'Afwan..lama banget ga up ya, maklum ada kepentingan di dunia nyata..sehingga harus meninggalkan dunia watty ini.
Ok lah...langsung saja.Kang hanif seorang anggota Ansor(pemuda NU)telah lama di daulat masyarakat di desa untuk memangku Masjid.semua acara keagamaan dia yang memimpin.
Suatu hari ada seseorang berjenggot panjang dan bercelana cingrang dari sebelah desa menudingnya sebagai pelaku bid'ah(perbuatan yang di kerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetepkan.) churafat, takhayul bahkan syirik.
"Mas sampeyan jangan terus-terusan menyesatkan umat, tahlialal,sholawatan,yasinan,manaqiban, ber maaf-maafan sebelum memasuki Ramadhan,itu bid'ah.apalagi mendoakan manyit,tawasul atau mengirim pahala untuk orang yang sudah mati.Doa itu tidak sampai,bahkan merusak iman.musrik hukumnya".
kata orang tersebut dengan gaya sok paling islam dan paling benar.Kang Hanif hanya diam saja,ia sudah beberapa kali menghadapi orang yang model seperti itu yang biasanya hanya bermodal "ngeyel"dengan modal ilmu agama yang jauh dari memadai.persis seperti anak kecil yang baru belajar karate,yang baru tahu satu dua jurus saja lagak lakunya belagu.
Walau kang Hanif telah 12 tahun mengaji di pesantren tambak beras,dan paham betul dasar-dasar amaliyah itu.ia tetap tak membantah dan membiarkan orang itu terus menudingnya.
"Percuma saja membantah orang itu,hatinya tertutup jenggotnya,mata hatinya tak seterbuka mata kakinya."batin kang Hanif.Beberapa waktu kemudian ayah orang yang berjenggot dan bercelana cingkrang itu meninggal dunia.kang Hanif datang ber takziyah bersama para jamaahnya.dia lantas ber Doa keras-keras di depan mayit. si bapak dan jamaahnya mengamini.
"Ya Allah,,laknatlah mayit ini,jangan ampuni dosanya,siksalah dia sepedih-pedihnya,kumpulkan dia bersama Fir'aun, Qorun dan orang-orang yang engkau laknati.masukkan ia di neraka dan sedalam-dalamnya,selama-lamanya"
Si jenggot bercelana cingrang menghampiri kang Hanif, bermaksut menghentikan Doanya.
"Jangan protes. Katamu Doa kepada mayit tidak akan sampai.santai saja,tidak ada yang perlu kamu hawatirkan bukan..?kalau aku sih yakin Doa ku sampai," ujar kang Hanif tenang.
Muka si jenggot bercelana cingkrang pucat.tak sepatah katapun keluar dari mulutnya yang biasa menghakimi orang lain.
☆SELESAI☆
Tidak ada maksut unsur untuk menyinggung melalui cerita di atas.
Sebenarnya ane pun sudah berfikir 1 2 3 4 5 6 bahkan mungkin lebih untuk mempuplik cerita ini,takutnya pro kontra,tapi kayak nya gk lh ya..pembaca kn baik2...end berfikir dulu sebelum bertindak...😆😆✌(agak lebay gk sih..jaga2 aja)Intinya janganlah kita mengecap bahwasannya sesuatu yg menurut diri kita tidak pas dalam sebuah aturan agama islam langsung menyatakan bid'ah.karna perkara bid'ah itu kalau menurut saya sudah perkara berat.
Perkara yg bisa menimbulkan pro dan kontra.Dan memang di indo ini memang sudah bayak sekali firqoh(kelompok) dalam islam bahkan mungkin sudah mencapai belasan atau puluhan malah jika dengan negara2 lain.
Dan memang Nabi Muhammad Saw pernah ngendiko bahwasan nya islam akan terbagi menjadi 73 firqoh.jadi jgn heran bila hal itu terjadi.Tapi apapun golongan /kelompoknya
Setidaknya harus saling menghargai satu sama lain. bukannya negara saja menganjurkan harus toleransi terhadap agama.apalagi kita yg islam,bahwasannya islam itu Rahmatan lil'alamin.dan apapun golongan nya apapun Agamanya apapun Ras dan Sukunya kita tetap satu bangsa dan satu negara,karna kita bineka tunggalika.
Siapa kita.........
INDONESIA.....
hehe...Beribu ribu maaf apabila terdapat banyak kata melalui tulisan yg menyinggung para pembaca sekalian ane selaku sg penulis mohon di maafkan ya...🙏
KAMU SEDANG MEMBACA
HUMOR SANTRI
Humorini bukanlah cerita karangan sendiri melainkan kumpulan humor ala santri dan juga kisah inspiratif .yang di kumpulkan dari berbagai sumber. dan cerita ini hanya untuk hiburan semata dan juga semoga menginspirasi. apabila dalam ketikkan terdapat bany...