Definisi uang bagi setiap orang berbeda beda. Ada yang mengartikan uang itu segalanya atau bisa sebaliknya yaitu segalanya perlu dengan uang. Kadangkala bagi setiap orang mencari uang itu sangatlah sulit, atau bahkan perlu setengah mati untuk mendapatkan sepeser uang yang di perlukan.
Menurut data yang diperoleh dari Kemenkeu (Kementrian Keuangan) dan Bank Indonesia pada tahun lalu tahun 2018 telah terjadi kerugian sebesar Rp. 569 miliar pada keuangan negara karna penyalahgunaan kekuasaan yang didapatkan. Tentu saja hal ini sangat merugikan, menyebabkan kerugian tidak hanya diri sendiri tapi merugikan orang banyak.
Masalah pertama yang menyebabkan kerugian adalah penyalahgunaan kekuasaan, atau bisa kita sebut korupsi. Bagi mereka para koruptor mendapatkan uang cukup mudah, memakai kekuasaannya tanpa memikirkan siapa yang dirugikan. Karna bagi mereka kepuasan adalah hal yang hakiki mendapatkan uang dengan mudah.
Masalah kedua yang menjadi penghambat adalah soal kambapanye. Hal ini membuat rugi karna hal yang meski dipenuhi perlu dengan uang banyak. Memang bagi mereka uang itu segalanya, tapi tidak dengan mereka yang pola hidupnya yang sederhana. Merasa sulit bahkan perlu mandi keringat untuk mendapatkannya.
Setiap kebahagiaan pasti bisa dimiliki oleh setiap orang, ntah itu orang kaya ataupun orang yang serba kekurangan sekalipun. Karna bagi mereka, kebahagiaan tidak selalu dinilai dengan uang, tapi dengan tawa dan bahagia yang selalu terpancar dari garis pipi yang terhias dengan lesung.
Proses hidup kadang ada di bawah dan kadang di atas. Ada masanya orang kaya yang bergelimang harta bisa merasakan hal sebaliknya, merasa kesusahan dengan serba kekurangan harta. Begitu juga ajal, tidak menimpa siapa dia orangnya, apa jabatannya, atau memiliki harta berapa banyak.
Bagi mereka yang selalu mendapatkan uang dengan menggunakan wewenang atau kekuasaan, tinggal menunggu waktu yang menjemput mereka. Ntah itu ajal atau azab yang menerkamnya, uang yang mereka dapatkan dengan cara yang licik akan berubah menjadi daun tipis tak berharga dan bunga yang hinggap di atas tanah saat mereka lenyap terkubur.