😇KISAH INSPIRATIF 4😇

1.2K 89 2
                                    

Seperti janji ane tidak perlu lama menunggu...karna saya tau menunggu itu bosan.hehe...langsung mawon..

KISAH SANTRI NAKAL DAN "HUKUMAN" SANG KIYAI


Alkisah di suatu daerah ada seorang ibu yang menitipkan anaknya pada seorang kiyai.ibu ini bercerita bahwa anaknya sangat nakal,dan berpesan pada sang kiyai supaya tidak di perbolehkan pulang apa bila belum menjadi anak baik.sang kiyai pun menyanggupi.
"Iya Bu, Insya Allah.Ibu doakan saja semoga Anak Ibu mendapat hidayah Allah"

Singkat cerita santri ini ternyata betul-betul nakal luar biasa.punya hobi mencuri sandal santri lain dan yang paling parah,suka mengintip santri putri mandi😲
Ahirnya ia ditangkap oleh ke amanan pesantren dan di sidang.hasil sidang memutuskan santri nakal ini di keluarkan dari pesantren.

Ketua keamananpun menghadap kiyai.
"Mohon maaf kiyai ini ada santri nakal,sudah melanggar peraturan pesantren,yaitu mencuri sandal dan mrngintip santri putri yang sedang mandi.
Sudah kami sidang dan hasilnya,santri nakal ini harus di keluarkan dari pesantren karena pelanggarannya sudah sangat berat".

Ternyata jawaban sang kiyai sangat mengejutkan.
"Begini kang..kalau santri ini nakal,sampeyan tidak usah bilang sama saya,dulu waktu orang tuanya menitipkannya pada saya,memang karna nakal,dan saya sudah berjanji untuk tidak memulangkannya sebelum dia menjadi anak baik.kalau saya ijinkan pulang,saya akan berdosa karna melanggar janji.

Tapi ya sudah,kalau memang keputusan sampeyan begitu,saya hargai di keluarkan dari pesantren tidak apa.tapi tidak saya ijinkan pulang,akan saya buatkan kamar di rumah saya,biar dia tidur di sana.

Kepada si santri nakal Kiyai berkata,
"kang,sampeyan sekarang tinggal sama saya,sampeyan saya beri dua tugas.pertama sampeyan bertugas menyiapkan sajadah saya di masjid tiap kali sholat,
yang kedua sampeyan bertugas menyiapkan kitab saya setiap kali saya mengajar,sampeyan harus memberi tanda di kitab itu,sampai halaman berapa pelajaran terahir dan mulai dari mana pelajaran hari itu.
Sampeyan tidak boleh lalay,kalau lalay, awass".

Model pendidikan kiyai seperti ini ternyata berhasil.kebijakan kiyai untuk tidak memulangkan si santri nakal,tetapi  malah memberi tanggung jawab menjadi santri kepercayaan sang kiyai.ahirnya telah megubahnya menjadi seorang santri yang baik.

Bagai mana tidak,meskipun awalnya terpaksa,si santri nakal harus bangun lebih awal dari sang kiyai untuk menyiapkan sajadah beliau ketika sholat subuh.
Juga untuk menyiapkan kitab sang kiyai.si santri harus memeriksa,membuka dan membaca setiap kitab beliau saat malam sebelum tidur.juga mengikuti semua kelas yang di isi oleh sang kiyai untuk di tandai,sampai mana pelajaran itu berlangsung.

Secara tidak langsung, si santri kemudian terbiasa untuk datang ke masjid paling awal dan membaca semua kitab kiyai. bahkan sebelum seluruh santri di pesantren membacanya.

Pengawasan langsung dari kiyainya membuat si santri ini tidak bisa berkutik,jangankan untuk kembali nakal, untuk mangkir dari tugas kiyaipun ia tak berani.

Lambat laun,tahun berganti tahun,santri ini malah menjadi yang paling pintar di pesantren tersebut.
Setelah pendidikan selesai.ia pulang.dan akhirnya bisa mendirikan pondok pesantren sendiri karna ilmunya.
Pesantrennya pun semakin ramai dan terkenal serta memiliki santri puluhan ribu jumlahnya.

                                   ♡AND♡

Wah..enaknya ya jadi murid sepesial kiyai ahirnya ketular juga jadi kiyai hehe..

Inilal contoh lagi santri dwablek bahkan ada plesnya lagi sudah dwablek ngabdi  sama kiyainya jadi gk heran pulang jadi kiyai.

Jadi pelajaran yg di dapat dari cerita di atas silahkan para pembaca diskripsikan sendiri ya😊

Sampai jumpa di humor santri berikutnya😘✋

HUMOR SANTRITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang