Juz 11

2 1 0
                                    

94. Fasik adalah keluar, tikus dinamai hewan fasik karena keluar dari liangnya untuk menimbulkan kerusakan.
- Fasik adalah menyimpang dari jalan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.

97. Di antara orang-orang Badui terdapat orang-orang yang kemunafikannya lebih dominan.

101. Jangan sekali-kali menyingkap rahasia peribadi seseorang.
- Di Madinah pun terdapat orang-orang munafik.

102. Orang yang mencampur-baurkan amalan baik dan buruk dan mengakui dosa-dosa mereka adalah orang-orang yang masih berada di bawah pemaafan dan pengampunan Allah.

103. Arab Badui enggan membayar zakat setelah rasul wafat, karena mereka berkeyakinan bahwa zakat hanya boleh dikelola oleh rasul, namun khalilfah Abu Bakar menindak tegas pemahaman mereka yang rusak tersebut.

105. Amal perbuatan kita akan ditampakkan pada kerabat kita yang sudah meninggal.
- Jika Allah menghendaki, Allah akan memberi taufik (Bimbingan pada seseorang).

106. Allah maha tahu terhadap orang-orang yang berhak menerima siksaan atau pemaafan.

107. Rasul dilarang salat di dalam masjid dirar yang didirikan oleh orang-orang zalim, dan Allah memerintahkan rasul untuk membakar dan merobohkannya.
- Melakukan salat di masjid Quba sama pahalanya dengan melaksanakan umrah.
- Masjid Quba adalah masjid yang didirikan atas dasar takwa.
- Allah memuji penduduk Quba karena mereka bersuci dengan menggunakan air.

111. Allah membeli dengan hamba-hamba-Nya yang beriman diri dan harta benda mereka yang telah mereka korbankan di jalan Allah dengan surga.

112. Salah satu amalan yang utama adalah berpuasa karena meninggalkan kelezatan makanan, minuman dan bersenggama.

113. Tidak sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang beriman memintakan ampun bagi orang yang mati dalam keadaan musrik.
- Allah menolak syafaat rasul untuk ibunya.
- Permintaan ampunan dari Ibrahim untuk ayahnya semata-mata karena janji yang telah nabi Ibrahim ikrarkan.
- Nabi Ibrahim adalah seseorang yang sangat lembut hatinya dan penyantun.
- Habsyah adalah Etiopia.
- Setelah tampak jelas kemusrikan ayahnya, Nabi Ibrahim berlepas diri dari memohonkan ampunan untuk ayahnya.

115. Maksiat dan taat itu hanyalah berdasarkan pada perintah dan larangan.
- Orang yang melakukan hal yang diperbolehkan bukan berarti taat.

117. Dusta itu tidak layak dilakukan baik dalam keadaan sungguh-sungguh maupun senda-gurau.
- 3 orang ditangguhkan taubatnya oleh Allah karena mereka absen dalam perang tanpa uzur, mereka dihukum diasingkan selama 50 hari dan setelah itu Allah menerima taubat mereka.

122. At-Taubah 42 dimansukh oleh ayat ini.
- Pasukan perang hendaknya perwakilan dari tiap-tiap kabilah.

123. Allah memerintahka Rasul untuk memerangi kaum kafir dari daerah terdekat yakni Jazirah Arab, lalu Roma karena penduduk Roma adalah Yahudi, dan karena mereka lebih utama untuk mendapatkan dakwah.
- Rasul wafat 81 hari setelah haji wada'.
- Abu Bakar memerangi Romawi yang menyembah salib dan Persia yang menyembah api.

126. Setiap tahun orang-orang munafik diuji oleh Allah , apakah dengan ujian itu mereka mau beriman.

128. Ajaran Islam itu mudah dikerjakan bagi orang yang dimudahkan oleh Allah untuk mengerjakannya.
- Semua pesan Allah telah Rasul sampaikan secara sempurna.

Yunus

1. Orang-orang kafir heran mengapa Rasul diutus dari golongan manusia.

11. Jangan berdoa tentang keburukan, karena Allah juga akan mengabulkannya.

12. Allah mencela orang dengan watak apabila mereka sedang susah memohon dengan sungguh-sungguh, namun bila bahaya itu Allah hilangkan, mereka kembali pada kesesatan mereka, mereka seakan-akan lupa dengan doa mereka yang dulu.

15. Kaum musrik Mekkah menolak Al-Qur'an dan meminta didatangkan kitab yang lain karena keingkaran mereka.
- Kesaksian yang diutarakan musuh mengandung nilai lebih yang tersendiri.

17. Rasul dan nabi palsu sangat mempunyai ciri yang berbeda dari segi penampilan, ahlak, ucapan, dan perbuatan.
- Orang yang paling dimurkai Allah adalah seseorang yang membunuh Nabi atau dibunuh oleh Nabi.

18. Jarak masa antara nabi Adam hingga Nabi Nuh adalah 10 generasi, semuanya memeluk agama islam, lalu terjadilah perselisihan dikalangan manusia, maka berhala-berhala dan sekutu-sekutu Allah mulai disembah, kemudian Allah mengutus Rasul dengan membawa ayat-ayat-Nya agar orang-orang yang binasa itu binasa dengan keterangan yang nyata   dan agar yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata.

20. Rasul memiliki mukjizat membelah bulan.

21. Bencana kezaliman akan menimpa kita sendiri.
- Zina adalah kesenangan dalam kehidupan yang rendah lagi hina.

24. Watak dunia adalah selalu lari dari orang yang memburunya dan selalu memburu orang yang menghindarinya.

26. Tambahan nikmat di surga adalah dibukanya hijab antara penghuni surga dengan Allah hingga penghuni surga bisa melihat Allah.
- Pahala terbaik adalah surga, tambahannya adalah memandang kepada Dzat Allah.

28. Di padang mahsyar, tiap-tiap diri akan merasakan pembalasan dari apa yang telah dikerjakannya dahulu.
- Padang mahsyar adalah tempat berhenti menjalani hisab hari kiamat, setiap diri diuji dan mengetahui semua amal perbuatan yang pernah dikerjakannya dahulu.

37. Orang-orang kafir mendustakan Al-Qur'an sebelum mengetahuinya dengan sempurna, tidak memahaminya dan tidak mau mengenalnya.

45. Di padang mahsyar, orang-orang saling mengenal namun mereka sibuk dengan urusannya masing-masing.

48. Allah tidak akan menangguhkan kematian seseorang bila telah datang ajalnya.

57. Al-Qur'an adalah obat untuk kebimbangan dan keraguan.

59. Ada 3 golongan manusia yang berbuat baik: Karena mengharapkan surga, karena takut neraka, dan karena mengharap ridha Allah.

62. Setiap orang yang bertakwa adalah wali Allah.
- Wali Allah adalah orang yang ketika terbesit riya' di hatinya, ia segera mengingat Allah.

71. Perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang telah diberi peringatan.
- Islam adalah agama semua Nabi dari pertama hingga terakhir, meskipun syariatnya berbeda-beda dan sumbernya bermacam-macam.

75. Kisah Nabi Musa sering disebutkan dalam Al-Qur'an karena merupakan kisah yang menakjubkan.

79. Surat Yunus ayat 81-82 adalah ayat untuk menangkal sihir.

83. Yang beriman kepada Allah dari kaum Firaun hanya sebagian kecil dari pemuda, istri dan keluarga Firaun serta bendahara dan istrinya.
- Qarun berasal dari kaum Nabi Musa, namun ia berbuat aniaya terhadap kaumnya, memihak Firaun dan bersahabat dengannya.

87. Apabila Rasul ditimpa musibah, Beliau selalu salat.
- Allah memerintahkan Bani Israil beribadah di dalam rumah mereka karena mereka takut dengan Firaun.

88. Nabi Musa berdoa agar Firaun dibinasakan dan Harun mengamininya, ini merupakan dalil mengamini bacaan imam.

90. Allah menyelamatkan badan Firaun agar bisa digunakan sebagai pelajaran bagi umat setelahnya.
- Jumlah Bani Israil yang diselamatkan Allah sekitar 60.000 orang.
- Malaikat Jibril merayu kuda Firaun dan bala tentaranya untuk ikut menyebrang.
- Sebagian kalangan Bani Israil ragu dengan kematian Firaun, maka Allah menyelamatkan tubuh Firaun lengkap dengan baju besinya.
- Firaun mati pada hari Asyura, dan orang-orang Yahudi berpuasa pada hari itu atas kemenangan Nabi Musa terhadap Firaun.

98. Umat Nabi Yunus (Penduduk negeri Nainawi) yang berjumlah 100.000 orang lebih, seluruhnya beriman kepada Allah karena takut akan azab Allah, juga karena mereka kehilangan nabi mereka dan mengira azab akan segera tiba, mereka semuanya bertaubat kepada Allah selama 40 hari (Kisah lengkapnya ada di tafsir surat As-Shafat).

99. Hanya Allah yang mengetahui hikmah dari semua yang dilakukan-Nya.

101. Menjadi kewajiban Allah menyelamatkan orang-orang yang beriman.

104. Kebaikan dan keburukan serta manfaat dan mudzarat itu hanyalah bersumber dari Allah semata.

Hud

Rasul dibuat beruban (Susah) oleh surat Hud, Waqiah, Mursalat, An-Naba', At-Takwir.

Ini adalah akhir dari juz 11 ...

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang