24. Mohamad Hardiansyah S - Trotoar

6 2 1
                                    

Saya adalah orang yang sangat gemar terhadap olahraga, salah satunya adalah berjalan santai. hampir tiap hari libur saya berolahraga. selain membuat kita menjadi sehat, jalan santai juga dapat menjaga ketentraman dengan pejalan lainya untuk saling menyapa.
Bisa saja jika masyarakat Indonesia tidak malas untuk berjalan, mungkin indonesia akan menjadi negara yang maju.
Kita semua tahu bahwa indonesia adalah negara yang malas jika dilihat dari masyarakatnya. Kemalasan tersebut menjadi alasan kuat kenapa Indonesia tidak banyak berkembang sampai saat ini.
Belakangan ini Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang malas berjalan kaki. Tentu ada banyak sekali alasan yang membuat masyarakat kita ini lebih memilih mengendarai kendaraan umum atau kendaraan pribadi ketimbang berjalan kaki. Salah satu penyebab masyarakat malas berjalan kaki adalah kondisi trotoar.
Jika kita mendengar kata "Trotoar" terbayanglah gambaran kondisi disana seperti jalanan yang ramai, panas, polusi kendaraan, dan pedagang dimana-mana. Rasanya sudah seperti berjalan di tempat kuliner saja. Padahal tentunya masyarakat Indonesia sudah paham betul bahwa trotoar merupakan sarana bagi masyarakat untuk berjalan kaki yang di berikan oleh pemerintah. Namun, tetap saja disalahgunakan.
Siang itu cuaca sangat panas. Tapi, tetap saja saya harus berjalan melalu trotoar yang padat ini untuk sampai pada tujuan. Jujur saja dengan cuaca sepanas ini ditambah kondisi trotoar yang begitu ramai membuat saya malas berjalan kaki. Pedagang kaki lima dimana-mana, manusia sudah seperti laron saja mengerubunginya. Apalagi dengan mulut-mulut netizen yang sanggup membakar hati. "Hei lihat-lihat orang itu udah item, jelek, pendek, gendut, idup lagi!". Sungguh saat itu saya berada disituasi yang sangat tidak nyaman. Sehingga pada akhirnya dari pada melewati trotoar, saya lebih memilih untuk naik kendaraan umum saja.
Sering sekali masyarakat mengeluh pada pemerintah akan kondisi yang sangat tidak nyaman itu. Mendengar banyaknya keluhan dari masyarakat, pemerintahpun tidak tinggal diam dan mengupayakan berbagai cara untuk mengatasinya. Namun, apadaya bahkan jika pemerintah sudah bertindak tegas untuk mengatasi hal ini tapi masyarakat tetap tidak mau mengubah pola pikirnya semua akan sia-sia saja.
Perubahan dimulai dari diri sendiri. jangan pernah bermalas-malasan karena tidak ada kenyamanan di hari tua bagi mereka yang malas di masa muda.

Scifa Nge-EsaiWhere stories live. Discover now