Dua Sisi

31 5 0
                                    

"Itu sebabnya Pak Slamet tahu kalau Visca dalam bahaya, sebab dia bekerja juga untuk Pak Jaja," ungkap Radit.

"Dokter tahu kalau aku dalam bahaya?" tanya Visca.

"Sebulan lalu, saat aku membuatmu menjauh. Aku tahu sesuatu akan terjadi padamu, tapi aku tidak bisa mengatakannya. Kenyataannya, aku tidak bisa menemukan jawabnya sampai saat ini. Maaf, Visca. Aku merasa paling tahu, padahal nyatanya aku tidak tahu apa-apa," jelas Radit.

"Dokter hanya ingin melindungiku kan? Aku tahu dokter peduli," ujar Visca.

"Tunggu dulu. Pak Jaja menargetkan Visca, lalu menargetkanku, lantas mengapa dia menargetkan El sekarang?" tanya Radit.

"Karena dia tahu El membelot. Ketika kita bertemu di rumah Pak Jaja tempo hari, Visca seharusnya mati. Namun, setelah mendengar tentang Robbie, El memberi kode untuk menghentikan aksi Pak Slamet yang bersiap dari jauh. Aku harus berakting seolah-olah aku mendukung aksi ini dan membiarkan El tertembak tadi. Aku harus tetap meyakinkan Pak Jaja kalau aku masih berada di dalam Tatanan Dunia Baru," jawab Madelyn.

Di Jakarta, Pak Jaja adalah semacam pimpinan Tatanan Dunia Baru. Pak Jaja merekrut orang-orang untuk menjadi anak buahnya. Saat pertama kali Madelyn merantau dari Padang ke Jakarta, Pak Jaja adalah orang yang memberi Madelyn segalanya, mulai dari makanan sampai tempat tinggal. Bahkan dengan bela diri yang dipelajari dari Pak Jaja, Madelyn bisa menjadikannya pekerjaan. Madelyn sudah menganggap Pak Jaja seperti ayahnya sendiri, di saat ayah kandungnya lebih peduli kepada istri-istri barunya daripada anaknya.

Selain Madelyn, El juga tak lepas dari jeratan Pak Jaja. Jauh sebelum El menjadi produser terkenal, Pak Jaja sudah lama menjadi koreografer film laga. Pak Jaja yang memperkenalkan El kepada orang-orang di industri perfilman Indonesia. Sebelum bertemu dengan Pak Jaja, El berkutat di perfilman indie dengan genre yang tak lepas dari drama, romansa, horor, dan komedi. Namun, berkat hal-hal yang diajarkan Pak Jaja, El berhasil membuat film-film laga yang sukses.

Madelyn dan El sama-sama berhutang budi pada Pak Jaja. Itu sebabnya kedua pemuda itu mendukung apa yang Pak Jaja yakini, yaitu Tatanan Dunia Baru. Banyak yang tidak dapat dimengerti dengan mudah dari kisah orang-orang dibalik gerakan ini. El dan Madelyn adalah buntut panjang dari keterlibatan mereka dengan Tatanan Dunia Baru. Sebelum itu, Tatanan Dunia Baru adalah suatu gerakan rahasia yang berskala global. Banyak yang salah mengira bahwa tujuan gerakan ini adalah membuat anggotanya bisa menguasai dunia dengan sektor-sektor vital yang mereka miliki.

Tujuan sebenarnya dari Tatanan Dunia Baru adalah memberi dunia sebuah keseimbangan antara yang baik dan yang buruk. Anggota Tatanan Dunia Baru rela menjadi sisi buruk manusia, agar sisi baik manusia lain bisa terlahir. Tapi dengan kehadiran Visca, semuanya bisa berubah. Visca dipercaya bisa mengubah dunia menjadi seluruhnya baik. Jika dunia seperti yang diramalkan sampai terjadi, maka akan terjadi ketidakseimbangan antara sisi baik dan sisi buruk. Bak dua sisi koin yang kehilangan satu sisinya, membuat koin tersebut tak ada artinya lagi.

Tiba-tiba, Visca tertawa membuyarkan keheningan, "Ha. Ha. Ha."

"Apa ada yang lucu?" tanya Madelyn.

"Visca, ini serius!" timpal El.

"Aku tahu, aku tahu. Hanya saja, aku masih mencerna perkataan kalian. Dokter Radit tahu aku dalam bahaya, El tahu dirinya dalam bahaya, dan Madelyn tahu dirinya dalam sarang buaya. Semua itu karena aku? Aku? Orang yang terpilih? Itu menggelikan," komentar Visca.

"Aku tahu kamu ragu, Visca. Dirimu yang sekarang memang sudah jauh dari yang seharusnya. Tatanan Dunia Baru memastikan the prodigy (yang ajaib) menjadi the prodigal (yang hilang)," jelas El singkat.

Komplikasi KehidupanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang