38. Angin yang membinasakan kaum 'Ad adalah angin yang membuat semua yang diterpanya menjadi serbuk.
- Rasul pernah diberi pertolongan dengan angin saba, (angin kencang yang dingin) dan kaum 'Ad dibinasakan dengan angin dabur, (angin yang membinasakan).47. Janganlah mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun.
52. Setiap Rasul pasti pernah dituduh gila atau tukang sihir.
- "Janganlah berputus asa dari rezeki selama kepalamu masih dapat digerakkan. Karena sesungguhnya manusia itu dilahirkan oleh ibunya dalam keadaan bayi merah tanpa mengenakan apa pun, kemudian Allah memberinya karunia dan rezeki".Ath-Thur (Bukit Tursina)
1. Thur artinya gunung yang mempunyai pohon-pohonan seperti bukit tempat Allah berbicara langsung kepada Nabi Musa dan pengangkatan Nabi Isa menjadi rasuI-Nya. Bukit atau gunung yang tiada pepohonannya bukan dinamakan Thur, melainkan dinamakan Jabal.
- Setiap hari Baitul Makmur dimasuki oleh 70.000 malaikat dan berada lurus di atas Ka'bah yang ada di bumi.
- Baitul Ma'mur adalah Ka'bah penduduk langit yang ke tujuh.21. Ayat tentang dihubungkannya anak cucu yang salih di surga.
- Sesungguhnya Allah benar-benar meninggikan derajat hamba yang saleh di dalam surga, lalu si hamba bertanya, "Ya Tuhanku, dari manakah semuanya ini buatku? Maka Allah menjawab, "Berkat permohonan ampun anakmu untukmu.
- Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya, (Ath-Thur: 21).29. Tukang tenung ialah orang yang biasa kedatangan jin (kesurupan), lalu mengucapkan kalimat-kalimat yang dicuri-curi dengar olehnya dari langit.
44. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Allah, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Allah.
- Allah mengazab mereka di dunia dan memberi cobaan mereka dengan berbagai macam musibah, agar mereka kembali ke jalan Allah dan bertobat, tetapi mereka tidak memahami apa yang dimaksudkan oleh Allah terhadap diri mereka, bahkan apabila dilenyapkan dari mereka sebagian dari musibah dan cobaan itu, mereka kembali melakukan perbuatan yang justru lebih buruk daripada sebelumnya.
- Sesungguhnya orang munafik itu apabila sakit, lalu disembuhkan, maka perumpamaannya dalam hal tersebut sama dengan unta yang juga tidak mengerti mengapa manusia mencocok hidungnya dan mengapa manusia melepaskannya dengan bebas.An-Najm (Bintang)
1. Mahluk tidak boleh bersumpah kecuali kepada Allah.
- Orang yang sesat adalah orang yang menempuh jalan menyimpang tanpa pengetahuan.
- Sesungguhnya Rasul tidak pernah mengucapkan kecuali kebenaran belaka.5. Malaikat jibril sangat kuat dan mempunyai akal yang cerdas.
- Rasul pernah melihat Malaikat Jibril dalam wujud aslinya sebanyak 2 kali.
- Tanda-tanda Allah yang paling besar dalam ayat ini adalah Malaikat Jibril.19. Berhala Manat, maka letaknya di Musyallal, yaitu di Qadid yang terletak antara Mekah dan Madinah. Dahulu orang-orang Khuza'ah, Aus, dan Khazraj di masa Jahiliah mengagung-agungkannya dan bertalbiyah darinya saat hendak menunaikan haji (ziarah) ke Ka'bah.
- Tidaklah semua orang yang mengakui bahwa dirinya mendapat petunjuk sesuai dengan apa yang dikatakannya, tidak pula semua orang yang mengharapkan sesuatu dapat meraihnya.27. Persangkaan itu tiada berfaedah sedikit pun terhadap kebenaran.
- Berpalinglah dari orang yang berpaling dari kebenaran, dan tinggalkanlah dia.
- Ya Allah, janganlah Engkau jadikan perhatian kami yang paling utama hanya tertuju kepada duniawi, janganlah pula sebagai batas yang terjauh dari pengetahuan kami.31. Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci, (An-Najm: 32) Yakni memuji diri sendiri dan merasa besar diri serta membanggakan amal sendiri.
33. Imam Syafii berpendapat bacaan Al-Qur'an yang dihadiahkan kepada mayit tidak akan sampai karena bukan perbuatan atau usahanya, (An-Najm: 39).
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih