26. Orang yang disebutkan dalam surat yasin adalah Habib.
- Allah tidak menurunkan pasukan dari langit untuk membinasakan kaum Habib, karena hanya perlu satu teriakan saja untuk membinasakan mereka, dan itu terlalu mudah bagi Allah.
- Allah membinasakan raja dan penduduk intakiyah tanpa bersisa.
- Kaum Hawari adalah penolong Isa Al-Masih.30. Suatu sekte dari aliran Dariyah mempercayai adanya reinkarnasi.
33. Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah, (Az-Zariyat: 49).
37. Malam adalah tanda kekuasaan Allah yang besar.
- Arasy adalah atap bagi kesemuanya.
- Arasy berbentuk seperti kubah yang mempunyai tiang-tiang.
- Matahari terus bergerak, tidak pernah menetap dan diam.
- Manzilah adalah tempat.
- Matahari terbit setiap hari dan tenggelam di penghujung harinya dengan cahaya yang sama, akan tetapi tempat terbit dan tenggelamnya berpindah-pindah dalam musim panas dan musin dinginnya; yang seiring dengan perbedaan musim tersebut.
- Cahaya yang dipancarkan bulan merupakan pantulan sinar matahari.
- Cahaya bulan yang sempurna terjadi di malam yang ke-14.41. Tak ada seorangpun dari keturunan Nabi Adam yang selamat dari banjir besar, kecuali Nabi Nuh dan orang-orang yang beriman kepadanya.
45. Orang-orang munafik menentang anjuran orang-orang Muslim untuk berinfak.
51. Manusia berjalan dengan cepat dari kuburnya saat hari kiamat.
- Tidur sejenak berarti hidup kembali setelah dimatikan dengan tiupan sangkakala ke-2.
- Teriakan yang mematikan adalah tiupan sangkakala.55. Ahli surga terlalu sibuk dengan urusannya untuk memperhatikan azab yang diterima oleh penghuni neraka.
59. Allah memisahkan golongan orang Muslim dan golongan orang kafir di padang mahsyar.
- (Kepada malaikat diperintahkan) "Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan sesembahan-sesembahan yang selalu mereka sembah selain Allah; maka tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka, (As-Shaffat: 22-23).63. Pada hari mereka didorong ke neraka jahannam dengan sekuat-kuatnya, (Dikatakan kepada mereka) "Inilah neraka yang dahulu kamu mendustakannya, maka apakah ini sihir? Ataukah kamu tidak melihat? (At-Tur: 13-15).
- Allah mengunci mulut orang-orang munafik yang mengingkari perbuatan dosa mereka, dan mereka bersumpah untuk itu, dan dibiarkanlah semua anggota tubuhnya menjadi saksi atas apa yang telah mereka perbuat.68. Allah tidak mengajarkan syair kepada Rasul, dan tidak pantas Rasul bersyair, serta Rasul tidak suka bersyair.
- Hari-hari (Masa) akan menampakkan kepadamu banyak hal yang belum kamu ketahui, dan akan datang seseorang kepadamu membawa berita-berita yang kamu belum membuat persiapan (Untuk menyambutnya).
- Syair merupakan perkataan yang tidak disukai Rasul.
- Sesungguhnya di dalam paramasastra itu terdapat pengaruh yang memukaukan seperti pengaruh sihir, dan sesungguhnya diantara syair itu ada yang mengandung hikmah.71. Allah menundukkan binatang ternak agar tidak liar (Jinak) agar bisa dimanfaatkan manusia.
74. Berhala tidak bisa membela dirinya sendiri ketika ada seseorang yang berbuat jahat kepadanya, karena dia adalah benda mati.
77. Membuat perumpamaan bagi Allah adalah menganggap mustahil bahwa Allah mempunyai kekuasaan yang besar, yang dapat mengembalikan jasad dan tulang belulang menjadi hidup kembali.
- Masing-masing pohon mempunyai apinya sendiri,dan yang paling banyak apinya adalah pohon Marakh dan 'Ifar.
Ash-Shaffat (Yang bersaf-saf)
1. Yang bersaf-saf adalah malaikat.
- Malaikat datang dengan membawa Al-Qur'an kepada manusia.6. Allah telah menghiasi langit terdekat dengan bintang-bintang.
- Setan yang mencuri dengar berita langit akan dikejar dan dilempari dengan suluh api yang cemerlang.
- Setan tidak dapat mendengarkan pembicaraan para malaikat.
- Semenjak Rasul diangkat, para setan tidak mempunyai kesempatan lagi mencuri berita langit.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih