32. Siti Robiatul Z - Ketika Berpuasa, Kecoa pun Serasa Kurma

6 2 1
                                    

Saat itu umur saya masih belia dan tidak tahu apa-apa, permen karet saja masih ditarik-tarik pake tangan biar jadi balon dan ingus saja masih dilap pake lengan sampe kering merebet ke pipi, yang pada saat itu masih kelas 2 SD. Karena bapak saya sangat tegas menyangkut keagamaan, baru kelas dua SD saja saya sudah disuruh puasa bahkan harus sampe maghrib ya di situ saya tidak mau dan protes, tapi bukan protes sih namanya kalo ke orang tua mungkin lebih sopannya tawar menawar waktu buka puasa yang asalnya harus full sampe maghrib tapi saya minta sekuatnya saja karena seumuran saya tidak ada yang puasa, ya akhirnya bapak saya mengerti dan saya diperbolehkan untuk buka puasa sekuatnya. Setelah dapet izin puasa sekuatnya kadang juga saya sering menyalahgunakan pengertian untuk buka sekuatnya kadang juga saya buka jam 9 pagi  sambil sembunyi-sembunyi karena nggak akan kebayang gimana marahnya bapak kalau tau anaknya ngelanggar aturan tanpa sepengetahuannya. Ketika bapak bilang bahwa saya  boleh  buka sekuatnya berarti jam 9 juga boleh kalo menurut saya yang waktu itu belum mengerti apa-apa. Mungkin maksud bapak puasa sekuatnya itu harus pas sampe adzan bukan jam 9 udah buka puasa lagi. Marahnya bapak bagai membangunkan macan yang sedang tidur bahkan tak ada seorangpun anak-anaknya yang berani melawannya, gak kebayang kalo bapak marah meskipun karena  hal sepele apalagi jika puasa saya sampe dzuhur aja tidak mampu meskipun beberapa kali saya kuat puasa sampe dzuhur .
Ibu saya tidak terlalu ketat untuk anak kelas 2 SD seperti saya, ibu saya memperbolehkan saya untuk buka puasa meskipun baru jam 9 karena ibu sangat mengerti bahwa anak seumuran saya belum diwajibkan berpuasa hanya saja belajar berpuasa meskipun jam 9 sudah mau buka. Saya juga tidak hanya berpuasa sampe jam 9 kadang sampe dzuhur dan maghrib tapi tidak sering hanya sekali-kali. Bagaimana tidak tergoda untuk buka ,teman-teman seumuran saya saja tidak ada yang berpuasa karena waktu itu saya tidak tau apa yang saya lakukan itu dosa dan saya juga tidak mengerti dosa itu apa? Karena baru kelas 2 SD yang saya tau hanya makan, jajan, dan main. Kadang sholat juga kalo disuruh sambil diliatin bapak baru mau ngerjain kalo nggak ya nggak.
Selain godaan dari teman-teman saya yang terkutuk  ada juga godaan halusinasi maksudnya godaan yang berasal dari pikiran saya sendiri misalnya ngebayangin kalo kecoa serasa kurma, cacing serasa mie ayam dan belatung aja serasa nasi kalo lagi laper makanya kalo lagi puasa bener-bener suka banyak godaannya.  Alasan yang paling sering saya lakukan untuk buka puasa bukan pada waktunya yaitu ketika ngebayangin kalo kecoa itu serasa kurma kemudian saya langsung mencari kurma lalu dimakan diam-diam tanpa sepengetahuan orang lain karena saya tidak kuat menahan wangi dan manisnya kurma di siang hari karena waktu bulan puasa kurma selalu ada di rumah sebagai makanan pemanis yang wajib ada saat buka puasa jadi gak pernah ketinggalan makan kurma jadi kecoa serasa kurma adalah alasan yang paling kuat saya untuk berani buka puasa terlebih lagi rasa kurma menggoda melebihi rasa kecoa. Rasa kecoa ? emang pernah ngerasain ? ya saya belum pernah bahkan orang lain saja merasa jijik kalo melihat kecoa yang tergeletak di lantai. Tapi entah kenapa saya tidak pernah geli bahkan saya biasa aja tidak ada rasa takut sedikitpun .  Jadi tergoda oleh makanan dan godaan orang lain bukan alasan untuk buka puasa sebelum waktunya, kita hanya membayang-bayangkan saja. Padahal orang lain mungkin merasa geli melihat kecoa tetapi berbeda dengan saya yang justru saya malah suka memandanginya sambil ngebayangin yang aneh-aneh,sampe ngebayangin makanan kurma yang menggoda entah saya kesambet apa sampai-sampai kecoa aja saya liatin sampe ngiler-ngiler,ah entahlah karena saat itu saya masih polos dan culun.
  Intinya sebanyak apapun makanan lezat yang menggugah selera , jika kita niat berpuasa dengan ikhlas karena Allah pasti kuat dan tidak akan tergoda oleh makanan selezat apapun. Jadi jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahanmu sendiri cobalah intropeksi diri dan perbaiki.

Scifa Nge-EsaiWhere stories live. Discover now