111. Berharap melihat Allah dan malaikat sama dengan menganggap besar diri sendiri.
- Sesungguhnya orang yang telah disesatkan oleh Allah, tak akan beriman meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan hingga mereka menyaksikan azab yang pedih.112. Siapapun yang membawa apa yang Rasul bawa pasti akan dimusuhi.
114. Jangan ragu terhadap Al-Qura'n karena Al-Qur'an telah disebutkan oleh kitab-kitab terdahulu dan kedatangannya telah dikabarkan oleh nabi-nabi terdahulu.
116. Jangan menuruti kebanyakan orang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkan kamu dari jalan Allah.
- Sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat menginginkannya.120. Jangan melakukan dosa, baik yang tampak maupun yang tersembunyi.
- Dosa adalah sesuatu yang terdetik dalam hatimu sedangkan kamu tidak suka bila orang lain melihatnya.121. Tidak boleh memakan sesembelihan yang tidak disebut nama Allah meskipun yang menyembelihnya adalah muslim.
- Tasmiyah adalah (Bismillah).
- Yahudi pernah mendebat Rasul kenapa mereka dilarang memakan hewan yang mati karena Allah, lalu turunlah ayat ini bahwa perkataan mereka menyesatkan agar kita berbuat syirik.122. Allah menjadikan orang-orang kafir memandang baik apa yang mereka kerjakan.
- Allah menjumpai kalbu Rasul adalah sebaik-baiknya kalbu hamba-Nya.
- Allah lebih mengetahui di mana menempatkan tugas kerasulan.
- Membenci arab sama halnya dengan membenci Rasul.125. Barangsiapa dikehendaki Allah maka akan dibukakan hatinya untuk menerima islam, memudahkan jalan, memberinya semangat dan melancarkan memeluknya.
- Lapang dada adalah Allah memberikan cahaya pada kalbu agar manusia bisa mengingat hari ia akan kembali pada alam akhirat, menghindari keduniawian dan mempersiapkan bekal kematian.
- Jika hati sudah disempitkan oleh Allah maka hidayah tidak menemukan jalan masuk ke dalam kalbunya.128. Tidak layak seorang manusia memutuskan apa terhadap Allah sehubungan dengan makhluknya, disurga ataupun di neraka itu adalah urusan Allah.
129. Allah mempertemankan manusia berdasarkan amal perbuatan mereka, mukmin berteman dengan mukmin di mana saja, kapan saja dan sebaliknya.
- Iman bukanlah hanya dengan angan belaka atau sekedar hiasan melainkan harus disertai dengan amal perbuatan.130. Rasul hanya berasal dari kalangan manusia saja, tidak ada rasul dari kalangan jin.
- Kaum jin mengikuti Rasul manusia.131. Allah tidak akan mengazab seseorang sebelum menurunkan Rasul kepadanya.
136. Orang yang berbuat syirik memperuntukkan bagi apa yang telah diciptakan-Nya berupa tanaman, buah-buahan dan sesembelihan binatang ternak.
137. Pada masa jahiliyah, orang-orang membunuh anak-anak mereka karena takut kelaparan, takut miskin dan takut harta mereka menjadi hancur.
139. Ayat tentang Bahirah.
151. Jangan pernah mempersekutukan Allah dengan apapun.
- Allah mengampuni semua dosa kecuali syirik.
- Jangan pernah mempersekutukan Allah dengan sesuatupun sekalipun dibakar, dipotong dan disalib.
- Berbuat baiklah kepada kedua orang ibu bapak.
- Jangan membunuh anak-anak karena miskin atau takut miskin karena Allah akan memberi rezeki padamu dan anak-anakmu, dan karena rezeki anak itu Allah yang menanggung.
- Siapa yang membunuh kafir muahad maka dia tidak dapat mencium bau surga.152. Jangan mendekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat.
- Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar kemampuannya, maksudnya adalah barangsiapa bersungguh-sungguh dalam menunaikan dan menerima haknya, ternyata sesudah ia mengerahkan semua kemampuannya untuk hal tersebut masih juga keliru (Salah) maka tidak ada dosa atas dirinya.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih