Teknologi jaman sekarang semakin pesat banyak aplikasi - aplikasi yang di gunakan anak zaman sekarang. Salah satunya aplikasi editan, mungkin kalian sudah kenal dengan aplikasi ini dan aplikasi ini, kebanyakan di pakai oleh kaum wanita. Aplikasi ini sangat canggih guysss apapun bisa dia lakukan, biasanya kaum wanita sebelum mengupload ke media sosial nya, mereka mengedit dulu pake aplikasi editan yang awal nya tembem bisa jadi tirus, yang idung nya pesek bisa jadi mancung, yang hitam bisa putih, yang gemuk bisa jadi kuruss kek triplek. Aplikasi ini yang pake bukan anak - anak muda aja lohh bahkan ibu - ibu sosialita pun gak mau ketinggalan.
Aku punya cerita loh, jadi gini aku ngirim foto aku yang udah di edit, aku kan niat awalnya cuma buat bercanda aja yahh eh malah jadi bahan bullyan temen aku kesel kan yahh terus temen aku malah nyebarin foto aku ke temen - temen nya, ya udah deh dari situ aku mangkin di bully abis - abisan tapi aku sih masih anggap candaan, ga di bawa ke hati walaupun kesel sihh. Tapi guyss mungkin iya aku bisa anggap itu semua candaan tapi kan ga semua orang seperti itu. Ada beberapa orang yang mengganggap nya dengan serius bahkan ada yang sampai depresi hanya karna di bully dan ada yang sampai bunuh diri juga loh...
Ada satu kasus, seorang siswi yang badan nya gemuk, dia selalu di bully temen - teman nya. Suatu ketika karena dia tidak pede dengan badan nya yang gemuk, cerita dia mau ngeupload foto ke sosial medianya sebelum di upload di edit dulu yang badan nya tadi gemuk jadi kuruss, ehh ternyata setelah dia upload foto nyaa malah mangkin jadi bahan bullyan teman - temannya. Karena dia udah ga tahan sama bullyan teman - teman nya yang kelewatan dia memutuskan gantung diri di kamarnya.
Ternyata guysss hanya karena editan foto bisa jadi masalah besar. Gini ya guyss ga semua orang menganggap bullyan itu cuma candaan aja. Namun, ada beberapa orang yang menggapnya dengan serius terus sampe depresi. Padahal mengedit foto itu bukan masalah besar dan gak merugikan orang lain lohh... terus dengan kalian membully apa kalian merasa senang? Apa ada efek tersendiri dengan kalian membully? Terus kalau kalian gak ngebully apa ada yang kurang di hidup kalian? Come on guyss, cukup!! Ga ada efek apa pun dengan kalian membully, cari hal lain untuk kesenangan kalian!! Jadi, yang terpenting, percaya diri lah ga usah dengar omongan orang karena yang menjalani hidup itu kita sendiri bukan orang lain, jadi enjoyyyy aja guyss. Dan teruntuk para pembully intropeksi diri dehhh kesalahan anda belum tentu lebih baik dari pada orang lain. Jadi, urusin aja dulu hidup anda sebelum ngurusin hidup orang lain, belum tentu hidup loh lebih baik dari pada orang lain.
Selagi itu tidak merugikan, kenapa jadi malasah!!!