31. Sahabatku

3K 142 9
                                    

Sudah 2 hari Mas Iyan masih saja mendiamkanku, masih marah padaku, padahal aku sudah berusaha minta maaf

Tak apalah, lebih baik dia diam, dari pada dia bicara dan kata- katanya menyakiti hatiku, aku takut aku tambah terluka, karena aku ini orang yang perasa

Tapi, aku merasa ada sesak bergelayut di dadaku, aku memilih mengirim pesan pada sahabatku yang juga menjadi teman sependeritaan ketika dulu aku masih di Pondok Mertua (tidak) Indah. Susan namanya

Dulu ibu mertua mengira aku sering pegang handphone karena berkirim pesan dengan laki- laki lain, padahal ia tidak tau saja aku menangis pada Susan, meskipun kita jauh, meskipun aku hanya bercerita lewat pesan whatsapp, hanya sahabatlah yang setidak nya bisa mengurangi rasa sakitku ketika aku disakiti ibu mertua
.
Tanpa ragu aku menceritakan pada Susan terkait peristiwa bagaimana aku bisa bertengkar dengan Mas Iyan, dan dia pun membalas.

"Lagian apa salahnya sih lo datang nemuin mertua lo. Lah masa iya mau anak lo aja yang pulang. Kan masih pada kecil masih asi lagi," jawab Susan greget, rupanya ia belum memahami keadaanku

"Tadinya gue udah bertekad mau pulang. Eh liat foto ibu mertua di grup whatsapp keluarga suami. Seketika trauma gue kambuh. Gue takut di sana Mas Iyan cuekin gue lagi. Gak kenal sama gue lagi kaya kemarin- kemarin. Kaya bukan suami istri" balasku

"Ya susah sih Sya kalau udah trauma gitu. Ada gak sih pengobatan buat hilangin trauma," ia malah balik bertanya

"Gue udah gak ngerasa dendam dan benci ke mertua. Tapi pas liat fotonya. Takut gue kambuh," timpalku

"Adiknya udah nikah kan?"

"Udah si Mawar. Anak kedua"

"Dia udah nikah ini ada suami nya.
Pasti dia juga bisa jaga sikapnya. Gak bikin lo cemburu,"

"Dia di Jogya Sus. Ga tau ketemu atau engga"

"Nah kan udah jauh,"

"Yang gue takut Mas Iyan berubah kaya dulu lagi"

"Engga kali. Mungkin aja kali ini dia udah sedikit lebih ngerti. Apalagi dia tau kan lo jadi trauma. Gue gak tau Sya bagaimana sikap mereka ke lo dulu sampe lo bisa jadi trauma gini. Kok gue bayanginnya jadi pengen nangis."

"Gue lebih takut sama diri gue sendiri yang belum bisa dewasa dan mengolah hati, soalnya disana gue di tinggal terus hampir 24 jam. Dia sama keluarga nya terus. Sama gue pas ngorok doang itu juga harus gue urag- urag biar tidur di kamar, kalau gitu buat apa ada gue disana? Kalau cuma nyaksiin dia lagi curahin kasih sayang sama keluarga sedangkan gue bener- bener ga di inget. Gue udah makan apa belum aja dia ga peduli. Di tambah gue sungkan makan. Kalo bukan rumah sendiri. Ambil minum aja gue sungkan. Sampe kehausan. Padahal gue lagi nyusuin waktu itu"

"Ya sih. Memang pasti ga enak banget
Memang sebelumnya lo ga obrolin dulu. Minta suami lo temenin lo dulu gimana pun lo itu orang lain. Pasti butuh waktu buat berbaur"

"Engga bilang sus, gue langsung di tinggal gitu aja pas walimahan dulu Oktober, sampe sekarang pun sama tiap gue pulang kampung. Jadi berantem nya gara2 itu mulu, gue lebih banyak ngurung diri di kamar"

"Harusnya ada omongan meskipun sekarang status lo istri atau menantu tetap aja kan lo disana orang lain atau orang baru. Lo juga butuh adaptasi yang pastinya perlu dia disamping lo"

"Gue bingung mau mulai jelasin nya dr mana ke Mas Iyan"

"Ngomong aja. Gue waktu baru- baru tinggal dimertua, gue juga bilang gitu sama suami gue. Jadi nya suami gue selalu disamping gue selama seminggu pas awal- awal gue tinggal padahal harusnya dia udah masuk kerja cuma dia nemenin gue adaptasi"

"Iya masih bingung mulai nya. Tadi aja pas nyenggol masalah mertua. Mas Iyan langsung sewot nada bicara nya, main samber kaya api ketemu bensin. Dia gak suka nama ibunya kesenggol dikit aja, padahal gue gak nyebut ibunya"

"Mungkin dia lagi capek jadi sewot mulu bawaannya. Omongin kalau udah enak dan suasananya pas. Bilang aja lo bakalan mau ke kampung cuma syaratnya itu temenin buat hadapin semua disana."

"Orang kita lagi ngobrol nyantai. Dia itu pernah nangis gara- gara gue sakit hati sama sikap ibunya. Dia bilang, jangan jelek- jelekin orang tua aku terus. Padahal gue gak lagi jelekin, gue lagi ceritain penderitaan yang gue alamin. Gue cuma bisa nangis sekarang"

"Sabar ya Sya. Gue cuma bisa doain semoga lo bisa berdamai sama hati lo sendiri
Biar rasa takut lo hilang. Karena yang gue tau Alisya itu orangnya berani. Ngomong- ngomong sekarang suami lo kemana?"

"Tidur. Tadi gue ngantuk banget. Gegara kepikiran ini. Jadi ga bisa tidur"

"Udah jangan dipikirin. Kasian Aqso dan Aura"

"Iya sus. Lo belum tidur?"

"Belom. Lagi ngelakuin ritual sebelum tidur"

"Apa?"

"Ada deh.."

"Hahahaha. Ya udah lanjutkan ya. Makasih barusan w tersenyum"

"Oke tidur gih udah malam, ibu beranak dua kan besok udah mulai sibuk lagi"

"Iya sus thanks ya"

Terimakasih Susan. Setidak nya malam ini aku akan bisa tidur :)

Wahai Ibu MertuaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang