92. Menafkahkan harta yang dicintai adalah jalan menuju kebaikan yang sempurna.
93. Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil, kecuali apa yang Yakub haramkan pada dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan.
- Makanan dan minuman yang diharamkan Yakub untuk dirinya adalah daging dan susu onta.
- Di masa Nabi Yakub, menggabungkan dua orang saudara perempuan dalam satu perkawinan itu diperbolehkan, kemudian diharamkan dalam Taurat.96. Baitullah pertama adalah Ka'bah, ia diberkahi sejak awal pembangunan.
- Maqom ibrahim awalnya menempel di Ka'bah, lalu pada masa umar dipindahkan agar orang-orang tidak berdesak-desakan saat tawaf dan salat.
- Seseorang tidak akan mampu berhaji tiap tahun.
- As-sabil adalah bekal dan kendaraan adalah syarat utama dalam berhaji.
- Barang siapa niat berhaji, maka kerjakanlah segera.
- Orang yang tidak segera berhaji meskipun mampu, maka sama seperti Yahudi dan Nasrani.100. Jangan pernah percaya dengan Yahudi dan Nasrani, karena mereka sebenarnya dengki dengan kaum muslim.
- Kaum yang dikagumi adalah kaum yang tidak bersama Nabi dan Rasul, namun mereka beriman kepada Allah, Rasul dan Al-Qur'an.102. Jangan enggan membela Allah hanya karena celaan, tegakkanlah keadilan sekalipun itu terhadap diri kalian sendiri, orang tua dan anak-anak kalian.
- Barangsiapa mati dalam keadaan berpegang dalam suatu hal, maka kelak ia akan dibangkitkan dalam keadaan tersebut.
- Zaqqum adalah makanan penghuni neraka.
- Al-Qur'an adalah tali Allah yang menjulur dari langit ke bumi.
- Allah tidak suka dengan orang yang banyak bertanya, berdebat dan menghambur-hamburkan harta.
- Pada Jaman jahiliyyah kabilah Aus dan Khazraj selalu berperang, saat Islam datang mereka bersaudara berkat keagungan Allah.
- Allah mempersatukan hati orang-orang muslim.104. Salah satu faktor tidak diperkenankannya doa adalah tidak mengajak pada kebajikan dan tidak melarang kemungkaran.
- Ahli kitab terpecah menjadi 72 golongan, dan Islam terpecah menjadi 73 golongan.110. Umat Rasulullah adalah sebaik-baiknya umat.
- Rasulullah adalah makhluk Allah yang paling mulia dan Rasul yang paling dimuliakan di sisi Allah.
- Rasulullah dijanjikan Allah bisa masukkan surga dengan syafaatnya 70.000 orang tanpa hisab dan tiap orang disertai dengan 70.000 orang lainnya.
- Umat Rasulullah adalah umat pertama yang akan masuk surga.113. Perumpamaan amalan yahudi dan nasrani adalah seperti angin yang mengandung hawa dingin, seperti halnya kafir, saat mereka butuh pertolongan pahala di akhirat, tapi amalan mereka terhapus.
118. Jangan menceritakan hal pribadi atau mengambil teman dekat seorang non-muslim.
- Tidak boleh meminta saran pada orang yang musyrik.
- Tidak boleh membuat stempel dengan nama Rasul.
- Muslim lebih berhak membenci musyrikin ahli kitab, karena muslim beriman dengan kitab mereka sedangkan mereka sebaliknya.121. Tidak layak bagi seorang nabi bila telah memakai baju besinya mundur dalam perang, sebelum Allah memberikan keputusan baginya.
- Perang Badar adalah hari pemisah antara kebenaran dan kebatilan, pasukan muslim berjumlah 313 personil, sedangkan pasukan musuh berjumlah 1000 personil.
- Badar adalah nama tempat di antara Mekah dan Madinah, dikenal dengan sumurnya, badar Ibnu narain adalah penggali sumur tersebut.124. Para malaikat ikut berperang hanya dalam Perang Badar.
- Tanda malaikat saat Perang Badar adalah kain bulu pada ubun-ubun kuda mereka.
- Allah memerintahkan berjihad karena keutamaan hikmah dari Allah untuk kita.
- Rasul pernah berdoa untuk kecelakaan orang musyrik, lantas Allah berkata bahwa tidak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu.130. Anjuran untuk menahan emosi.
- Orang kuat bukanlah orang yang jago gulat, melainkan orang yang bisa menahan amarahnya.
- Marah menghimpun semua perbuatan jahat.
- Setan membinasakan kita dengan dosa, hawa nafsu bahwa kita memperoleh petunjuk.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih