253. Daud diberikan zabur.
- Allah melebihkan sebagian nabi atas sebagian yang lain (Nabi Ibrahim dan Rasulullah).
- Manusia bisa saja tidak saling membunuh karena agama, tetapi Allah berkehendak sesuai dengan
kehendak-Nya.254. Segeralah bersedekah atau membelanjakan harta dijalan Allah, karena hari kiamat itu akan segera tiba.
255. Ayat yang paling agung adalah ayat kursi.
- Nabi Adam adalah Rasul.
- Allah kekal dan terus mengurus makhluk-Nya.
- Ayat kursi adalah ilmu atau langit dan bumi.256. Tidak ada paksaan untuk masuk islam.
- Masuk surga dalam keadaan dirantai adalah para tawanan yang didatangkan ke negeri islam dalam keadaan dirantai. Sesudah itu mereka masuk islam dan mereka adalah ahli surga.
- Orang pemberani berperang membela orang yang tidak dikenalnya, sedangkan orang pengecut lari tidak dapat membela ibunya sendiri.
- Tidak layak seseorang mengatakan apa yang tidak diketahuinya.257. Penolong Muslim di akhirat adalah Allah, sedangkan penolong kafir adalah setan.
258. Raja Babil mendebat Ibrahim tentang Tuhan-Nya, ia dikenal sebagai raja Namruj.
- Raja Namruj memerintah selama 400 tahun, saat ia diganti, ia ingin melihat Allah.259. Ada orang yang ragu bahwa Allah akan membangkitkan orang yang telah mati, maka Allah mematikannya selama 100 tahun, lalu menghidupkannya kembali sebagai pelajaran bagi manusia, orang itu lewat pada tempat yang hancur.
260. Nabi ibrahim ingin pengetahuannya meningkat tentang hari berbangkit, maka Allah menyuruh ia untuk memotong 4 burung dan meletakkannya di tiap-tiap bukit lalu Allah menyuruh Nabi Ibrahim memanggil mereka, lalu 4 burung itu hidup kembali.
- Nabi Ibrahim bukan ragu tentang Allah, hanya ingin menambah ilmu melalui kesaksian mata.261. Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah.
- Pahala yang bercabang atau dikembangkan oleh Allah adalah tiap satu biji akan berkembang menjadi 7 biji dan tiap bijinya lagi akan berkembang menjadi masing-masing 100.
- Pernyataan ini lebih berkesan daripada 700 biji.
- 2 Kebahagiaan saat puasa adalah kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan di akhirat.
- Kecuali puasa, puasa untuk Allah. Maka tak ada pelipatan pahala, namun kegembiraan akhirat.262. Tidak boleh menghilangkan pahala dengan menyebut-nyebutnya serta menyakiti perasaan penerima.
- Sedekah yang disukai Allah adalah ucapan yang baik, dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah dengan sesuatu yang menyakitkan.
- Pemberi yang suka menyebut-nyebut pemberiannya, Allah tidak suka dan tidak akan melihat mereka di hari kiamat.
- Orang yang riya perumpamaannya seperti batu licin yang di atasnya ada tanah atau debu saat hujan, hilang semua debu tersebut.265. Sedangkan orang yang ikhlas perumpamaannya seperti di dataran tinggi yang dihujani hujan lebat, lantas menghasilkan buah-buahan dua kali lipat.
266. Seperti orang kaya yang kemudian jadi pendosa, amalannya akan terhapus laksana kebun yang terbakar, dia tak bisa mengusahakannya kembali karena ia sudah tua.
267. Tidak boleh bersedekah dengan uang yang buruk, yang kita sendiri tidak mau.
- Atau barang-barang yang buruk, baju sobek, makanan basi. Itu seperti memberi hal buruk pada jalan Allah.
- Hal yang buruk itu tidak dapat menghapuskan keburukan lainnya seperti bersedekah dengan uang curian.
- Jangan memberi makan orang miskin dengan makanan yang tidak pernah kita makan.
- Orang miskin itu mempunyai hak untuk di sedekahi.
- Sama seperti jika orang lain mempunyai hak pada kita, namun karena kualitasnya kurang dari sebenarnya maka kita menolak.
- Bersedekah adalah menafkahkan harta di jalan Allah.
- Saat kita bersedekah dengan barang yang buruk berarti kita memberi pinjaman ke Allah dengan pinjaman yang buruk.
- Barangsiapa yang hafal Al-Qur'an maka derajat kenabian telah berada di kedua pundaknya, hanya saja dia tidak diberi wahyu.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih