Hari Laut Sedunia jatuh pada tanggal 8 Juni 2018. Berbicara mengenai laut, teringat pada kondisi warga pemblokadean Palestina di Jalur Gaza. Lokasi yang bersisian dengan pantai laut Mediterania, tidak membawa banyak keuntungan bagi warga Gaza.
Pasalnya, warga yang berprofesi sebagai nelayan hanya diperbolehkan melaut sebatas 6 mil saja. Selain itu, risiko yang dihadapi pun begitu besar, yakni nyawa yang berada di ujung tanduk atau penjara Israel yang begitu dingin. Beberapa kasus sering kali terdengar, di mana sejumlah nelayan ditangkap atau bahkan ditembak oleh tentara.
Selain itu, air laut di sana pun terkontaminasi limbah. Seorang anak berusia 5 tahun bernama Mohammed Al-Sayis, meninggal dunia beberapa hari setelah dirawat di rumah sakit, akibat berenang di pantai di Sheikh Ijlin, pernyataan tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Gaza.
Mohammed dan adiknya memaksa sang ayah untuk membawa mereka ke pantai, agar bisa mendinginkan diri di tengah suhu musim panas—satu-satunya cara bagi dua juta warga Gaza, yang harus berurusan dengan krisis air dan listrik yang terus memburuk.
“Cuaca sangat panas dan lembab, tidak ada listrik, air ataupun kipas di rumah,” ungkap ayah dari Mohammed, Ahmad. “Laut adalah satu-satunya jalan keluar bagi kami.”
Mohammed meninggal dunia akibat racun yang masuk ke tubuhnya selama berenang. Adik Muhammed juga dirawat di rumah sakit, tetapi ia sudah pulih.
Kepergian bocah lima tahun itu telah menarik perhatian banyak pihak, terkait kondisi kehidupan yang memburuk di Jalur Gaza. Puluhan orang dirawat di rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir, setelah berenang di laut yang tercemar itu.
Itulah beberapa kondisi yang dihadapi warga Gaza, termasuk bagaimana kondisi laut di sana. Semoga di Hari Laut Sedunia ini akan terjadi perubahan lebih baik di wilayah pesisir Gaza. Karena bagaimanapun, sektor laut juga memiliki peranan penting dalam menopang kehidupan warga di sana. (kimikim/palestineupdate)
Sumber. Independent.co.uk, Aljazeera.com
KAMU SEDANG MEMBACA
story of palestine(SOP)
Science FictionPalestina, Sebuah negara kecil Dimana selalu ada Seribu satu kekuatan disana Tatkala berjuta rudal menghancurkan Disitulah berjuta semangat selalu membara Tatkala ribuan nyawa melayang Disitulah ribuan mental semakin menerjang Apa sebenarnya makna h...