Juz 22

4 1 0
                                    

31. Istri Nabi yang taat kepada Allah dan Rasul serta salih mendapat pahala dua kali lipat.

32. Istri Nabi tidak boleh berkata lembut jika berbicara pada laki-laki.
- At-Tabarruj artinya menggunakan kain kerudung tanpa mengikatnya, kalau diikat dapat menutupi kalung dan anting-antingnya serta lehernya, jika tidak diikat maka semua itu dapat kelihatan.

35. Tidaklah seseorang berbuat zina, saat melakukannya dia sedang dalam keadaan beriman.
- Sedekah itu dapat menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.
- Puasa adalah zakat badan.
- Puasa juga merupakan sarana yang ampuh untuk meredam nafsu birahi.
- Apabila seorang laki-laki membangunkan istrinya di malam hari, lalu keduanya melakukan salat dua rakaat, maka keduanya di malam itu termasuk laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (Nama) Allah.

36. (Al-Ahzab: 37) diturunkan berkenaan dengan peristiwa Zainab binti Jahsy dan Zaid ibnu Harisah r.a.
- Dan kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedangkan Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti.
- Setelah Zaid menceraikan Zainab maka Allah memerintahkan Rasul untuk menikahi Zainab, yang menikahkan Rasul dengan Zainab adalah Allah secara langsung, dengan kata lain, Allah menurunkan wahyu kepada Rasul dan memerintahkannya menikahi Zainab tanpa wali, tanpa akad, tanpa mahar, dan tanpa saksi manusia, melainkan semuanya ditangani oleh Allah.
- Istri anak angkat bukanlah mahram.

39. Jangan sekali-kali seseorang diantara kalian menghina diri sendiri bila ia melihat perintah Allah yang memerlukan pembelaanya, kemudian ia tidak membelanya, maka Allah bertanya, "Apakah yang mencegahmu untuk tidak membelanya?" Lalu ia mengatakan, "Ya Tuhanku, aku takut kepada manusia", maka Allah berfirman, "Akulah seharusnya yang lebih ditakuti".

49. Wanita yang diceraikan sebelum digauli, tidak ada iddah baginya, ia boleh segera menikah lagi.
- Tidak ada talak sebelum nikah.
- Wanita yang ditinggal mati suami sebelum digauli, dia tetap wajib menjalani masa iddah 4 bulan 10 hari.
- Mut'ah adalah uang pesangon.
- Khusus bagi Rasul, Rasul boleh menikahi seorang wanita tanpa mahar bila wanita tersebut menyerahkan dirinya kepada Rasul untuk dinikahi.
- Rasul belum pernah menerima seorangpun dari wanita-wanita yang menyerahkan dirinya kepada Rasul untuk dinikahi.

52. Rasul pernah menceraikan Hafsah (Anak perempuan Umar) kemudian Beliau merujuknya.

53. Jika diundang dalam sebuah jamuan malam, datanglah dan pulanglah setelah selesai makan, tanpa memperpanjang obrolan, agar tidak mengganggu tuan rumah.

56. Apabila hendak berdoa, hendaklah ia memulainya dengan mengangungkan Allah, dan memuji-Nya, lalu bacalah salawat untuk Rasul, kemudian sesudahnya hendaklah ia memanjatkan doa yang disukainya.

57. Riba yang paling berat di sisi Allah ialah menghalalkan kehormatan seorang muslim.

59. Ayat tentang hijab.
- Budak yang telah menikah dimakruhkan memakai jilbab, mereka hanya diperbolehkan memakai kerudung.
- jilbab adalah kain penutup kerudung.
- Perintah mengenakan jilbab agar mudah untuk dikenal adalah agar mudah dikenal sebagai wanita-wanita yang merdeka, bukan budak, bukan pula wanita tuna-susila.
- dahulu, kaum lelaki yang fasik dari kalangan penduduk Madinah gemar keluar di malam hari bilamana hari telah gelap, mereka gentayangan di jalan-jalan Madinah dan suka mengganggu wanita yang keluar malam.

63. Telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (Datang)nya, (An-Nahl:1).

69. Nabi Musa adalah seorang yang pemalu dan selalu berpakaian tertutup, Allah membersihkan nama Nabi Musa dari tuduhan Bani Israil yang mengatakan bahwa Nabi Musa selalu berpakaian tertutup karena mempunyai penyakit kulit, saat Nabi Musa sedang mandi dan meletakkan pakaiannya di atas sebuah batu, maka batu itu membawa lari baju Nabi Musa hingga di depan majelis Bani Israil, dan Bani Israil melihat tubuh Nabi Musa yang sempurna tanpa penyakit.

72. Nabi Adam menerima tawaran untuk menerima amanat yang ditolak langit, bumi, dan gunung agar menunaikan fardhu-fardhu dengan konsekuensi bila dilakukan dengan baik maka akan memperoleh pahala surga, dan bila sebaliknya, maka akan mendapatkan siksa neraka.

Saba (Kaum Saba)

1. Allah mengetahui hujan yang turun dari langit dan rezeki, dan mengetahui pula amal-amal saleh dan lain-lainnya yang naik ke langit.

10. Allah melunakkan besi untuk Nabi Daud hingga Nabi Daud tidak perlu memasukkan besi itu ke dalam tungku atau membentuknya dengan palu, Nabi Daud hanya perlu memintalnya dengan tangannya.
- Nabi Daud adalah yang mula-mula membuat baju besi dengan dianyam, sebelum itu baju besi hanya berupa lempengan-lempengan.
- Nabi Daud adalah seorang nabi sekaligus rasul dan raja Bani Israil.

12. Nabi Sulaiman dapat menempuh perjalanan dengan permadaninya karena Allah telah menundukkan angin baginya.
- Salat, puasa, serta semua amal kebaikan karena Allah merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah, dan syukur yang paling utama adalah membaca Hamdallah.

15. Saba adalah nama raja-raja negeri Yaman dan juga nama penduduknya.
- Balqis termasuk salah satu raja-raja negeri Yaman.
- Negeri Saba diazab Allah dengan banjir besar.

18. Allah memberikan rezeki yang luar biasa kepada negeri Saba.

31. Orang-orang kafir berkata tak akan beriman kepada Al-Qur'an dan Kitab-kitab sebelumnya.

34. Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (Pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun; tetapi orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda, disebabkan apa yang telah mereka kerjakan.
- Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri pembesar-pembesar yang jahat agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu, (Al-An'am: 123).

43. Allah belum pernah menurunka suatu kitabpun kepada bangsa Arab sebelum Al-Qur'an, dan belum pula mengutus seorang nabi kepada mereka sebelum Rasul.

47. "Aku akan menjawab menurut pendapatku sendiri, jika benar, berarti dari sisi Allah dan jika keliru maka dari sisiku dan dari setan, sedangkan Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari pendapatku yang keliru itu.

Fathir (Pencipta)

3. Allah memberi rezeki dari langit dan bumi, mengapa manusia masih berpaling dari ketauhidan.

9. Semua tubuh anak Adam hancur kecuali tulang ekornya, dan dari tulang itu dia diciptakan, dan dari tulang itu dia dibangkitkan.
- Amal yang saleh mengangkat kalimah-kalimah yang baik.
- Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu melainkan Allah akan menampakkannya melalui roman mukanya, dan keterlanjuran lisannya.
- Allah tidak akan menangguhkan ajal seseorang apabila telah tiba masanya, dan sesungguhnya penambahan umur itu hanya melalui keturunan yang saleh, yang dianugerahkan kepada seseorang, maka mereka mendoakan baginya sesudah ia tiada, sehingga doa mereka sampai kepadanya di dalam kuburnya, yang demikianlah pengertian penambahan umur.

12. Perhiasan dari laut adalah mutiara dan marjan.

14. Sesembahan selain Allah itu adalah benda mati yang tak bernyawa, mereka tidak dapat mendengar dan memperkenankan permintaanya.

15. Sesungguhnya yang mau menerima apa yang disampaikan olehmu hanyalah orang-orang yang mempunyai akal dan pandangan hati lagi takut kepada Tuhannya, dan mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka.

27. Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hamba-Nya hanyalah Ulama.
- Semakin sempurna pengetahuan seseorang tentang Allah, semakin sempurna pula ketakutannya kepada Allah.

32. Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, Allah akan membawanya menempuh suatu jalan menuju ke surga.

36. Ahli neraka tidak mati tidak pula hidup.

40. Berhala tidak mempunyai saham dalam penciptaan langit dan bumi.

Yasin

1. Belum pernah datang pemberi peringatan kepada orang-orang Arab sebelum Rasul.

8. Rasul membawa risalah tentang kabar gembira dari Allah berupa ampunan dan pahala.

ini adalah akhir dari juz 22 ...

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang