Langsung saja...
Pada sebuah pondok pesantren ketika di majelis pengajian aqidah,tiba-tiba salah seorang santri yang terkenal badung/bandel tapi pinter.mengajukan sebuah pertanyaan yang membuat semua santri terperangah dan gerah.bagai mana tidak..lawong pertanyaannya seperti ini..
Santri : "punten yai..boleh kah saya bertanya..?"
Kiyai : "tentu saja boleh apa pertanyaanmu..?"
Santri : "begini pak kiyai saya ada 3 pertanyaan..,mohon penjelasannya.."
1. Setan itu di ciptakan dari api,nah kalau nanti dia masuk neraka,dia akan ke-enakan dog..,karena api cocok bertemu dengan api,pasti setan gak akan sensara di neraka...?
2. Apakah sebenarnya hakekat takdir itu.
3. Apakah yang di lakukan Allah saat ini..?
Para santri lain agak kaget atas ulah temannya yang terkenal bandel itu.
Namun pak kiyai berkata dengan penuh kesabaran terhadap pertanyaan yang berbau agak kurang ajar itu seraya berkata.Kiyai : "baiklah aku akan berikan satu jawaban saja,untuk menjawab tiga pertanyaan kamu itu sekaligus,bolehkah..?
Santri : "silahkan pak kiyai.."
Dan secara tiba-tiba sang kiyai bangkit dan menampar wajah sang santri.
Perbuatan kiyainya itu sungguh tak di duga-duga oleh sang santri,juga para santri yang lainnya.maka serentak proteslah para santri.
Santri : " lo kok kiyai marah..? Jangan marah dong kiyai.saya bertanya kan memang belum mengerti tentang suatu masalah,? Kata pak kiyai kalau belum tau tentang suatu masalah harus berani bertanya."
lalu pak kiyai menjelaskan kepada semua santrinya.
Kiyai : "tamparan itu kulakukan bukan karena aku marah...tapi itulah jawaban saya!,
Santri : "maksutnya gimana to kiyai?.."(sambil terbengong-bengong)
Kiyai : " begini lo..pipi sampeyan itu terbuat dari apa?"
Santri : " daging yai.."
Kiyai : "kalau tangan saya..?"
Santri : "juga daging yai..!"
Kiyai : "sakit gak saya tampar?
Santri : " sakit yai.."
Kiyai : "jadi...daging di tampar pakai daging juga sakit kan..?begitu juga api di tampar pakai api..juga akan sakit..benar tidak..?
Jadi setan yang dari api,nanti tatkala di siksa pakai api,dia pun akan menderita dan sensara luar biasa"Masuk akal juga..(batin sang santri)
Dan dia pun mulai memahami tindakan kiyainya yang jenius tersebut.
Sang kiyai pun melanjutkan...Kiyai : "tentang masalah takdir,pernahkah terpikir oleh mu atau olehku,bahwa aku akan menampar wajahmu beberapa saat sebelum kejadian..?"
Santri : "ndak pernah terpikir kiyai.."
kiyai : "itulah hakeket takdir,semuanya adalah hak Allah.tidak ada seorangpun yang tau tentang apa yang sebenarnya akan terjadi.secara pasti,sebentar lagi,besok atau waktu yang akan datang,karena itu adalah rahasia Allah.kita yakin bahwa semua manusia dan semua makhluq sudah di INSTALL dan di PROGRAM oleh Allah.
Dan hanya Allah saja yang mampu me RE-INSTAL program kehidupan kita.nah kewajiban kita sebagai manusia adalah..BERUSAHA dan BERIKHTIAR seraya BERDOA.dan meyakini bahwa sukses dan gagal itu adalah berjalan sesuai takdir ilahi.maka saat ia sukses ia tak akan sombong.dan saat ia gagal ia tak akan pernah berputus asa untuk bangkit lagi.Santri : "yang ketiga kiyai..?"
Sekarang sang santri menuggu penuh antusias terhadap penjelasan kiyainya.Kiyai : "dan tentang pertanyaanmu, Allah sedang apa..ya..jawabannya.Allah sedang mengatur dan memegang ubun-ubun setiap mahluk ciptaannya agar mereka selalu berada dalam rencana takdirnya yang azaly.buktinya kamu di atur oleh Allah, mengajukan pertanyaan seperti itu.agar aku dapat menamparmu sesuai takdirnya.dan kamupun melakukan itu semua sesuai Qodarnya.akupun menamparmu sesuai dengan rencananya.
Paham...?"Santri : "paham kiyai..terima kasih.."
Ya..karna memang kiyai jenius..la wong menampar orang kok malah dapat ucapan terima kasih.opo tumon...
Pengajianpun kemudian di tutup.para santripun malam itu kemudian pulang ke asrama masing-masing dengan hati puas seraya semakin kagum.pada kedalaman ilmu kiyainya.
*kholas*
Sepintar pintarnya seorang murid kayaknya tak akan bisa sepintar gurunya geh..betul tidak rek...tapi dalam artiyan guru yg srbenar2nya seorang guru..
Mungkin dalam cerita di atas hanya terdapat unsur humornya kurang lebih hanya berkisar 30/40%lah...
Tetapi terdapat banyak sekali unsur pelajaran yg dapat kita pelajari..dari cerita tersebut.Dan mungkin cerita di atas terdapat banyak bahasa inteleknya.la wong saya yg ngetik aja bingung sediri itu pun sudah banyak yg saya ubah agar mudah dimengerti.karna apa..karna didalam cerita Humor santri ini bukanlah karya atau pemikiran imajinasi saya..melainkan cerita2 yg saya kumpulkan dari berbagai sumber..entah itu dari sumber manapun.jadi terkadang saya menemukan yg model2 begini hehe..(curcol)
Ok...Sampai jumpa di HUMOR SANTRI berikutnya...jika Allah masih memberi kesempatan end waktu luang author gaje ini...hehe👋👋
KAMU SEDANG MEMBACA
HUMOR SANTRI
Humorini bukanlah cerita karangan sendiri melainkan kumpulan humor ala santri dan juga kisah inspiratif .yang di kumpulkan dari berbagai sumber. dan cerita ini hanya untuk hiburan semata dan juga semoga menginspirasi. apabila dalam ketikkan terdapat bany...