- Rasulullah shalat menghadap Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan.
- Banyak laki-laki yang meninggal saat salat menghadap Baitul Maqdis, maka Allah tidak akan menyia-nyiakan yang meninggal itu.
- Rasulullah dan umat Rasulullah akan menjadi saksi pada nabi lain di akhirat, apakah risalah Islam sudah disampaikan atau belum.
- Pemindahan kiblat bertujuan untuk mengetahui mana umat yang patuh dan mana umat yang membelot.144. Saat Rasulullah hijrah ke Madinah, mayoritas penduduk madinah adalah yahudi, maka Allah memerintahkan kiblat berada di Baitul Maqdis. Lalu Rasulullah menengadah ke langit menunggu wahyu pemindahan kiblat lagi, dan Allah memindahkan kiblat ke Baitullah.
- Boleh menghadap ke arah mana saja saat sholat dalam kendaraan, tapi hati harus ke Baitullah.
- Sholat menghadap ke arah depan, bukan ke arahbawah, karena kita diperintahkan menghadap wajah ke baitullah.
145. Yahudi dan nasrani tidak akan mengikuti kiblat Allah.
146. Yahudi dan nasrani mengenal Rasululloh seperti mengenal anak-anaknya sendiri, karena Rasul sudah dikabarkan pada kitab mereka, namun mereka menyembunyikan sifat-sifat Rasul pada kitab mereka.
148. Tiap umat atau agama mempunyai kiblat sendiri-sendiri dan yang utama adalah Baitullah.
151. Rasul adalah salah satu nikmat Allah.
- Allah mengingat kita jauh lebih banyak daripada kita mengingat Allah.
- Jika kita bersyukur, Allah pasti akan menambah nikmat kepada kita.153. Saat Rasul mendapat cobaan, Beliau salat.
- Sabar ada dua macam: 1. Sabar dalam meninggalkan dosa, 2. Sabar dalam mengerjakan kebaikan.
- Orang-orang yang mati syahid, di alam barzakh dalam keadaan hidup, mereka diberi rezeki oleh Allah.
- Roh orang-orang mukmin itu merupakan burung yang hinggap di pepohonan surga. Hingga Allah mengembalikannya ke jasadnya pada hari dia dibangkitkan, semua muslim terkhusus syuhada.155. Allah pasti akan menimpakan cobaan kepada hamba-hambanya untuk melatih dan menguji mereka.
158. Safa dan marwah merupakan syiar Allah.
159. Hukum menyembunyikan ilmu adalah di sumbat di hari kiamat dengan tali kendali dari api neraka (ahli kitab).
163. Allah maha esa.
164. Allah menundukkan laut agar nelayan bisa mencari ikan atau jalur transportasi bolak-balik.
- Dan tak ada binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberi rizkinya (hud:6).
- Awan dikendalikan oleh Allah.
- Tidak perlu bukti akan keagungan Allah. Bumi dan langit ini adalah bukti yang nyata.165. Malaikat dan Jin berlepas diri dari dijadikannya mereka sebagai tandingan Allah.
- Setan pun tak mau bertanggung jawab dan menyalahkan manusia kenapa mereka mau dirayu.
- Amalan orang kafir seperti abu yang ditiup angin kencang.
- Amalan orang kafir seperti fatamorgana.168. Makanan yang halal dapat memperkenankan doa.
- Doa tertolak selama 40 hari jika makan makanan yang haram.
- Sumpah atau nazar saat emosi termasuk langkah-langkah setan.
- Mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui adalah langkah setan.170. Tidak boleh mengikuti nenek moyang yang tidak tahu ajaran Allah.
- Seperti instruksi penggembala yang menggunakan kode, hewan tidak tahu perkataannya.172. Bangkai adalah hewan yang menemui ajalnya tanpa melalui proses penyembelihan.
- Air laut itu suci dan bangkai hewan laut adalah halal.
- Bangkai ikan, belalang, hati dan limpa adalah halal.
- Halal dan haram yang tidak ada hukum dalam Quran dimaafkan.
- Boleh mencuri makanan orang lain dalam keadaan terpaksa, asal tidak disimpan dan tidak lebih dari 3 suap.
- Memakan bangkai dalam keadaan terpaksa adalah keharusan atau bukan rukshah.
- Atau berbuka bagi yang sakit.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU SAKU
SpiritualCatatan ini adalah rangkuman saya dari Tasir Ibnu Katsir (Lengkap). Anda bisa menggunakannya sebagai ikhtisar. Terima kasih