Juz 10

4 1 0
                                    

41. Seperlima ghanimah untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan Ibnu Sabil.
- Hari furqan adalah hari bertemunya dua pasukan.
- Ghanimah adalah harta yang diperoleh dari orang-orang kafir melalui peperangan.
- Harta Fa'i adalah harta yang diperoleh dari orang-orang kafir bukan dengan jalan perang.
- Empat perlima ghanimah untuk Mujahidin.
- Setelah Rasul wafat, bagian ghanimah Rasul digunakan untuk keperluan perang, seperti yang diterapkan Khalifah Abu Bakar dan Umar.
- Ibnu Sabil adalah musafir.
- Khumus ghanimah adalah membagi 5 bagian harta rampasan perang.
- Khumus adalah sebagian dari iman.
- Hari furqan adalah perang badar, dipisahkannya perkara yang hak dan yang batil.
- Perang Badar adalah perang pertama yang dialami Rasul.

42. Allah yang mengatur perang badar dan mempertemukan dua pasukan.
- Allah mempertemukan dua pasukan itu tanpa perjanjian.
- Yatsrib adalah Madinah.
- 1 ekor unta bisa dimakan oleh 100 orang.

43. Jumlah pasukan musyrik ditampakkan sedikit oleh Allah pada mimpi dan penglihatan Rasul.
- Allah mengetahui (Pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati (Mukmin: 19).
- Sebuah pendapat mengatakan, dari 1000 pasukan musyrik hanya 100 yang tampak oleh penglihatan pasukan muslim.
- Pasukan muslim ditampakkan dua kali lebih banyak oleh Allah kepada pasukan musyrik.

45. Allah menyukai manusia diam dalam tiga perkara: Saat Al-Qur'an dibacakan, bertempur di medan perang, dan di saat menghadiri jenazah.
- Diwajibkan berzikir saat berperang.
- Sahabat memiliki kedudukan yang tinggi dari pada kalangan umat dan sesudah mereka, karena keberanian dan ketaatan mereka terhadap Allah dan Rasul, mereka mampu meninggikan kalimah Allah, menang di atas semua agama lainnya, dan kerajaan Islam semakin meluas di belahan timur dan barat dalam waktu kurang dari 30 tahun.

47. Iblis lari dari perang badar karena takut melihat pasukan malaikat datang.
- Iblis menyamar sebagai Suraqah ibnu malik.
- Iblis berlepas diri dari orang-orang musyrik, (Ibrahim: 22).
- Orang munafik mekah mengatakan bahwa muslim tertipu oleh agamanya, karena jumlah pasukan muslim sangat sedikit saat berperang.

55. Binatang (Makhluk) yang paling buruk di sisi Allah adalah orang-orang yang kafir, karena mereka tidak beriman.

58. Jika ingin membatalkan perjanjian damai karena mereka melanggarnya, beritahukanlah kepada mereka.
- Allah tidak menyukai penghianat, meskipun muslim berkhianat pada orang kafir.

59. Memelihara harga diri adalah dengan tidak meminta-minta.
- Memanah lebih baik daripada berkuda.
- Barangsiapa menafkahi kuda untuk berjihad di jalan Allah, kebaikannya sama seperti bersedekah tanpa henti.
- Kaum Musyrik pada tahun perjanjian hudaibiyah mengajukan perdamaian selama 9 tahun, dan Rasul menerima usulan mereka.
- Terimalah perjanjian damai sekalipun mereka bermaksud melakukan tipu muslihat dalam perjanjian damai tersebut.

64. Allah meringankan pasukan muslim dengan memansukh ayat, bila jumlah pasukan muslim kurang dari separuh pasukan musuh maka mereka tidak diwajibkan berperang, mereka boleh mundur.

72. Kaum Muhajirin adalah kaum yang meninggalkan kampung halamannya dan harta bendanya demi menolong agama Allah dan Rasul-Nya.
- Kaum Anshar adalah kaum muslim penduduk madinah yang menolong kaum muhajirin dengan memberikan tempat tinggal, harta, serta ikut berperang dengan kaum Muhajirin.

At-Taubah (Pengampunan) Turun sesudah surat Al-Maidah.

1. Surat terakhir yang diturunkan adalah surat At-Taubah.
- At-Taubah tidak diawali dengan basmalah karena para sahabat mengikuti Khalifah Usman, dengan alasan bahwa Khalifah Usman khawatir bahwa surat At-Taubah adalah bagian dari surat Al-Anfal, karena kesamaan kisahnya.
- Saat musim haji setelah perang tabuk, Rasul keberatan berhaji dengan orang-orang musyrik mekah, karena mereka tawaf dengan telanjang, lalu Allah memutuskan hubungan mereka dan memberikan penagguhan selama 4 bulan, setelah 4 bulan kaum muslim boleh memerangi mereka atau mereka mau beriman.

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang