36. Orang-orang musrik pada dasarnya mengakui bahwa Allah adalah yang menciptakan segala sesuatu, tetapi sekalipun demikian mereka menyembah selain-Nya di samping Dia.
- Bersabar dalam menghadapi apa yang tidak kamu sukai mengandung kebaikan yang banyak.41. Tidur adalah kematian kecil.
- "Dengan menyebut nama Engkau, ya Tuhanku, aku letakkan lambungku dan dengan menyebut nama Engkau aku mengangkat (Membangunkan)nya, jika Engkau memegang jiwaku, maka kasihanilah ia; dan jika Engkau melepaskannya maka peliharalah ia sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambamu yang salih".
- Mati adalah Allah menahan jiwa orang tersebut dan hidup adalah bila Allah melepaskannya.49. Hanya kepunyaan Allah-lah syafaat itu semuanya.
- Allah mencela orang-orang musrik karena mereka mengambil para syafaat selain dari Allah.
- Hati orang-orang musrik marah bila disebut tidak ada tuhan selain Allah, namun bila berhala-berhala mereka disebut, mereka menjadi senang.46. "Ya Allah, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang gaib dan hal yang nyata, sesungguhnya aku berjanji kepada-Mu di dunia ini bahwa sesungguhnya aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Engkau semata, tiada sekutu bagi-Mu, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Mu, dan sesungguhnya jika Engkau serahkan diriku kepada hawa nafsuku, niscaya hawa nafsuku mendekatkan diriku kepada keburukan dan menjauhkannya dari kebaikan, dan sesungguhnya aku tidak percaya selain kepada rahmat-Mu, maka jadikanlah bagiku di sisi-Mu suatu janji yang kelak Engkau akan memenuhinya kepadaku di hari kiamat, sesungguhnya Engkau tidak akan menyalahi janji".
- Emas sepenuh bumi tidak akan bisa menebus orang-orang zalim dari neraka.
- Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan, (Az-Zumar: 47).49. Kala sedang susah, manusia memohon kepada Allah dengan berendah diri, namun apabila Allah memberinya nikmat, ia malah berlaku sombong dengan menganggap bahwa apa yang ia peroleh adalah dari kepintarannya sendiri.
53. Kifarat (Penghapus) dosa ialah penyesalan.
- Seandainya kalian tidak berdosa, tentulah Allah akan menciptakan suatu kaum yang berbuat dosa, lalu Allah memberikan ampunan bagi mereka.
- Qarin adalah teman setan jahat manusia.
- Semua penghuni neraka dapat melihat kedudukan mereka di surga, (Sekiranya dia beriman).60. Lembah Bulis adalah penjara yang terbuat dari api neraka.
62. Amal seseorang yang telah lalu akan lenyap apabila ia mempersekutukan Allah.
68. Saat sangkakala ditiup, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendai oleh Allah (Para Syuhada yang menyandang pedang-pedang, mereka berada di sekitar 'Arasy).
- Yang paling akhir mati saat tiupan sangkakala adalah Malaikat maut.
- Yang mula-mula dihidupkan pada hari kiamat adalah Malaikat Israfil, untuk melakukan tiupan sangkakala yang ke-3, (Tiupan berbangkit).
- Apabila Allah rida terhadap hamba-Nya, maka tiada hisab baginya.71. Malaikat Zabaniyah sikapnya sangat kasar, galak, lagi bengis.
- Orang kafir dibawa ke neraka dengan berombong-rombongan.73. Orang yang bertaqwa kepada Allah, dibawa ke surga dengan berombong-rombongan pula.
- Masing-masing rombongan digabungkan bersama orang-orang yang setara kedudukannya di surga.
- Rasul adalah orang yang mula-mula memberi syafaat.
- Di dalam surga itu terdapat 8 buah pintu, salah satunya dinamakan Ar-Rayyan, tiada seorangpun yang masuk darinya kecuali hanya orang-orang yang berpuasa.
- Kunci surga adalah (Kalimat) "Tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah".75. Para Malaikat membentuk lingkaran di sekitar 'Arasy setelah para manusia menempati surga dan neraka.
Ghaffir (Pengampun) atau Al-Mu'min (Orang Yang Beriman)
1. Menurut suatu pendapat, Ha-Mim adalah salah satu dari asma Allah.
- Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya, (An-Nahl: 18).
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih