Palestineupdate.com – Pemain sepak bola legendaris asal Argentina, Diego Maradona, bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Moscow, Russia. Pertemuan terjadi pada hari Minggu (15/7), dilansir dari Alaraby.co.uk/english.
Maradona yang memang sejak lama telah mendukung kemerdekaan Palestina, mengungkapkan dalam pertemuannya dengan Abbas, “Di dalam hati, saya adalah warga Palestina.”
Dalam pertemuan singkat itu, ia juga mengungkapkan kembali dukungannya untuk Palestina dan berharap bahwa suatu hari nanti Palestina akan menjadi sebuah negara kedaulatan yang diakui secara internasional.
Pertemuan itu kemudian diunggah di akun media sosial Instagram milik Maradona dan mendapatkan perhatian di seluruh dunia.
Selain itu Maradona juga mengatakan pada Abbas, “Presiden Abbas memiliki sebuah negara dan sebuah hak. Pria ini menginginkan kedamaian di Palestina.” Meski begitu, banyak yang percaya bahwa Abbas tidak semestinya dipeluk seperti itu karena sikap pasifnya dalam melindungi hak-hak warga Palestina.
Abbas dianggap tidak populer di sebagian besar wilayah pendudukan, dengan perolehan suara tahun lalu, mayoritas menuntut dirinya turun dari jabatan kepala Otoritas Palestina (Palestinian Authority (PA)).
Maradona memiliki sejarah dalam mendukung Palestina. Pada tahun 2014, negara Argentina juga memberikan kecaman kepada Israel atas serangan ke wilayah Gaza, selama pembantaian mematikan yang dilakukan di Operation Protective Edge.
“Apa yang Israel lakukan terhadap warga Palestina sangatlah memalukan. Itu saja… Saya sangat mencintai kalian semua,” ucapnya saat itu.
Operasi keji Israel membunuh 2.000 lebih warga Palestina, lebih dari 500 korban merupakan anak-anak. Hampir 2 juta populasi dari seperempat wilayah Gaza juga terlantar akibat serangan brutal itu.
Pada awal tahun 2012, Maradona menunjukkan respeknya terhadap warga Palestina.
“Saya adalah penggemar nomor satu dari masyarakat Palestina. Saya menghormati mereka dan bersimpati pada mereka. Saya mendukung Palestina tanpa rasa takut,” tambahnya, berkenaan dengan serangan balasan yang terduga dari para pendukung Israel.
Abbas berada di Moskow untuk melakukan perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia dikritik di negerinya karena memilih hadir dalam pertandingan final Piala Dunia. (kimikim/palestineupdate)
KAMU SEDANG MEMBACA
story of palestine(SOP)
Khoa học viễn tưởngPalestina, Sebuah negara kecil Dimana selalu ada Seribu satu kekuatan disana Tatkala berjuta rudal menghancurkan Disitulah berjuta semangat selalu membara Tatkala ribuan nyawa melayang Disitulah ribuan mental semakin menerjang Apa sebenarnya makna h...