- Day 10 (a) -

466 41 5
                                    

Move on itu pilihan,
Gagal move on itu cobaan,
Pura-pura move on itu pencitraan!

👑

Muak.

Satu kata yang menggambarkan perasaan gue terhadap Mahesa sekarang. Setelah kata kesel, marah, gereget, kini terbitlah kata Muak. Ya Tuhan... gimana gue gak muak sih. Coba aja kalau hari Senin kemarin Mahesa gak turunin gue dari mobilnya, yang berujung gue ngajak bolos sekolah. Mungkin sekarang gue gak akan duduk cantik di kursi ruangan Bu Rete, selaku wali kelas dan guru BK.

Baca : BK!

Rasanya gue pengen aja gitu kan jadiin itu anak ayam krispi rasa balado, karena udah jadiin gue tumbal di ruangan ini. Grr... lihat aja pembalasanku Mahesa!

"Bu, saya itu gak bolos, tapi saya sakit." Elak gue, entah yang ke berapa ratus kali.

"Gak usah bohong, Alana. Saya sudah telpon Mama kamu, dan katanya kamu sekolah. Tapi kamu gak masuk kan?"

Wait, what?

Jadi mama udah tau kalau gue bolos.  Tapi kok di rumah dia gak marahin gue abis-abisan ya? Oh.. gue tau. Ya gimana gak marah, orang gue bolos nya sama Mahesa. Yang ada Mama bikin acara syukuran pasti.

"Yaudah bu, kan saya baru sekali bolos. Belum tiga kali."

Plak!

Astaga.. tega banget Bu Rete nepok gue pake gulungan kertas. Kalau sampe otak gue komplikasi, gue laporin ke Menteri Pendidikan langsung deh!

"Kamu ini dibilangin, malah ngeles aja. Heran saya."

Gue merengut, " Ya ibu abisan, saya kan bolos berdua sama Mahesa. Kenapa yang dipanggil saya doang?"

"Gabisa ibu."

"Kenapa?"

Wajah bu Rete berubah menjadi merah padam, seperti menahan malu. "Mahesa cakep banget, ibu gabisa marahin orang secakep dia."

Yasalam.. Bener-bener deh. Pake pelet apa sih bocah itu, sampe bisa bikin guru killer aja klepek gak tega marahin.

Gue menghela napas, "Yaudah, sekarang ibu mau saya gimana?"

"Untuk sekarang tak masalah," Gue tersenyum lega. "Tapi lain kali, kalau sampai kamu bolos lagi. Ibu hak patenin kamu jadi relawan kantin!"

Apa, relawan kantin? Tidak!!!

Dihukum menjadi seorang relawan kantin adalah aib terbesar yang amat memalukan buat gue. Big No! Dan gue ogah banget kalau harus gantiin tugas Mang Maman a.k.a tukang bersih-bersih sekolah, untuk bersihin sampah kantin.

Kalau kalian berpikir, itu cuma sepele karena gue cuma harus beresin sampah kantin. Kalian salah.

Karena, relawan kantin itu selain memungut sampah kantin, diwajibkan setelahnya memilah mana sampah organik dan sampah an-organik. Masih ada lagi, setelah itu semua gue harus ngangkut dan buang sampahnya ke TPS yang disediain di samping sekolah.

Apaan? Mending gue pindah sekolah aja daripada harus jadi bahan cemoohan murid lain. Mau ditaro di mana muka gue? Udah jomblo, jadi babu kantin pula.

Emang sih, hukuman yang berlaku itu cuma sehari full. Karena SMA Milik Kami Semua ini adalah sekolah Bina Lingkungan. Jadi segala macam bentuk hukuman, pasti disangkut pautkan dengan kebersihan. Tapi kan tetep aja, ogah! Kamar gue sendiri aja kaya kapal pecah, ngapain ribut-ribut bersihin kantin.

"Ih Bu Rete, ngancem aja nih!"

"Makanya, jangan ulangi lagi ya?"

"Siap Bu Ret!"

30 Hari Menjadi JombloTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang