Juz 26

7 1 0
                                    

Al-Ahqaf (Bukit bukit pasir)

1. Berhala-berhala yang mereka puja-puja itu akan mengkhianati mereka di saat-saat mereka sangat memerlukan pertolongannya.

7. Orang-orang kafir berkata bahwa Al-Qur'an adalah buatan Rasul.
- Rasul tidak mengetahui apa yg akan dilakukan terhadap dirinya di dunia.
- Tidak boleh dipastikan terhadap seseorang yang tertentu masuk surga, kecuali dengan adanya nas dari Pentasyri' yang menentukannya, seperti sepuluh orang sahabat yang telah mendapat berita gembira masuk surga tanpa hisab, dan juga seperti Ibnu Salam, Al-Umaisa, Bilal, Suraqah Abdullah ibnu Amr ibnu Haram (orang tua Jabir), dan para ahli qurra yang berjumlah tujuh puluh orang yang gugur di sumur Ma'unah dan Zaid ibnu Harisah, Ja'far, dan Abdullah ibnu Rawwahah serta para sahabat lainnya.

10. Orang-orang kafir berkata bahwa Al-Qur'an dikutip dari orang-orang terdahulu.
- Al-Qur'an itu mengandung peringatan buat orang-orang kafir dan berita gembira buat orang-orang mukmin.

15. Ummu sa'd tidak mau makan dan minum sebelum sa'd kafir kepada Allah.
- Masa mengandung yang paling pendek ialah enam bulan.
- Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, (Al-Ahqaf: 15). berarti menyusui 24 bulan secara penuh dan hamil 6 bulan.
- Apabila seorang wanita melahirkan bayi setelah sembilan bulan, maka cukuplah baginya menyusui bayinya selama dua puluh satu bulan. Apabila dia melahirkan bayinya setelah tujuh bulan, maka cukup baginya dua puluh tiga bulan menyusui anaknya, dan apabila ia melahirkan bayinya setelah enam bulan maka masa menyusui bayinya adalah genap dua tahun, karena Allah  telah berfirman: Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan. (Al-Ahqaf: 15).
- Biasanya seseorang tidak berubah lagi dari kebiasaan yang dilakukannya bila mencapai usia empat puluh tahun.

17. Telah banyak manusia yang telah mati dan ternyata tiada seorang pun dari mereka yang kembali.

21. Nabi Hud diutus kepada kaum 'Ad yang pertama, mereka bertempat tinggal di bukit-bukit pasir.
- ketika kaum 'Ad melihat azab itu datang kepada mereka, mereka mengira bahwa itu adalah awan yang menurunkan hujan kepada mereka.
- Apabila Rasul melihat mendung atau angin yang besar, maka terlihat ada perubahan pada roman muka beliau.

29. Rasul tidak pernah membacakan Al-Qur'an kepada Jin dan tidak pula Beliau melihatnya.
- Ya Allah, sesungguhnya aku mengadu kepada Engkau lemahnya kekuatanku dan minimnya upayaku serta kecilnya diriku di mata orang lain, (musyrik Mekah). Wahai Yang Maha Pemurah di antara para pemurah, Engkaulah Tuhannya orang-orang yang lemah, Engkaulah Tuhanku, lalu kepada siapakah Engkau serahkan diriku? Apakah kepada musuh yang jauh yang kelak akan menghinaku, ataukah kepada teman yang dekat yang Engkau serahkan urusanku kepadanya? Jika Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli, tetapi pemaafan-Mu lebih luas bagiku. Aku berlindung kepada cahaya Zat-Mu yang menerangi semua kegelapan dan dapat memperbaiki urusan dunia dan akhirat, Janganlah Engkau turunkan murka-Mu kepadaku atau Engkau timpakan kepadaku murka-Mu, dan hanya kepada Engkaulah memohon rida hingga Engkau rida, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu.
- Ayat tentang pertemuan Rasul dengan delegasi Jin.
- Rasul pernah berwudhu dengan perasan anggur.
- Petunjuk adalah ilmu yang bermanfaat dan agama yang benar artinya amal yang saleh.
- Rasul diutus kepada manusia dan Jin.

33. Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar (Al-Ahqaf: 35).

Muhammad

1. Amalan orang-orang kafir dihapuskan oleh Allah sedangkan amalan orang-muslim diperbaiki oleh Allah.

4. Allah bisa saja membinasakan orang-orang kafir, namun Allah hendak menguji sebagian manusia dengan sebagian yang lain.
- Ayat tentang membela agama Allah.
- Tidak patut bagi seorang nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat melumpuhkan musuhnya di muka bumi. Kamu menghendaki harta duniawiyah, sedangkan Allah menghendaki (Pahala) akhirat (Untukmu). Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Kalau sekiranya tidak ada ketetapan yang telah berlalu dari Allah, niscaya kamu ditimpa siksaan yang besar karena tebusan yang kamu terima, (Al-Anfal: 67-68).
- Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar, (Ali Imran: 142).
- Diampuni bagi seorang yang mati syahid segala sesuatunya, kecuali masalah utang.
- Orang yang mati syahid kelak dapat memberikan syafaat kepada 70 keluarganya.
- Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (Agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu, (Muhammad: 7).

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang