Delapan

51 18 4
                                    

Setelah kebersamaan selama 3 tahunan. Kini tibalah saat dimana perang siswa kelas akhir dimulai. Yap betul UN hari ini akan menjadi penentu, kita bisa keluar dari kandang kurungan mengenaskan ini dengan terhormat, atau keluar dengan sangat terhina.

Pagi ini, gue dan komplotan gue udah bingung tujuh keliling, gimana caranya nyontek, kalau pengawasnya aja katanya gualak kayak mpu nya singa. Ya kali gue mau ngehidangin diri gue yang tak berdaging ini, mending juga ngorbanin si Alya yang kaya akan gizi dan nutrisi.

Setelah sok membuka-buka dan membolak-balik halaman buku tebal matematika yang berisikan lantunan syair bahasa alien itu, tibalah saat untuk mengerjakan soal-soal yang memberikan banyak masalah di jam kemudian.

"ssst ssst," samar tapi pasti gue denger ada yang sok manggil gue dari atas, ya kali dari atas. Mau menghadap Illahi kali, ngeri ah. Gue nengok ke sumber suara, dan ternyata yang manggil si Aysa kupret. Gue menaikan satu alis gue, seakan bertanya 'apa'.

Si Aysa membentuk jarinya menjadi pose foto paling populer. Yap, bentuk V. Gue paham bener pasti dia mao nanya nomor 2. Ya kali nomor 2. Gue yang nomor 1 aja masih gue pentelengin berharap bisa kelar sendiri gegara takut gue pantengin. Tapi yh, ini dunia nyata bukan fana, so soalnya masih aja diem gk bergerak apaapa. Gk guna banget deh yang jadi soal! Kesel gue!

Setelah terdiam, gue menggeleng tanda belum selesai menjawab.

"hei! Kalian, kerjakan sendiri soalnya! Atau saya keluarkan sekarang juga!" bentak si tua empat mata yang tengah mengawasi ruangan ujian kami. Njir tuh pak tua. Udah tua suka marah-marah, ntar cepet mati gimana. Heheehe maaf pak. Cuman canda doang kok:v

"iya pak," sahut gue dan Aysa kompakan bak anak kembar lain rahim.

"woi! Yang udah semua sapa? Kasih tahu jawabannya ke gue napa! Jan pelit-pelit ntar kuburan lo pada sempit," dan gobloknya si Doni malah teriak teriak kayak mau lahiran hingga membuat pak Teko maksudnya pak Eko naik darah.

"kalau kamu teriak-teriak terus. Bapak tidak segan-segan mengeluarkan kamu sekarang Doni," ujar pak Eko dengan penuh penekanan dan tak lupa penuh dengan gaya. Karena adanya tekanan tentu harus di sertai dengan gaya. Ya kan:+

Seketika itu juga, Doni segera duduk di bangkunya dan mingkem tak mau lagi membuka mulut. Hadeh! Dasar Doni membuat nama besar kelas jadi suram aja. Eits emang udah suram kali ya. Butek malahan.

Setelah 4 juta menit terdiam. Gue mulai mengoret-oret kertas yang udah di bagi sebagai sarana dan prasarana guna menjawab soal MTK yang perlu perhitungan. Dan lo tahu, soal MTK itu ada 60 soal dan rumit nya minta tampol. Lha di bagi kertas oret-oretan separuhnya HVS. kadang gue mikir. Tuh guru jadi guru lewat tes otak apa kagak. Kebangetan banget deh.

Dan dengan izin Illahi yang begitu sangat luar biasa. Gue dengan lancar tanpa macet bisa nyelesaiin seluruh soal itu dengan gaya cap cip cup. Ya kali gue suruh ngehitung satu persatu. Mending juga ngundi a, b, c, d, e yang ada di komputer langsung. Tauk tuh bener apa kagak.

"pak, saya sudah selesai," si Tania bersuara dengan penuh kepercayaan. Gue sih nggak heran, struktur otaknya Tania kan udah 11,12 sama milik pak Budi. Ya wajan lah ya.

"kalau sudah selesai, silahkan keluar dan persiapkan diri untuk ujian mapel selanjutnya," dan asal lo tahu. Ujian Nasional di SMA gue itu borongan dan tidak dapat diskon. Nggak nanggung-nanggung. Sehari semua mapel di kasihin ke murid-muridnya. Kemeng? Bhe! Otak gue mau njebluk ini, cuman di tahan aja. Demi si masa depan yang masih buram belum terlihat.

Akhirnya gue dkk pergi keluar dari kelas. Dan bergegas nyekek di kantin sekolah yang amat teramat sangat banget di rindukan.

"weh, tadi punya lo udah kejawab semua?" tanya Alya yang masih mengunyah 5 bakso di dalam mulutnya. Aysa dengan sedikit di paksa menelan sisa tempe di dalam mulutnya. Aduu Sa, jan di paksa. Ntar kalau lo mati, repot nguburinnya.

"boro-boro kejawab. Tadi gue molor ampe jam kelar," jawab Raina dengan wajah kelowor khas orang bangun tidur. Sejujurnya Raina sudah menjawab beberapa soal. Yah, sudahlah kita tunggu waktu pengumuman nya aja ok.

"gue udah semua," ucap gue santai. "hah?!" widih kompakan banget tuh suara kawanan monyet paduan suara di depan gue. Ampe telinga gue berdenyut gegara volume cocot yang teramat keras.

"lo udah kelar semua Va? Weleh-weleh. Lo ngedukun di mana? Manjur banget kayaknya," Uni berujar dengan wajah super sewotnya. Enak coklat bener tuh bibirnya Uni. Suka bener kayaknya nyinyir gue.

"bacot lo nyet! Gini-gini gue udah tobat loh ya,"  senggah gue yang jelas nggak terima dengan bacotan si Uni yang seenak jidat.

"hehehe, ya kalem ae. Btw disini ada yang bawa otak penuh fisika biologi?" tanya Uni yang segera mengalihkan pembicaraan. Serah lu Ni, serah!

"ya kali kita-kita berotak fisika biologi. Otak mesum, percaya gue,"  Raina mengambil suara setelah meraibkan sisa kecap di piring nasi gorengnya. Jan nanya gimana caranya. Raina emang punya prinsip jangan di buang-buang, mubazir. Yah karena terikat prinsipnya itulah, sisa kecap nasgor di piring aja di jilatin kayak anjing yang kelaparan.

"sa ae lo Na," Alya memasang wajah yang dipenuhi cengiran kuda.

Setelah sepuluh meter di kantin. Akhirnya gue dan kawan-kawan otw ke ruang ujian lagi. Dan segera menerima menu makan siang yang super mengenyangkan bahkan sebelum di kunyah di mulut sekalipun.

Njir, nih soal rumit bener dah kayak permasalahan rumah tangga ae. Ya begitulah batin gue saat menatap sekilas soal-soal di layar lebar komputer.

"halah gampil ini mah," suara bego sok kepinteran dari Zaky kian teresapi oleh telinga gue. Sok bener dah tuh cucu anoa, PR aja nyontek tiap pagi ama gue, boro-boro bener, yang ada sesat nyontoh jawaban gue. Bego di pelihara. Mending ayam aja di pelihara kan lumayan, bisa jadi peternak sapi ternama.

"anjing. Monyet. Kebo. Taik. Kuda. Bego. Babi. Kunyuk!" disisi lain, gue denger Sila tengah memaki-maki komputer di hadapannya. Emang dia pikir kalau dimaki tuh soal bisa kelar sendiri, kan kagak. Emang dasar Sila!

"Arsen! Kenapa dari tadi Ibu perhatikan kamu, nolah noleh ke Silva terus?" bu Titik bertanya kepada iblis laknat di samping gue.

"jha si Ibu perhatian banget deh ama saya. Minggu depan ijab kabul aja yok, kan bentar lagi saya lulus bu," jawab si Arsen yang yah lo tahu lah. Kagak nyambung. lagian juga napa dia merhatiin gue mulu sih. Moga bukan mau nyantet. Amin.

"Arsen! Sekarang, kamu keluar dari sini," bentak bu Tutik tegas tak tergagu dugat dan tidak terbantahkan. Dan dengan penuh percaya diri, si Arsen melangkah pergi dari ruang ujian, gue nggak yakin, dia udah ngerjain semua soal IPA atau belum. Napa gue mikirin, eh.

"cie ada yang di perhatiin nih ye," Alya menggoda gue dari pojok ruangan bersama para dedemit yang tak kasat mata. Gue lebih milih buat ngerjain si soal di komputer dengan jurus andalan gue cap cip cup dung.

Setelah berjam-jam di sekolahan. Kini, gue dan kawanan satu angkatan gue lagi makan-makan di rumah bermain. Ya rumah makan lah!

"weh. Minggu depan perpisahan yak?" tanya Fatimah yang langsung diangguki ama si marmut David.

"nggak kerasa udah 3 tahun kita bersama ya," seketika si Aysa sok manis dan sok nggak rela kehilangan gitu. Mungkin dia udah terlanjur sayang. Wkwkwwk.

"iya ya," sahut Nilna menyetujui pernyataan Aysa.

Gue cuman diem. Nggak tahu harus ngomong apaan. Sejujurnya gue rada nggak ikhlas kalau harus pisah ama komplotan ikan piranha yang udah berjasa bikin gue bahagia di sisa umur gue ini. Njir melow kan gue jadinya.

"semoga kita semua lulus ya," Rina berujar dan langsung di amini ama gue dkk. Semoga aja itu terjadi. Amin sungguh benar-benar amin.






Ok guys ini part ke 8. Di vote dan di tunggu komennya kakak :v

Di komen yah, biar semangat updatenya.... 

Lope lope lah pokoknya ❤❤❤

The Love Comedy Class (COMPLICATED)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang