Juz 21

9 1 0
                                    

45. Salat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.
- Salat mempunyai keutamaan daripada ibadah yang lain.
- Setiap salat yang tidak mengandung salah satu dari ketiga pekerti ini tidak dinamakan salat, yaitu: Ikhlas, khusuk, dzikrullah (Mengingat Allah).
- Ingatan Allah kepada kita jauh lebih besar daripada ingatan kita kepada Allah.

46. Jangan berdebat dengan Ahli Kitab kecuali dengan cara yang lebih baik, sebagian Ulama berpendapat bahwa ayat ini telah dimansukh oleh ayatus saif (Ayat pedang), tidak ada perdebatan lagi kecuali masuk islam, membayat jizyah, atau perang, sebagian Ulama yang lain mengatakan bahwa ayat ini tetap muhkam.
- Apabila Ahli Kitab berbicara kepadamu, janganlah kamu membenarkannya dan jangan pula mendustakannya, tetapi katakanlah "Kami beriman kepada Allah dan kitab-kitab-Nya serta Rasul-rasul-Nya, karena jika itu benar, berarti kalian tidak mendustakannya; dan jika itu batil berarti kalian tidak mendustakannya.
- Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, (Al-Qamar: 17, 22, 32, 40).

Ar-Rum (Bangsa Romawi)

1. Raja Persia berhasil mengalahkan Raja Romawi.
- Kaum musrik senang bila Bangsa Persia menang, karena mereka adalah penyembah berhala, sedangkan kaum muslim senang bila Bangsa Romawi menang, karena mereka adalah Ahli Kitab.

17. Bertasbihlah kepada Allah pada pagi dan malam hari.

22. Ya Allah, semua bintang telah tenggelam dan semua mata telah tertidur, sedangkan Engkau Maha Hidup dan Maha mengatur semua mahluk-Nya, wahai Yang Maha Hidup dan Maha mengatur segala mahluk-Nya, tidurkanlah mataku dan tenangkanlah diriku malam ini.
- Allah memperlihatkan kilat untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, takut badai atau mengharap hujan yang diperlukan.

30. Semua anak dilahirkan atas dasar fitrah, sehingga lisannya dapat mengutarakan keinginan dirinya, apabila lisannya telah dapat mengungkapkan kemauan dirinya, maka ada kalanya ia menjadi orang yang bersyukur  (Islam) dan ada kalanya ia menjadi orang yang pengingkar (Kafir).

33. Sesungguhnya menakjubkan orang muslim itu, tidak sekali-kali Allah menetapkan suatu takdir baginya melainkan hal itu baik baginya, jika ia mendapatkan kesenangan, ia bersyukur; dan bersyukur itu adalah baik baginya, dan jika tertimpa musibah, ia bersabar; dan bersabar itu adalah baik baginya.

38. Ayat tentang Riba.
- Barangsiapa yang memberi orang lain dengan tujuan agar orang itu balas memberinya dengan lebih banyak daripada apa yang ia berikan kepadanya, maka perbuatan seperti itu tidak ada pahalanya di sisi Allah bagi yang bersangkutan.
- Tidaklah seseorang menyedekahkan sesuatu yang semisal dengan sebiji kurma dari hasil yang halal, melainkan Tuhan Yang Maha Pemurah menerimanya dengan tangan kanan-Nya, lalu mengembangkannya buat pemiliknya, sebagaimana seseorang diantara kalian memelihara anak kudanya, atau anak untanya, hingga sebiji kurma itu lebih besar daripada Bukit Uhud.

41. Jizyah adalah upeti.
- Kelak Nabi Isa akan membunuh semua babi, semua salib akan dipecahkan, dan jizyah (Upeti) Ia hapuskan, agar Allah menurunkan berkah dari langit dan bumi.

48. Angin ada 8 macam; 4 diantaranya mengandung rahmat dan 4 lainnya mengandung azab.

52. Keselamatan semoga terlimpahkan kepada kalian, wahai ahli kubur dari kalangan orang-orang mukmin, dan sesungguhnya kami InsyaAllah akan menyusul kalian, semoga Allah merahmati orang-orang terdahulu dan yang terkemudian diantara kami dan kalian, kami memohon kepada Allah buat kami dan kalian atas keselamatan.

54. Orang-orang berdosa di dalam kubur bersumpah dengan nama Allah, bahwasannya mereka tinggal di dunia hanya sebentar saja, ucapan itu adalah kebodohan dan alasan mereka agar mengesankan bahwa mereka tidak diberi kesempatan waktu.

Luqman (Keluarga Luqman)

6. Ayat tentang nyanyian dan musik.

13. Kebanyakan Ulama mengatakan bahwa Lukmanul Hakim adalah seorang hamba yang salih, bukan nabi.
- Luqman adalah seorang budak berkulit hitam, berbibir tebal, dan bertelapak kaki lebar.
- Luqman menasehati anaknya agar menyembah Allah semata.
- Hikmah adalah pengetahuan tentang agama Islam.
- Masa penyusuan yang paling minim adalah 6 bulan.

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang