peringatan israel

151 9 0
                                    

Pada hari Kamis (7/6), pesawat terbang militer Israel menjatuhkan selebaran di sekitar wilayah perbatasan Jalur Gaza. Selebaran tersebut berisi peringatan untuk warga Palestina, agar tidak ambil bagian dalam rencana demonstrasi pada hari Jumat (8/6).

Dilansir dari laman Anadolu Agency, kurang lebih isi dalam selebaran tersebut mengingatkan warga Gaza untuk menahan diri, tidak berpartisipasi dalam aksi yang hanya akan membahayakan hidup mereka.

Selebaran yang lain menuliskan: “Jangan berpartisipasi dalam aksi kekerasan di dekat pagar perbatasan Gaza-Israel, demi kebaikanmu sendiri.”

“Jangan biarkan Hamas memanfaatkan kalian karena kepentingannya sendiri yang sempit,” tambahnya.

Faksi-faksi politik Palestina memanggil warga untuk ikut bergabung dalam aksi demonstrasi di hari Jumat. Aksi ini dimaksudkan untuk menunjukkan solidaritas terhadap Yerusalem, juga menuntut penjajah agar mengakhiri pemblokadean di Jalur Gaza.

Sejak 30 Maret 2018, lebih dari ribuan warga Palestina telah ambil bagian dalam aksi damai di dekat pagar perbatasan Gaza-Israel, untuk menuntut “hak kembali” warga pribumi ke tanah air mereka, yang telah dipaksa keluar pada tahun 1948.

Lebih dari 120 warga Palestina yang bergabung dalam aksi damai meninggal dunia, akibat serangan brutal Israel di perbatasan. Sementara itu, belasan ribu orang terluka sejak aksi damai dimulai dua bulan lalu.

Lebih dari 600 Warga Palestina Ditangkap Israel selama Bulan Mei

Tentara Israel menahan lebih dari 600 warga Palestina di wilayah Palestina yang diduduki dan wilayah pemblokadean Jalur Gaza, selama bulan Mei. Dari jumlah tersebut, terdapat 94 anak dan 9 wanita, laporan disampaikan oleh sejumlah kelompok hak asasi manusia.

Melansir dari Middleeastmonitor.com, asosiasi-asosiasi tahanan Palestina dan sejumlah organisasi hak asasi manusia termasuk Asosiasi Tahanan Palestina, Addameer, Komisi Tahanan dan Urusan Tahanan, dan Pusat Al-Mezan untuk Hak Asasi Manusia, mendokumentasikan penangkapan yang terjadi.

Dokumentasi-dokumentasi tersebut mengungkapkan bawah tentara Israel menangkap 197 warga  Palestina dari Yerusalem, 104 dari Ramallah dan Al-Bireh, 70 dari Hebron dan 33 dari Jenin.

44 penangkapan lainnya didokumentasikan di Betlehem. Tentara Israel juga menangkap 48 warga Palestina dari Nablus, 15 dari Tulkarm, 32 dari Qalqiliya dan 5 dari Tubas. Selain itu, 20 warga Palestina dari Salfit, 8 dari Jericho dan 29 dari Jalur Gaza, juga ditangkap.

Saat ini, terdapat kurang lebih 6 ribu tawanan Palestina yang ditahan di penjara Israel, termasuk 350 tahanan anak-anak dan 430 tahanan administratif. (kimikim/palestineupdate)

story of palestine(SOP)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang