61. Laut diciptakan berasa asin agar tidak mencemari udara dengan baunya.
65. Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib kecuali Allah.
76. Sesungguhnya Al-Qur'an ini menjelaskan kepada Bani Israil sebagian besar dari (Perkara-perkara) yang mereka berselisih tentangnya.
- Bani Israil (Pemegang Taurat dan Injil).Al-Qasash (Cerita-cerita)
1. Kisah tentang Firaun.
7. Firaun memerintahkan bidan-bidan memeriksa wanita-wanita Bani Israil, siapa yang hamil maka namanya tercatat, dan kelak saat mereka bersalin tidak boleh ditangani kecuali oleh bidan-bidan Firaun.
- Istri Firaun bernama Asiah binti Muzahim.
- Asiah menjadikan Nabi Musa sebagai anak angkat karena Asiah tidak mempunyai anak dari Firaun.10. Hampir saja ibu Nabi Musa menceritakan rahasia tentang Nabi Musa dengan mengatakan bahwa bayinya telah hilang, karena perasaan rindu terhadap Nabi Musa.
- Ibu Nabi Musa bernama Aminah.
- Perumpamaan orang yang beramal karena mengharap rida Allah dalam amal kebaikannya adalah seperti ibu Nabi Musa, ia menyusui anaknya dan menerima upahnya.20. Seseorang memberi nasihat kepada Nabi Musa untuk meninggalkan Mesir, karena Firaun akan menangkap Nabi Musa dan akan membunuhnya.
25. Mertua Nabi Musa yang bernama Syuaib bukanlah Nabi Syuaib yang kita kenal, kebetulan nama mereka sama.
- Nabi Musa diminta oleh lelaki itu untuk menggembalakan ternak kambingnya, sebagai balasannya, ia akan menikahkan Nabi Musa dengan salah seorang anak perempuannya.
- "Sesungguhnya Nabi Musa menjual jasanya selama 8 ayau 10 tahun denga imbalan pemeliharaan kemaluannya (Kawin) dan kebutuhan makannya.
- Nabi Musa menyempurnakannya menjadi 10 tahun dan menikahi anak Syuaib yang paling muda.33. Nabi Musa sewaktu kecil pernah memakan bara api, oleh karena itu Nabi Musa meminta kepada Allah agar Harun dijadikan sebagai nabi untuk membantunya.
- Nabi Musa pernah membunuh orang Qibty.38. Firaun memerintahkan Haman membakar tanah dan membuatkannya bangunan yang tinggi, (Pintu langit) agar dapat melihat Tuhannya Nabi Musa.
43. Sesudah Taurat diturunkan, tiada lagi suatu umat yang diazab secara menyeluruh, melainkan Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk memerangi musuh-musuh Allah dari kalangan kaum musrik dan untuk menjadi rahmat bagi manusia.
52. Ayat tentang 70 Pendeta yang diutus Raja Najasi menemui Rasul.
56. Abu Thalib menolak seruan Rasul untuk masuk Islam hingga akhir hidupnya.
58. Ummul Qura adalah Mekah.
60. Demi Allah, tiadalah kehidupan di dunia ini dibandingkan dengan kehidupan di akhirat, melainkan sebagaimana seseorang dari kalian mencelupkan jari telunjuknya ke laut, maka hendaknya ia perhatikan apakah yang ia peroleh darinya?
62. Setan berlepas diri dari penyembahan orang-orang musrik.
71. Seandainya siang berlalu sepanjang waktu, niscaya manusia akan bosan dan kelelahan.
76. Qarun adalah termasuk kaum Nabi Musa dan sepupu Nabi Musa.
- Dan berbuat baiklah (Kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, (Al-Qashash: 77).78. Ilmu kimia adalah ilmu reaksi.
81. Aku meminta kepadamu dengan nama Allah yang telah membelah laut dan menyelamatkan kalian dari Firaun, serta yang telah melakukan banyak mukjizat, sudilah kiranya engkau menjelaskan kepadaku tentang penyebab yang mendorongmu berani mengucapkan hal tersebut terhadap diriku.
- Sesungguhnya Allah membagi ahlak diantara kalian sebagaimana Allah membagi rezeki buat kalian, dan sesungguhnya Allah memberi harta kepada orang yang Dia cintai, juga orang yang tidak dicintai-Nya; tetapi Dia tidak memberi iman kecuali hanya kepada orang yang Dia sukai saja.
- Harta benda itu bukanlah merupakan pertanda bahwa Allah rida kepada pemiliknya, karena sesungguhnya Allah memberi dan mencegah, menyempitkan dan melapangkan, dan merendahkan, serta meninggikan, apa yang ditetapkan-Nya hanyalah mengandung hikmah yang sempurna dan hujah yang kuat.Al-Ankabut (Laba-laba)
1. Allah pasti menguji hamba-hamba-Nya yang beriman sesuai dengan kadar imannya masing-masing.
5. Barangsiapa berjihad maka sesungguhnya jihadnya itu untuk dirinya sendiri.
8. Jangan menuruti perintah orang tua yang memaksa kita untuk menyembah selain Allah.
10. Fitnah manusia ialah bila orang yang bersangkutan murtad dari agamanya karena disakiti sebab keimanannya kepada Allah.
12. Barangsiapa yang menyeru kepada jalan petunjuk, maka baginya pahala yang semisal dengan pahala orang yang mengikutinya sampai hari kiamat, tanpa mengurangi pahala mereka barang sedikitpun, dan barangsiapa yang menyeru pada kesesatan, maka baginya dosa yang semisal dengan dosa-dosa orang-orang yang mengikutinya sampai hari kiamat, tanpa mengurangi dosa-dosa mereka barang sedikitpun.
14. Kisah tentang Nabi Nuh.
16. Kisah tentang Nabi Ibrahim.
24. Nabi Ibrahim rela hartanya untuk menjamu tamunya, rela dibakar, rela anaknya disembelih.
- Setelah Nabi Ibrahim meninggalkan kaumnya, maka Allah menyenagkan hatinya dengan memberinya seorang anak yang saleh lagi menjadi seorang nabi, dan seorang cucu yang saleh, juga seorang nabi semasa ia (Nabi Ibrahim) masih hidup.
- Rasul adalah satu-satunya nabi dari kalangan keturunan Nabi Ismail.36. Kisah tentang Nabi Syu'aib.
38. Kisah tentang kaum 'Ad dan kaum Samud.
- Haman adalah patih Firaun, keduanya adalah bangsa Egypt.
- Qarun diazab Allah dengan dibenamkan ke bumi beserta rumah dan hartanya.
- Qarun bersifat sombong, dan mengira dirinya lebih utama daripada orang lain.41. Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah seperti laba-laba yang membuat rumah, dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba, kalau mereka mengetahui.
- Orang yang menyembah Tuhan selain Allah tiada lain seperti orang yang berpegang pada rumah laba-laba, hal itu tidak memberikan suatu manfaatpun kepada dirinya.Ini adalah akhir dari juz 20 ...
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih