Fun Facts

259 43 58
                                    

Bab ini akan memuat self-interview dan fun facts dari penulis (betulan) untuk setiap cerita jurnal di dalam MJOT. Bagian ini ditujukan kepada para pembaca hanya sebagai informasi tambahan.

.
.
.

Q. Ide tema cerita didapat dari...?

A. Hasil browsing situs pasangan-pasangan zodiak (ada masa-masa ketika aku emang se-random ini lol). Waktu itu pun terpikir, 'kayaknya seru kalo bikin kumpulan cerita roman berbasis pasangan zodiak'. Lalu ide itu berkembang dan berkembang, sampai akhirnya hanya jadi faktor pendukung untuk karakterisasi para tokoh, sangat minor dan nggak terlalu mempengaruhi jalan cerita.

Q. Ide menciptakan Midnight didapat dari...?

A. Nggak ada tokoh khusus yang jadi muse. Tahu-tahu dapat wangsit, 'oh, dia tiga puluh tahunan tampak luar. Posh English man. Mata biru. Rambut hitam. Tegap. Suka pake topi tinggi dan setelan...' dan jadilah Midnight. Walaupun dia menyesuaikan outfit sesuai zaman dan sikon, topi tinggi itu tetap jadi trademark-nya.

Q. Kenapa ngaku-ngaku Midnight itu temenmu, Ash?

A. Emang betulan temenan kok 🤥
Hehe bercanda ya, Midnight murni karakter fiksi.

Q. Kenapa 12 cerita?

A. Karena ada 12 zodiak (umum).

Q. Mana fun facts-nya?

A. Silakan dibaca fun facts untuk tiap jurnal di bawah ini :)

.
.
.

Jurnal 1 : Debu Bintang

Cerita ini terinspirasi dari zodiak Aquarius (Gianna) dan Leo (Winston). Gianna yang independen, intelektual, dan mudah beradaptasi dipasangkan dengan Winston yang arogan namun berjiwa pemimpin dan bisa diandalkan. Pasangan Dust-Hunter yang solid dan kompak.

- Nama kapal Winston, 'Stormclaws', anehnya terinspirasi dari nama mansion Kapten Haddock di cerita Tintin. Namanya Marlinspike. Iya emang jauh ke mana-mana hahaha cuma entah kenapa inspirasinya dari situ. Let me know kalau kamu juga pernah baca Tintin!

- Terinspirasi dari Stardust dan Treasure Planet. Stardust adalah novel karya Neil Gaiman yang paling kusukai (film-nya agak cringey karena cukup jadul, tapi masih keren kok) dan Treasure Planet adalah film animasi yang sangat underrated dan masih jadi salah satu film Disney favoritku sampai sekarang. Treasure Planet merupakan adaptasi dari buku berjudul Treasure Island karya Robert Louis Stevenson. Sangat aku rekomendasikan untuk kalian yang suka fantasi.

🌠

Jurnal 2 : Pertemuan Takdir

- Terinspirasi dari Pisces (Alianor) dan Scorpio (Theobald a.k.a Cassius). Alianor yang kelewat baik dan Cassius yang 'senang berahasia'. Karena memang betul dia menyimpan rahasia tentang identitasnya.

- Kalau jeli, nama-nama pria bangsawan dari Winterfield berakhir dengan -us (Philius, Cassius), terinspirasi dari cerita Asterix di mana tiap orang Romawi pasti punya nama kocak yang ujungnya -us (Akalbusyukus, Hipopotamus, Tifus, Nasibungkus, dsb dsb). Sementara nama-nama bangsawan Rovenland umumnya berawalan A- (Alastor, Archer, Alianor).

⚔️

Jurnal 3 : Tetap Hidup

Terinspirasi dari pasangan zodiak Aries (Regan) dan Libra (Samuel). Regan yang straightforward, meledak-ledak, dan nggak suka basa-basi, plus Samuel yang benci pertikaian. Kombinasi menarik karena keduanya seperti bumi dan langit menurutku.

Midnight's Journal Of TalesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang