ada apa indonesia dengan israel

279 13 0
                                    

Pemerintah Indonesia yang beberapa waktu lalu melarang visa masuk untuk penduduk Israel, mendapatkan tindakan balasan dari Israel. Bagi warga Indonesia yang ingin mengunjungi Palestina di wilayah pendudukan Israel, mereka akan dikenai pelarangan masuk.

Melansir dari Middleeaastmonitor.com, Indonesia memang mengecam keras tindakan brutal Israel terhadap warga Palestina, terutama mereka yang berada di perbatasan Gaza dalam aksi damai ‘The Great Return March’.

Dalam sebuah pernyataan di awal yang disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon, mengatakan bahwa Israel mencoba membalikkan keputusan Indonesia, namun upaya seperti itu nampaknya gagal, mendesak sebuah pelarangan timbal-balik.

Tidak ada hubungan diplomatik antara Israel dan Palestina, namun kedua negara tersebut menjalin hubungan ekonomi sehingga penduduk Israel dapat mengunjungi negara Asia menggunakan visa sementara atau bisnis. Awal bulan ini, muncul kabar bahwa Indonesia mempertimbangkan isu pelarangan visa wisatawan untuk penduduk Israel, sebelum suspensi lengkap mereka.

Setiap tahunnya belasan ribu Muslim, termasuk sejumlah kelompok dari Indonesia, memasuki negeri yang dijajah, Palestina, untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha, di bawah visa khusus.

Pada tahun 2015, Kementerian Ekonomi Israel melaporkan peningkatan signifikan dari perdagangan yang dilakukan antara Indonesia dan Israel. Di mana peningkatan mencapai USD 500 juta setiap tahunnya. Ekspor utama Indonesia ke Israel yakni termasuk bahan-bahan mentah seperti plastik, kayu, batu bara, tekstil dan minyak kelapa sawit.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah mengajak Indonesia untuk membentuk hubungan resmi, dan Kementerian Luar Negeri mengumumkan di tahun 2016 bahwa pejabat tinggi Israel telah mengadakan pertemuan rahasia berkaitan dengan upaya peningkatan hubungan antara Indonesia dan Israel.

Masyarakat umum Indonesia begitu mendukung isu yang terjadi di Palestina. Negara itu menjadi saksi banyaknya demonstran yang melakukan protes pada awal bulan ini, atas pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke Yerusalem (Al-Quds). (kimikim/palestineupdate)

story of palestine(SOP)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang