Gaza menjadi sebab peningkatan kenaikan kemiskinan dipalestina

444 25 0
                                    

Biro Statistika Pusat Palestina (Palestinian Central Bureau of Statistics) mengeluarkan laporan terbaru mengenai tingkat kehidupan di Palestina tahun 2017. Dilansir dari English.pnn.ps, laporan tersebut dikeluarkan pada hari Minggu (15/4). Laporan menunjukkan lebih dari setengah populasi di Jalur Gaza mengalami kemiskinan.

Persentase kemiskinan menyentuh angka 13,9 persen di wilayah Tepi Barat, sedangkan di Gaza mencapai lebih dari setengah populasi yakni 53 persen. Itu artinya, kemiskinan di Gaza empat kali lebih banyak dibandingkan di Tepi Barat

Sementara itu, untuk warga yang berada di bawah garis kemiskinan mencapai 5,8 persen di Tepi Barat dan 33,8 persen di Jalur Gaza, enam kali lebih tinggi. Dalam laporan juga disebutkan bahwa tingkat kemiskinan mengalami kenaikan di tahun 2017 dibanding 2011.

Persentase kemiskinan di Palestina tahun 2011 sebesar 25,8 persen dan meningkat 13,2 persen di tahun 2017. Begitu pula dengan persentase untuk warga di bawah garis kemiskinan yang mengalami peningkatan. Di tahun 2011 sebesar 12,9 persen dan meningkat sebanyak 16,8 persen di tahun 2017. Peningkatan ini sebagian besarnya disebabkan oleh peningkatan kemiskinan yang tajam di Jalur Gaza.

Kondisi terbalik justru terjadi di Tepi Barat. Ketika persentase kemiskinan mengalami kenaikan di Gaza, Tepi Barat mengalami penurunan persentase dibandingkan tahun 2011, dari 17,8 persen menjadi 13,9 persen di tahun 2017. Hal yang sama terjadi untuk persentase warga di bawah garis kemiskinan. (kimikim/palestineupdate)

story of palestine(SOP)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang