BAB 2 - Ran: Toxic

486 55 6
                                    

"Jadi, kalo lo lagi jalan-jalan ke China tapi pengen dapet nuansa Eropa-nya juga, lo kudu banget ke sini! Lo lihat, kan? Bangunan Eropa di sini beneran artistik dan pastinya, Instagram-able banget! Oke deh, sampe sini dulu vlog gue kali ini karena gue mau puas-puasin nikmati pemandangannya. Newbie langsung aja klik tombol subscribe dan tekan lonceng biar nggak ketinggalan video-video gue selanjutnya, jangan lupa juga follow Twitter dan Instagram gue di @ran.dirga. Oke, gue Ran Dirga, langsung dari The Bund, Huangpu Jiang River, Shanghai!"

"Anjir, nyesel banget gue nggak jadi ikut lo ke sana!" Rei kelihatan antusias banget abis nonton vlog yang gue upload semalem.

"Gue bilang juga apa," sahut gue sambil nggak berhenti gerakin mouse. "Lo sih, pake ngebatalin segala. Untung tiket belum gue pesen, kalo nggak double rugi gue."

"Aelah, perhitungan amat lo, Bang. Acha kan lagi KKN, nggak ada yang nemenin Ibu. Mau gimana lagi, gue harus jadi anak yang berbakti."

"Gaya lo berbakti. Berbakti itu nggak akan bilang ke Ibu mau begadang bikin tugas sama temen, tapi tahunya clubbing. Kena getahnya, kan?" Gue terkekeh. Inget setahun lalu Rei pernah nelepon gue malem-malem, minta jemput karena dia nabrak trotoar. Pas ditanya Ibu gimana bisa kejadian jam 2 dini hari begitu, sampe patah kaki pula, ngakunya lagi cari makan bareng temen. Halah! Padahal Ibu tahu, tuh, dia abis clubbing karena mulutnya bau alkohol banget. Cuma memang nggak Ibu marahin karena kasihan lihat kondisi Rei.

"Sialan, lo!" Gue berjengit karena bantal menghantam kepala gue.

Dasar adek kurang ajar! Gue menoleh ke Rei dengan tampang kesal, dia cuma nyengir aja sambil ngacungin tanda 'V' dengan jari telunjuk dan tengahnya. "Nggak boleh marah, Bang. Sana fokus ngedit fotonya. Ditungguin penggemar lo, tuh."

Sial, Rei bener. Gue mesti nyeleseiin foto-foto gue karena gue udah janji bakal upload malem ini. "Oke, kali ini lo selamet." Rei lagi-lagi nyengir. Kalo nggak lagi dikejer deadline, gue pasti udah ngeladenin si Rei.

Gue kembali fokus ke foto-foto yang gue ambil di Shanghai seminggu yang lalu. Kebanyakan foto yang gue ambil itu bangunan-bangunan jaman kolonial yang ada di deket Sungai Huangpu Jiang, kayak bangunan mirip kastil, gereja atau kubah besar khas Eropa tempo doeloe. Taman di sepanjang tepi sungai Huangpu Jiang juga bernuansa klasik, ada tanaman yang diatur rapi, bangku-bangku terus lengkap sama lampu taman bergaya klasik yang nempel di pagar pembatas sungai.

Foto-foto terbaik yang udah gue pilih, gue taruh di folder terpisah biar gampang nyarinya. Gue masuk ke aplikasi Adobe Photoshop CC 2019 lalu memulai proses editing foto yang udah gue pisahin tadi, ngatur kontrasnya jadi lebih tinggi biar efeknya lebih kuat, nambahin sedikit color grading, atau cukup sedikit saturasi.

Milih kerjaan sebagai travel blogger sebenarnya nggak sengaja. Gue suka travelling, itu bener banget. Setiap travelling gue selalu mengabadikan perjalanan gue lewat foto dan video. Dulu foto dan video ini rajin gue upload di blog dan promo di Twitter. Tapi sejak Instagram dan Youtube booming, gue pun mulai merambah media sosial hits itu dan hasilnya sangat memuaskan.

Menurut gue, jadi travel blogger itu nggak kalah keren kok dari kerja di kantoran. Malah lebih banyak untungnya. Kerjaan gue fleksibel, super santai, bisa dateng ke tempat-tempat baru pula. Terus, nih, review-review perjalanan gue bisa bermanfaat bagi banyak orang, khususnya traveller yang butuh rekomendasi tempat liburan. Bonusnya, gue dapet duit, lumayan sering dapet klien untuk endorsement dan pastinya, gue famous. Hehehe.

Gue juga pernah ditawarin oleh salah satu stasiun televisi buat ngisi program travelling gitu, tapi gue tolak. Gue lebih milih jadi independen aja dan tetep di jalur gue sebagai blogger, bukan presenter. Lagi pula, jaman sekarang kan selebgram lebih famous. Ya, nggak?

Travelove StreamingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang