"Tugas kalian bikin resensi novel," ucap Pak Apipi-guru Bahasa Indonesia sebelum bel akhir pelajaran berbunyi, "dan dikumpulkan minggu depan" lanjutnya.
"Jangan minggu depan dong pak. Bulan depan aja. Saya kalau baca novel suka lama Pak"
"Hadooh kagak bisa mabar cuy"
"Pak novel erotis boleh gak pak?"
"Heh mulut lo sampah abis"
"Pak saya gak suka baca novel. Saya sukanya baca kisah hidupnya doii,"
"Uwuwuw ngebucin aeee terooos"
"Sudah diam semuanya. Pokoknya tugas harus selesai. Tidak dapat diganggu gugat. Dan satu kelas novelnya tidak boleh ada yang sama! Sekian saya akhiri pelajaran hari ini."
Di saat temen-temen gue pada lesu gara-gara dapat tugas bikin resensi dan mengharuskan baca novel. Gue malah senang gak karuan. Yagimana, novel itu udah kayak bagian dari hidup gue. Bahkan tiap hari gue jarang banget buka buku pelajaran. Yang gue buka novel terus. Gak tau diri emang. Padahal udah mau ujian.
"Pokoknya Pe. Gue gak mau tahu, elo kan jago merangkai kata gitu. Bantuin gue pokoknya!" racau Fara sambil goyang-goyangin tangan gue.
"Ogah!" ucap gue sarkas gak peduli. Udah tahu kalau Fara minta tolong bantuin tugas ujung-ujungnya malah gue semua yang ngerjain. Kan keenakan dia.
"Tahu gak Pe kalau orang medit tuh kuburannya sempit!"
"Anceman lo kayak orang bener aja! Kerjain sendiri ah!" Fara nunduk lesu denger jawaban gue. Habis itu dia masang muka paling melasnya di depan gue sambil nangkupin tangan di depan dada.
"Komuk lo bikin eneg dah Far" Dia ngedengus kasar habis itu malingin muka dari gue. Ngambek!
Berhubung gue lagi rajin dan guru belum masuk kelas, gue milih langsung bikin tugas resensi novel dari bukunya Tere Liye.
Gue ngelirik Fara yang megang bukunya Pramoedya Ananta Toer-Bumi manusia dan terus bolak-balikin gak minat baca.
"Pelishaa gue gak ngerti sama novel ini. Bahasanya tingkat dewa. Kagak paham gue." Gue ketawa geli natap dia.
"Udah tahu gak ngerti masih aja lo baca."
"Hehe" Fara nyengir sambil garuk tengkuknya. Setelah itu dia ijin mau ke kamar mandi. Gue lanjutin ngerjain tugas yang tertunda.
"Veylishaa"
Apa sih? Ada aja yang ganggu. Gak kelar-kelar kan tugas gue.
"Apa?"
"Judes amat dah mbak." Gue muter bola mata jengah ke arah Ahmad yang tiba-tiba udah duduk di tempat duduk Fara yang kebetulan dia lagi pergi ke kamar mandi.
"Apa sih Mad, ganggu gue tau," gue nopang dagu sambil mainin anak rambut yang semakin panjang.
"Minta tolong dong"
"Halah kebiasaan. Temen musiman yang datang kalau ada maunya"
"Ayo dong Ve, gue traktir mi ayam dah" Mata gue berbinar denger iming-iming Ahmad. Tapi gue tetep pasang muka cool.
"Hari gini mi ayam? Tiket konser dong" ucap gue sarkas pura-pura nggak tergoda sama tawaran Ahmad.
Aelah ini kenapa gue jadi manusia lemah amat si. Cuma gara-gara mi ayam masa udah mau nurutin Ahmad aja.
"Yaudah kalau ga mau"
Etdah, rayu lagi dong Mad. Tanggal tua ini. Uang jajan gue udah habis. Beliin gua mi ayam woy. Jerit hati gue merana. Salah sendiri gengsi.
"Mau nolongin nggak?" tanya Ahmad sekali lagi memastikan.
"Iya deh iya. Apaan?"
"Pulang sekolah ntar ajakin Ais ke perpustakaan kota ya"
"Lo mau pacaran di perpus? Idih kagak modal amat. Cari tempat yang lebih romantisan dikit kek"
"Gue nggak pacaran sama dia kali"
Iya iya tahu kok. Mau sampai kapan lo gantungin sahabat gue hah? Heran banget. Dikira sahabat gue jemuran apa?
"Yaudah iya." Habis itu Ahmad pergi ke tempat duduknya.
Gue gak jadi nyelesaiin tugas gue. Udah gak mood. Dan beraloh gue nopang dagu natap kelas yang sepi dan hening nggak kayak biasanya ini. Kelas yang biasanya kayak pasar ini mendadak jadi tenang banget kayak kuburan.
Udah 15 menit berlalu sejak pelajaran bahasa Indonesia selesai. Guru mata pelajaran berikutnya masih belum ada tanda-tanda mau masuk.
Gue ngarahin mata ke sekeliling. Biasanya kalau guru belum datang gini, anak-anak udah pada ricuh. Pojokan kelas jadi ramai. Tapi sekarang semuanya pada anteng di tempat masing-masing.
Para cowok dan cewek lagi baca novel. Adem gitu lihatnya. Kalau biasanya yang cowok pada ribut ngeluarin kata-kata kasar gara-gara main game di pojokan kelas, sekarang mereka jadi cowok kutu buku yang kalem. Yang cewek biasnya pada sibuk ghibah, kali ini mereka lagi ngomong sama buku. Semua berkat tugas bahasa Indonesianya Pak Apipi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Classmate (On Hold)
Teen Fiction(On hold for a long time) Apa jadinya jika kelas IPA 1 yang terkenal unggulan tiba-tiba menjadi kelas paling bobrok di seantero Alts High School? Kelas yang didominasi sama anak-anak pilihan ini ternyata hanyalah manusia biasa yang identik dengan si...