Juz 16

7 1 0
                                    

82. Banyak ulama mengatakan bahwa Nabi Kidhir bukanlah seorang Nabi melainkan seorang wali, hanya Allah yang tahu kebenarannya.
- Tidak ada dalil yang menguatkan bahwa Nabi Kidhir masih hidup.

83. Zulqarnain adalah seorang raja yang menguasai belahan timur dan barat, Allah menganugerahkan kepadanya jalan untuk mencapai segala sesuatu, serta menganugerahinya kekuasaan yang luas.

92. Nabi Nuh mempunyai 3 orang anak yaitu Sam (Kakek moyang bangsa arab), Ham (Kakek moyang bangsa orang yang berkulit hitam), dan Yafis (Kakek moyang bangsa turki).

93. Yajuj dan Majuj tidak dapat menaiki dinding yang dibuat oleh Zulqarnain.
- Amalan orang kafir layaknya fatamorgana.
- Hafiz adalah hafal hadist.

107. Firdaus adalah puncak surga, letaknya paling tengah dan paling indah.

110. Syirik tersembunyi yaitu apabila seseorang berdiri mengerjakan salatnya karena ingin dilihat oleh orang lain.
- Syahwat tersembunyi itu ialah bila seseorang dari kalian pada pagi harinya berpuasa, lalu timbullah suatu syahwat dalam dirinya, maka ia meninggalkan puasanya (Dan mengerjakan apa yang diinginkan oleh syahwatnya).

Maryam

1. Nabi Zakaria berdoa dengan sangat lembut kepada Allah agar diberi seorang anak.
- Asabah adalah ahli waris laki-laki dan kalalah adalah ahli waris perempuan.
- Nabi Zakaria memohon dikaruniai anak agar dapat mewarisi kenabiannya.
- Harta para nabi tidak diwaris, semuanya sedekah.

7. Istri Nabi Zakaria adalah seorang yang mandul sejak awal, sedangkan istri Nabi Ibrahim tidak.

10. Nabi Zakaria meminta tanda dari Allah, dan tandanya adalah ia tidak bisa bercakap-cakap selama 3 malam padahal ia sehat.

12. Allah memberikan pengajaran dan hikmah ketika Nabi Yahya masih anak-anak.

16. Maryam menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat.
- Maryam dibesarkan dikalangan Bani Israil dalam lingkungan yang baik, sehingga jadilah Maryam seorang wanita ahli ibadah yang terkenal, yang mencurahkan segenap hidupnya untuk ibadah dan tidak menikah, Maryam berada di dalam jaminan suami saudara perempuannya (Yaitu Nabi Zakaria), nabi Bani Israil saat itu dipimpin oleh Nabi Zakaria yang menjadi tempat bertanya mereka dalam urusan agamanya.
- Malaikat Jibril menjelma sebagai seorang manusia dan mengabarkan pada Maryam bahwa ia akan mempunyai seorang anak, yang akan menyeru manusia untuk menyembah Allah.

22. Nabi Yahya dan Nabi Isa adalah sepupu dari pihak ibu.
- Setelah Maryam merasa kaumnya telah menuduh tidak baik terhadap dirinya, Maryam memisahkan diri dan pergi ke tempat yang jauh serta membuat hijab antara ia dan kaumnya.
- Rasa sakit akan melahirkan memaksa Maryam bersandar pada pangkal pohon kurma.
- Nabi Isa dilahirkan di Baitul Lahm.
- Maryam berharap kematian dan dilupakan, karena beratnya ujian yang ditangungnya.

24. Maryam diperingatkan oleh Malaikat Jibril agar tidak bersedih, karena Allah telah menyediakan makanan berupa kurma dan sungai untuk minum.
- Tidak ada suatu makananpun yang lebih baik bagi wanita sehabis melahirkan selain kurma muda dan kurma masak.

27. Allah memerintahkan Maryam untuk berpuasa dan tidak bicara pada kaumnya, serta menunjuk Nabi Isa untuk berbicara kepada mereka.
- Nabi Isa berkata, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Allah dan Allah menjadikanku nabi serta memberiku Injil".
- Surat Maryam ayat 33 membuktikan bahwa Nabi Isa adalah seorang hamba Allah.

34. Ahli Kitab berselisih pendapat tentang eksistensi Nabi Isa.

38. Saat hidayah datang maukah kita menerimanya.
- Al-Hasrah adalah salah satu nama hari kiamat.
- Allah mewarisi bumi dan semua orang yang ada di atasnya dan hanya kepada-Nyalah mereka dikembalikan.

BUKU SAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang