47. Di hari kiamat kelak, Allah memanggil orang-orang musrik di mata semua mahluk, "Di manakah sekutu-sekutu yang kalian sembah bersama-Ku?"
- Dan jika Kami merasakan kepadanya suatu rahmat dari Kami sesudah dia ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata, "Ini adalah hakku", (Fushshilat: 50) lantas mereka lalai dan bersikap angkuh, sombong dan kafir.
- Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas karena dia melihat dirinya serba cukup, (Al-'Alaq:6-7).52. Tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada pada diri mereka sendiri adalah kejadian Perang Badar, jatuhnya kota Mekah ke tangan kaum muslim, dan kejadian-kejadian lainnya yang menimpa mereka, (Orang-orang kafir) membuktikan pertolongan Allah kepada Rasul.
Asy-Syura (Musyawarah)
1. Orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah, Allah mengawasi perbuatan mereka.
7. Ummul Qura' adalah penduduk Mekkah, dinamakan demikian karena Mekkah adalah kota yang paling mulia (Tanah yang paling baik dan paling disukai Allah).
9. Kemudian jika kamu berlainan pendapat mengenai sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah, (Al-Qur'an) dan Rasul (Sunnahnya). (An-Nisa: 59).
13. Agama yang dibawa oleh para Rasul semuanya adalah agama Tauhid, yaitu yang menganjurkan menyembah Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya.
- Allah memerintahkan kepada semua Nabi untuk rukun dan bersatu, serta melarang mereka berpecah-belah dan berlainan pendapat.
- Ahli kitab berpecah-belah setelah petunjuk datang kepada mereka.15. Ayat yang mulia ini mengandung 10 poin, masing-masingnya berdiri sendiri, terpisah dari yang lain dan mengandung hukum tersendiri, tiada yang menyaingi ayat ini kecuali ayat kursi.
16. Orang-orang yang membantah tentang terjadinya hari kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh.
- Seseorang itu (Akan dihimpun bersama dengan) orang yang disukainya.19. Barangsiapa yang tujuan usahanya hanya semata-mata mencari sesuatu keuntungan duniawi, sedangkan untuk kepentingan akhiratnya tidak terlintas sedikitpun dalam hatinya, maka Allah mengharamkan baginya keuntungan di negeri akhirat.
- Kamu lihat orang-orang yang zalim sangat ketakutan, karena kejahatan-kejahatan yang telah mereka kerjakan, (Asy-Syura: 22).32. Jika Allah menghendaki, bisa saja Allah menghentikan angin di laut, lalu bahtera-bahtera itu diam tak bergerak mengapung di atas laut.
- Penduduk Mesir tidak memerlukan hujan karena Allah mengirimkan air dari negeri lain, bila hujan terjadi di Mesir niscaya bangunan-bangunannya akan ambruk36. Janganlah kamu mendahulukan yang fana dengan melalaikan yang kekal.
- Rasul belum pernah sama sekali marah karena peribadinya.
- Gauras pernah berniat untuk membunuh Rasul.
- Labid ibnul A'sam pernah menyihir Rasul.
- Zainab pernah meracuni kaki kambing yang hendak disajikan kepada Rasul saat perang Khaibar.
- 80 orang pernah berniat untuk membunuh Rasul pada tahun Perjanjian Hudaibiyah.40. Balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, dan memaafkan adalah lebih baik.
- Orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya, tidak ada suatu dosa pun atas mereka.
- Kedua orang yang saling mencaci menurut apa yang dikatakan oleh masing-masing, sedangkan dosanya ditanggung oleh pihak yang memulainya selama pihak yang teraniaya tidak melampaui batas.44. Sesungguhnya orang-orang yang merugi ialah orang yang kehilangan diri mereka sendiri dan (Kehilangan) keluarga mereka di hari kiamat.
47. Sesungguhnya manusia itu amat ingkar (Kepada nikmat), Ia tidak ingat kecuali apa yang sedang dijalaninya.
- Kebanyakan penduduk neraka adalah wanita, karena mereka banyak mengeluh dan ingkar kepada kebaikan suaminya.49. Anak Nabi Lut semuanya perempuan.
- Anak Nabi Ibrahim semuanya laki-laki.
- Anak Rasul ada yang laki-laki dan ada yang perempuan.
- Nabi Yahya dan Nabi Isa tidak mempunyai anak sama sekali.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih