juz 15

13 1 0
                                    

1. Elia (Yerusalem) adalah tempat asal para nabi terdahulu sejak Nabi Ibrahim.
- Pada malam isra', semua nabi dikumpulkan di masjid Aqsa, dan Rasul mengimami salat mereka.
- Rasul diajak Jibril ke Sidratul Muntaha (Lapisan langit yang tinggi dekat dengan Allah).
- Perintah salat awalnya 50 kali salat setiap hari, lantas Rasul menawar hingga Allah mengabulkan 5 kali sehari.
- Pahala salat 10 kali lipat, mengandung arti pahala salat tetap seperti semula hanya saja jumlah salat dikurangi atau bisa diartikan salat 5 waktu pahalanya sama dengan 50 waktu.
- Buraq adalah seekor hewan berwarna putih.
- Nabi Musa menyarankan Rasul untuk menawar jumlah salat.
- Bab adalah pintu.

2. Nabi Nuh selalu memuji Allah bila hendak makan, minum, berpakaian, dan dalam semua perbuatannya, karena itulah ia dijuluki sebagai hamba Allah yang banyak bersyukur.

4. Ketetapan Allah adalah Allah sudah memastikan sesuatu itu pasti akan terjadi.
- Hadist maudu' (dibuat-buat) tidak pantas diketengahkan dalam riwayat hadist.
- Kafir zindiq adalah orang kafir yang awalnya islam dan akhirnya merusak islam.

11. Jangan kalian mendo'akan untuk keburukan diri kalian, jangan pula untuk keburukan harta benda kalian, karena dikhawatirkan doa kalian bertepatan dengan sa'atul ijabah, lalu diperkenankan bagi kalian doa itu.
- Manusia bersifat tergesa-gesa seperti kisah Nabi Adam yang tergesa-gesa berdiri sebelum rohnya selesai ditiupkan.

12. Dulu bulan bersinar seperti matahari, lalu Allah menghapuskan tanda malam.

13. Pada hari kiamat, manusia akan membaca buku catatan amalnya sendiri, meskipun ia mengemukakan alasan-alasannya.

15. Masa fatrah adalah masa kekosongan dari diutusnya seorang Nabi.
- Orang-orang yang mati sebelum mendapatkan dakwah Rasul, kelak mereka akan diperintah Allah untuk memasuki neraka, seandainya mereka patuh maka neraka akan menjadi dingin dan menjadi keselamatan baginya, namun jika ia tidak patuh maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka yang sebenarnya.
- Sirat adalah jembatan yang berada di atas neraka jahannam.
- Tempat kembali penduduk Al-A'raf adalah surga.
- Sebagian ulama memakruhkan pembahasan mengenai takdir dan nasip anak-anak kaum musrik.
- Wildan adalah anak-anak kaum musrik.

17. Orang yang mendustakan Rasul adalah orang yang paling berhak mendapatkan hukuman daripada orang-orang yang mendustakan Rasul-rasul terdahulu karena keutamaanya.

20. Surga terdiri atas 100 tingkatan.

23. Berbuat baiklah kepada ibu dan bapak jika mereka sampai berusia lanjut, dan dalam tanggungan kita.
- 3 orang terhina adalah orang yang tidak bersalawat kepada Nabi, orang yang tidak memperoleh ampunan setelah ramadhan, dan orang yang tidak dapat memasukkan orang tuanya ke dalam surga.
- Orang yang paling utama menerima uluran tanganmu adalah ibumu, bapakmu, saudara perempuanmu, saudara laki-lakimu, kemudian saudara terdekat, lalu yang dekat (Denganmu).

26. Pemboros-pemboros itu adalah saudara setan.
- Jika kerabat meminta tolong sedangkan kita tidak mempunyai sesuatupun untuk diberikan, katakanlah perkataan yang baik dan berilah janji pada mereka.

31. Jangan membunuh anak karena takut miskin.

32. Nutfah adalah air mani.

33. Sesungguhnya ahli waris Si Terbunuh adalah orang yang mendapat pertolongan Allah terhadap Si Pembunuh menurut hukum syara', dan mempunyai kekuasaan serta kekuatan hukum yang dapat mengalahkan Si Pelaku pembunuhan.

36. Allah melarang kita mengatakan sesuatu berdasarkan dugaan.
- Tiada tempat tinggal yang enak sesudah tempat tinggal liwa, dan tiada kehidupan yang enak sesudah hari-hari itu (Yang penuh dengan kenangan manis).

37. Barangsiapa yang berendah diri kepada Allah, Allah pasti meninggikan kedudukannya sedangkan ia merasa hina di matanya sendiri dan besar di mata orang lain, dan barangsiapa yang sombong maka Allah akan merendahkannya sedangkan dia merasa besar diri menurut dirinya tetapi hina di mata orang lain, sehingga ia dibenci oleh mereka.
- Jangan berjalan dengan angkuh, sombong, dan congkak.

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang