83. Orang yang berendah hati dalam ucapan dan ketulusan beriman kepada Allah akan mendapatkan kemurahan dari Allah.
87. Zaman dahulu Rahib selalu mengembara dan meninggalkan nafsu duniawi.
- Jangan mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah.
- Orang yang tidak suka dengan sunnah Rasul maka dia bukanlah golongan Rasul.
- Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.89. Ayat tentang kifarat dalam melanggar sumpah.
- Kifarat pelanggar sumpah adalah memberi makan orang miskin atau baju atau memerdekakan budak atau puasa 3 hari, Jika tidak mampu melakukan hal-hal tersebut di atas.90. Segala sesuatu yang memakai taruhan adalah judi, termasuk di dalamnya catur dan permainan anak-anak seperti kelereng dan permainan adu ketangkasan.
- Judi itu perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan karena jahat.
- Rasul selalu salat witir karena itu merupakan kewajiban yang diperintahkan hanya untuk dirinya.
- Khamr di laknat atas 10 segi: Khamr itu sendiri, peminumnya, penyuguhnya, penjualnya, pembelinya, pemerasnya, pembuatnya, pembawa atau pengirimnya.
- Allah tidak rela kepada orang yang meminum khamr selama 40 malam, jika ia mati maka ia mati kafir, jika ia bertaubat maka Allah menerima taubatnya, dan jika ia minum khamr lagi, Allah akan memberi minuman tinatul khabal (Nanah penduduk neraka).94. Allah menguji manusia dengan hewan buruan yang mudah didapat (Lemah dan kecil) saat irham, supaya Allah mengetahui orang-orang yang takut pada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya.
- 5 hewan jahat yang boleh dibunuh di manapun adalah gagak, elang, kalajengking, tikus dan anjing gila, termasuk juga ular.
- Hukuman bagi orang yang tidak mengerti adalah diberi pelajaran (Ilmu) tentang apa yang tidak dimengertinya.96. Semua binatang laut itu halal.
- Rasul melarang membunuh katak, karena suara katak adalah tasbihnya.100. Sedikit rezeki yang disyukuri lebih baik daripada banyak rezeki tapi tidak mampu mensyukurinya.
- Jangan bertanya tentang hal yang tidak berfaedah, yang akan menyusahkan kita bila dijawab.
- Pertanyaan sahabat pasti akan dijawab dan dijelaskan oleh Rasul saat wahyu turun, maka jangan bertanya hal-hal yang tidak berfaedah pada Rasul, karena bisa jadi itu menjadi hukum dan malah memberatkan.
- Allah tidak menjelaskan banyak hal bukan karena lupa, tapi agar menjadi kemudahan bagi manusia.
- Sabarlah dalam menunggu diturunkannya wahyu, niscaya akan dijelaskan semuanya.
- Tsamut yang menganiaya unta betina.104. Allah tidak pernah mensyariatkan bahirah, saibah, wasilah dan ham (Syariat yang orang-orang kafir buat sendiri atau mengharamkan yang halal).
- Dan apakah mereka akan mengikuti jejak nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa (Al-Maidah: 104) mereka hanya mengikuti orang-orang yang lebih bodoh dari mereka dan lebih sesat jalannya.105. Orang sesat tidak akan bisa menyesatkan orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah.
- Jika melihat perbuatan mungkar dan tidak mencegahnya maka Allah akan menurunkan siksa-Nya pada kita semua dalam waktu dekat.106. Jika ada orang berwasiat saat hendak meninggal, adakanlah dua orang saksi.
- Tidak boleh menerima saksi Yahudi dan Nasrani kecuali saat ada orang yang berwasiat dalam perjalanan.
- Jika ragu dengan kesaksian selain Muslim, maka sumpahlah!
- Jika dua saksi waris itu berhianat, adakan dua saksi dari ahli waris terdekat untuk mengajukan tuntutan penggantian.109. Di akhirat semua Rasul akan ditanya tentang jawaban kaumnya akan seruan mereka.
110. Hawariyyin adalah Pengikut Nabi Isa yang setia.
112. Maidah adalah hidangan, dari kisah nabi Isa yang meminta hidangan dari langit, maka Allah memberikan 7 ikan dan 7 roti yang tak habis-habis saat mereka makan dengan syarat tidak boleh disimpan, namun mereka ingkar.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih