Juz 18

6 1 0
                                    

Al-Mukminun (Orang-orang beriman)

1. Sungguh beruntung orang-orang yang beriman yang khusuk dalam salatnya.
- Ahlak Rasul adalah Al-Qur'an.
- Amalan yang paling disukai Allah adalah mengerjakan salat pada permulaan waktunya.

17. Penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia.

18. Sebagian besar tanah mesir terdiri atas pasir.

45. Firaun menolak seruan Nabi Musa karena Nabi Musa dan Nabi Harun juga manusia biasa dan dari BaniI Israil.

51. Agama tauhid adalah agama para nabi.
- Sesungguhnya Allah tidak menghapus keburukan dengan keburukan lagi, melainkan mengapuskan keburukan dengan kebaikan, sesungguhnya hal yang kotor itu tidak dapat menghapuskan hal yang kotor lagi.

57. Orang-orang yang berhati-hati karena takut azab Allah adalah orang-orang yang akan bersegera mendapatkan kebaikan.
- Sesungguhnya orang-orang mukmin itu menggabungkan kebaikan dan rasa takut kepada Allah, dan sesunggunya orang-orang munafik itu menggabungkan keburukan dan merasa aman dari azab Allah.

68. Allah telah menantang mereka dan seluruh penduduk bumi untuk mendatangkan hal yang semisal dengan Al-Qur'an jika mampu, dan pasti siapapun tidak akan mampu untuk melakukannya, untuk selama-lamanya.
- Seandainya orang-orang kafir dikembalikan ke dunia, niscaya mereka akan melakukan hal-hal yang dilarang lagi.

84. Maka dari jalan manakah kalian ditipu?
- Orang-orang musrik berperasangka bahwa sesembahan mereka dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah.

91. Berbilangnya Tuhan itu mustahil.
- Allah sekali-kali tidak mempunyai anak dan tidak sekali-kali ada tuhan (yang lain) beserta-Nya.

93. Allah memberikan petunjuk kepada Rasul tentang cara paling efektif dan metode paling sukses dalam bermasyarakat; yaitu berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk terhadap dirinya, agar hatinya terpikat dan simpati, sehingga permusuhan berganti menjadi persahabatan, dan kemarahannya berganti menjadi simpati.
- Tolaklah (Kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah teman yang sangat setia, sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar (Fushshilat 34-35).
- Setan itu tidak dapat ditipu dan tidak mau mengikuti kebajikan.

99. Alam barzah adalah alam yang membatasi alam dunia dan akhirat.

101. Apabila sangkakala ditiup, tidak berguna lagi pertalian nasab.

108. Sesungguhnya orang-orang yang berdosa adalah mereka dahulu menertawakan orang-orang beriman, apabila orang-orang beriman itu lewat di hadapan mereka, mereka saling mengedip-ngedipkan matanya (Diantara sesama mereka), (Al-Muthafifin: 29-30).

112. Apakah manusia mengira ia akan dibiarkan begitu saja, (Tanpa pertanggung jawaban), (Al-Qiyamah: 36) yaitu terlupakan dan dibiarkan saja.
- Allah tidak menciptakan manusia secara main-main.

An-Nur (Cahaya)

1. Allah memberi perhatian pada surat ini, tentang hukum pelaku zina.
- Muhsan, (Yakni orang yang pernah melakukan persetubuhan dalam ikatan nikah yang sahih sedangkan ia telah akil baligh).
- Hukum rajam ada di dalam Al-Qur'an.

3. Tiada seseorang wanita pun yang mau melayani hawa nafsu zina lelaki pezina, melainkan hanyalah wanita pezina lagi durhaka, atau wanita musrik yang tidak menganggap perbuatan zina itu haram.

4. Orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (Berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan 4 orang saksi, maka deralah mereka (Yang menuduh itu) 80 kali dera, dan janganlah kalian terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya.

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang