuah keajaiban maka yakinlah yg sebenar-benarnya yakin tanpa ada sedikitpun keraguan.
Sebagaimana kita harus percaya adanya Allah dalam hidup kita.
Ketika seorang hamba ragu akan keyakinan terhadap tuhannya maka goyahlah pondasi imannya.Semoga kita tergolong hamba yg selalu berpegang teguh dg keyakinan yg kita yakini.dan selalu dalam limpahan rahmat dan pentunjuk Allah Saw serta mendapat ridhonya Ammin Allahhumma ammin.
apabila terdapat kata dalam tulisan yg kuran pas mohon di maafkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
HUMOR SANTRI
Humorini bukanlah cerita karangan sendiri melainkan kumpulan humor ala santri dan juga kisah inspiratif .yang di kumpulkan dari berbagai sumber. dan cerita ini hanya untuk hiburan semata dan juga semoga menginspirasi. apabila dalam ketikkan terdapat bany...