Sore ini gue lagi duduk manis di balkon kamar, ditemani secangkir teh panas rasa anggur dan sebuah novel yang judulnya 'Manusia Setengah Salmon' karya idola gue.
Raditya Dika.
Udah beberapa bab gue baca dari tempo hari, dan semuanya sukses bikin perut gue sakit karena ketawa ngakak.
Bab yang sekarang otw gue baca ini judulnya, Jomblonology.
Tentu gue sedikit memicingkan mata melihat judulnya yang sangat menentang keaadan gue sekarang, karena gue officially taken.
Tapi okelah gue baca.
Di Indonesia, jomblo (nama ilmiah : fakir asmara) sering dianggap warga kelas dua. Mereka dilecehkan, diledek, dan dianiaya secara psikologis.
Gue manggut - manggut mengiyakan, karena emang sering gue lihat temen-temen kelas gue yang masih jomblo tuh selalu dinistakan. Sampai-sampai, mereka bikin perkumpulan gitu buat lawan murid yang cengin mereka.
Namanya, IJAU. Alias, Ikatan Jomblo Anti Galau. Gue ngakak sendiri sih kalo inget perkumpulan itu, gatau kenapa.
Bahkan beberapa dari mereka tidak mengenal malam Minggu, hanya mengenal Sabtu malam.
Lah iya? Kasian bener.
Tapi, apa itu jomblo?
Apa ya?
Kenapa seseorang menjadi jomblo?
Kenapa coba?
Berikut saya paparkan tiga tipe jomblo dan penyebabnya.
Oke bang Radit, gue nyimak nih.
A. Jomblo Struktural
Keadaan dimana seseorang menjadi jomblo karena kualitas orang tersebut ( penawaran ) dengan kemauan lawan jenis ( permintaan ) tidak seimbang.
Contoh : ada cewek jelek naksir cowo ganteng. Sementara cowok ganteng maunya cewe cantik dan tinggi semampai.
Disini sudah terlihat : penawaran dan permintaan berbanding terbalik. Jomblo deh.Kok gue baca ini, jadi inget Pak Memes yang ngajar Ekonomi di sekolah ya?
B. Jomblo Cylical
Yaitu keinginan orang untuk berpacaran menurun dimasa-masa tertentu.
Contoh : menjelang ujian.
Banyak orang menjomblo berkepanjangan sewaktu Ujian Semester ataupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, karena fokus cewek dan cowok saat itu adalah belajar. Bahkan banyak yang sudah pacaran pun putus karena ingin fokus belajar.
Hal ini menyebabkan angka jomblo meningkat drastis.Halah, drama bener kalo kayak gitu. Padahal menurut gue sih, ujian ya ujian aja, apa hubungannya sama putusin pacar buat fokus belajar coba?
C. Jomblo Friksional
Yaitu kejombloan yang disebabkan oleh mereka yang baru putus dan ingin waktu sendiri dulu.
Contoh : seorang cewek yang di sakitin cowonya, dan cewek tersebut menjadi trauma.
Akibatnya adalah, susah move on.Lah iya? Move on mah gampang kali cuy. Kalo kata band ST12 jaman gue TK dulu sih, cari pacar lagi!
Dan ya.. Setelah satu bab tentang jomblo selesai gue baca, gue menutup novelnya bang Radit dan menyeruput teh hangat rasa anggur yang sedari tadi gue anggurin.
Gue menerawang, ke arah senja yang begitu nikmat dipandang kali ini. Gue jadi kangen pacar gue, ngomong-ngomong.
Tapi, kira - kira gue bakal ngerasain jadi jomblo gak ya?
Kalo gue jomblo, gue bakal masuk kategori jomblo yang mana?
Ah, tapi gak mungkin juga sih gue jomblo. Satu sekolah aja udah tahu, kalo gue cassanova di sana. Dan lagi, gue menyandang sebuah gelar bertahan yang dinobatkan sendiri oleh murid-murid hits di sekolah gue.
Perlu bukti? Kalau gitu, tunggu gue balik lagi ya!
KAMU SEDANG MEMBACA
30 Hari Menjadi Jomblo
HumorBagaimana jadinya, jika seorang cassanova yang sudah terkenal akan gelar tak pernah jomblonya, tiba-tiba harus turun tahta menjadi seorang jomblo dan dikucilkan banyak orang? Dan, Alana mengalami itu. Diputuskan pacarnya pas lagi sayang-sayangnya...