Juz 19

8 1 0
                                    

21. Malaikat menampakkan diri pada manusia saat hari kematian dan hari kebangkitan.
- Orang-orang arab di masa dahulu bila seseorang dari mereka mengalami musibah atau kesengsaraan, ia mengatakan "Hijran mahjura".
- Hijran mahjura artinya memohon perlindungan, yang mengatakannya adalah malaikat, hanya Allah lah yang mengetahui maksud sebenarnya.

35. Penduduk Rass, penduduk salah satu dari kota kaum samud yang dibinasakan Allah, karena memasukkan nabi mereka ke dalam sumur.
- Barangsiapa yang mendustakan salah seorang Rasul Allah, berarti ia mendustakan semua Rasul.

45. Allah lah yang memanjangkan dan memendekkan bayang-bayang.

48. Angin adalah sebagai kabar gembira.
- Allah mempergilirkan hujan sebagai pelajaran bagi manusia.

51. Semua laut diciptakan oleh Allah berair asin agar tidak menimbulkan pencemaran udara yang akhirnya akan merusak lingkungan, juga agar bumi (Pantai) tidak berbau busuk karena hewan-hewan yang mati di dalam laut, mengingat air laut asin, maka udaranya segar dan bangkai hewannya halal.

61. Ibnu Katsir berpendapat bahwa bulan itu bersinar dan bukan pantulan matahari, (Nuh: 15-16).

63. Hamba Allah adalah mereka yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati, dan berjalan dengan tenang, tidak terburu-buru.
- Sesungguhnya perbuatan zina itu permulaannya adalah takut, sedangkan akhirnya adalah penyesalan.

Asy-Syu'ara' (Para Penyair)

10. Nabi Musa pernah membunuh seorang Qibty yang membuatnya keluar dari Mesir.
- Firaun memperbudak Bani Israil.

23. Kisah tentang Nabi Musa.

38. Kisah tentang Nabi Musa.

49. Firaun membunuh semua penyihir yang akhirnya beriman kepada Allah.

69. Kisah Nabi Ibrahim.
- Allah telah memberi petunjuk kepada Nabi Ibrahim sejak Nabi Ibrahim masih kecil.

78. Tiada Tuhan selain Allah, (Yaitu Tuhan) yang telah menciptakan aku, maka Dia lah yang menunjuki aku, dan Tuhanku, yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dia lah yang menyembuhkan aku, dan yang mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (Kembali) dan yang amat aku inginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.

83. Dubuk adalah hyena jantan.

105. Kisah tentang Nabi Nuh.

116. Kaum Nabi Nuh mengancam akan merajam Nabi Nuh.

123. Kisah tentang Nabi Hud.
- Kaum 'Ad tinggal dibukit-bukit pasir, masa mereka setelah Nabi Nuh.
- Nabi Hud memperingatkan kaumnya tentang hal-hal yang membuang-buang waktu, bermain-main, bersenang-senang, unjuk kekuatan, memayahkan diri tanpa faedahnya dengan membangun bangunan besar lagi kokoh.

136. Kaum 'Ad mengakui bahwa agama yang mereka anut adalah adat kebiasaan orang dahulu.
- Kaum 'Ad dibinasakan Allah dengan angin kencang yang dingin.

141. Kisah tentang Kaum Samud.

146. Kaum Samud membuat rumah-rumah pahatan di gunung-gunung dengan tujuan kesombongan, ketamakan, dan main-main, bukan karena keperluan untuk tempat tinggal, dan mereka adalah orang-orang yang ahli dalam bidang pahat-memahat, seperti yang dapat disaksikan dari bekas peninggalan mereka.

160. Kisah tentang Kaum Lut.

176. Kisah tentang Nabi Syuaib, penduduk Aikah.
- Aikah adalah nama sebuah pohon yang disembah oleh penduduk Madyan.
- Kaum Madyan dan penduduk Aikah adalah satu umat, tapi mempunyai dua sebutan nama.

185. Kaum Nabi Syuaib diazab dengan panas selama 7 hari, dan saat datang gumpalan awan mereka berlindung di bawahnya, lantas Allah mengeluarkan percikan dan luapan api dari neraka, disertai dengan pekikan keras yang membuat mereka semua binasa.

200. Mereka ingin diberi umur 1000 tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkannya dari siksa.

210. Setan dijauhkan Allah dari mendengar Al-Qur'an.
- Langit dipenuhi oleh penjaga yang keras dan bintang-bintang yang menyala-nyala saat Al-Qur'an diturunkan kepada Rasul, maka tiada satu setanpun yang selamat dan sempat mendengarkannya barang sehurufpun, agar perkaranya tidak bercampur-baur, hal ini merupakan rahmat dari Allah kepada hamba-hamba-Nya dan sebagai pemeliharaan terhadap syariat-Nya, serta dukungan-Nya kepada kitab dan Rasul-Nya.
- Sesungguhnya jin telah mencoba mengetahui (Rahasia) langit, maka jin mendapatkannya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, dan sesungguhnya jin dahulu dapat menduduki tempat di langit untuk mendengar-dengarkan (Berita-berita-Nya) tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (Seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (Untuk membakarnya).

213. Matruk adalah tidak terpakai hadistnya.
- Orang yang paling berzuhud di dunia ini adalah para Nabi, dan yang paling memusuhi mereka adalah kaum kerabatnya.

221. Setan turun kepada tiap-tiap pendusta yang banyak dosa, mereka menghadapkan pendengaran (Kepada setan) itu, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang pendusta, dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat.
- Para penyair biasa membangga-banggakan ucapan dan perbuatan yang sama sekali tidak dilakukan oleh seorangpun dari mereka, dan tidak pula diriwayatkan dari mereka, hal ini membuat mereka pandai membual.

An-Naml (Semut)

7. Kisah tentang Nabi Musa.
- Nabi Musa melihat cahaya yang sangat terang dari sebuah pohon yang cahayanya menembus langit.

15. Nabi Sulaiman mewarisi kerajaan dan kenabian Nabi Daud.
- Nabi Daud mempunyai 100 orang istri.
- Nabi Sulaiman dianugerahi ilmu bahasa burung dan bahasa hewan lainnya.

22. Burung Hud-hud memberi kabar kepada Nabi Sulaiman, bahwa di negeri saba ada seorang ratu dan kaumnya yang menyembah matahari.
- Ibu Ratu Balqis adalah jin perempuan.

27. Nabi Sulaiman mengirimi Ratu Balqis surat dengan perantara burung hud-hud.

32. Sebuah hadiah itu dapat melunakkan hati seseorang.
- Ratu Balqis bersikap diplomasi dengan berniat memberi Nabi Sulaiman hadiah, karena kuatir Nabi Sulaiman akan memerangi mereka, namun Nabi Sulaiman menolak hadiah tersebut.

35. Nabi Sulaiman meminta didatangkan singgasana Ratu Balqis pada tentaranya, jin ifrit menjanjikan akan mendatangkannya sebelum Nabi Sulaiman beranjak dari singgasananya, (Majelisnya) sedangkan seorang Ahli Kitab menjanjikan sebelum Nabi Sulaiman berkedip, seorang Ahli Kitab itu lantas berdoa kepada Allah dan tiba-tiba singgasana Ratu Balqis sudah ada di hadapan Nabi Sulaiman.

41. Nabi Sulaiman membuat istana kaca yang mengalir air di bawahnya, hingga seperti kolam untuk menyambut Ratu Balqis.
- Ratu Balqis akhirnya mengikuti agama Nabi Sulaiman yaitu menyembah Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya.

45. Kaum Samud menganggap Nabi Saleh dan pengikutnya adalah pembawa kesialan.
- Taftanun adalah kalian sedang dibinasakan secara berangsur-angsur melalui kesesatan yang kalian kerjakan.

48. Kaum Samud yang terdiri dari 9 orang laki-laki (Yang mewakili kaum samud semuanya) menyembelih unta Nabi Saleh.
- Mengurangi kadar mata uang emas dan perak termasuk perbuatan yang menimbulkan kerusakan di bumi.

Ini adalah akhir dari juz 19 ...

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang