Alhamdulillah hubungan mas Bram dan mama baik-baik saja. Dan kami juga baik-baik saja. Begitupun Sari dan janinnya.
Terhitung sudah lebih sebulan sejak aku pergi ketempat mama. Dan mama sepertinya mengerti untuk tidak terlalu mengurusi masalah kami. Tapi kini malah tetangga yang mengurusi masalah kami. Mengapa mereka harus ribet dengan urusan orang lain sih. Apa memang untungnya ikut campur dan ngomongin orang lain.
Memang mereka gak punya hati yang sakit juga kalo diomongin? Sudah beberapa hari ini aku malas keluar rumah. Yah aku memang biasanya cuma keluar buat beli sayur. Atau kalau ada acara ditempat tetangga. Aku gak suka terlalu banyak bergosip dan memang mas Bram melarangku terlalu banyak berkumpul dengan ibu-ibu lain.
Gak usah sok nguat-nguatin aku kalau pada kenyataannya cuma pengen ngatain. Aku gak butuh dikasihanin sama mereka. Mau aku dimadu kek, itu urusanku. Kalo kalian gak mau ya gak usah. Tapi ini hidupku. Aku yang jalaninnya.
Mau aku ditinggalin suami yang lebih milih istri muda juga urusanku. Derita deritaku. Gak usah nambahin deritaku dengan ngomongin aku. Aku rasanya pengen ngeluapin omonganku kemereka biar mereka diem. Tapi ya udahlah, kupikir lagi itu gak guna. Malah bikin mereka tambah asik ngomongin aku.
Astagfirullah. Istigfar Vi, banyakin aja istigfarnya. Mudahan Allah kasih hati aku kuat buat semuanya.
"Hey, kenapa bengong aja? Udah siap belum makan siangnya?"
"Ih mas adek sebel banget deh sama ibu-ibu itu. Ngomongin adek mulu. Adek kan jadi kesel. Gak jadi masak ah. Ayok makan diluar aja"
"Iya udah ayok kita makan diluar. Emang adek mau makan apa?"
"Terserah mas aja lah"
Kami pun pergi keluar untuk mencari warung makan. Aku beneran kesel diomongin terus. Huuh..sabar Vi.. kayaknya kamu kurang berlapang dada Via. Iya memang, padahal aku udah coba buat gak peduli. Tapi lama-lama sakit juga ya. Gak cuma telinga yang panas, hati juga panas.
"Udah dek. Biarin aja mereka ngomong apa. Kita yang lebih tau tentang rumah tangga kita. Cuekin aja ya sayang"
Mas Bram mencoba mencairkan hatiku. Saat melihatku duduk menatap makanan dengan cemberut.
"Udah ah, ntar ayamnya nangis itu kelamaan ditempelin sambel gak dimakan-makan"
Mas Bram melucu dengan ayam geprek dipiringku.
"Apaan deh mas. Gak lucu banget ya"
"Ya udah makan lah dek. Nanti kalo kelamaan mas telat balik kantornya lagi"
Aku mengangguk dan segera melahap makananku. Ini sih gak sepedes omongan orang. Aduuuh sabar Vi. Sabar pake banget deh pokoknya. Jangan diladenin mah yang begituan. Ia maunya tu gak dimasukin hati tapi masuk sendiri. Ah sudahlah.
Selesai dengan acara makan siang diluar, mas Bram balik ke kantor lagi sedangkan aku melanjutkan masakanku yang tertunda. Tadi tu aku pergi kewarung karena aku lupa minyak goreng kehabisan. Eh pas dijalan mau balik kedengeran omangan orang.
"Eh bu, tau kan tuh si Via. Kasian banget dia ya. Udah dimadu sama suami, eh sekarang madunya yang hamil duluan" itu suara bu Rini yang mulai.
"Iya, kasian banget. Ntar kalo ditinggalin suaminya kan makin kasian ya, apalagi udah nunggu lama dia belum bisa ngasih anak" timpal seseorang yang aku tak tau siapa. Dan entahlah omongan mereka berlanjut sampai mana.
Udah ah Vi, jangan diinget-inget. Bikin mood masak jadi ilang. Ok lupain tentang mereka. Lebih baik solat zuhur dulu biar hati tenang.
********
Aku gak ngerti sebenarnya semua ini apa. Apa yang aku temuin tadi di laci tadi itu mas Bram yang simpen? Jadi sebenarnya mas Bram tau sejak lama kalau aku ini memang gak bisa kasih anak buat dia? Trus omongan dokter waktu itu gak bener? Apa ini mas?
Ini adalah hasil tertulis dari cek kesuburan kami 5 tahun yang lalu. Dan ini disembunyikan olehnya? Atas dasar apa mas? Kamu kasian sama aku sampe bohongin aku kayak gini?
Aku hanya menangis mengetahui kertas ini. Aku menangis menyesali kebohongan mas Bram selama ini. Dan aku merasa dikasihani selama ini. Bukan kasih sayang, tetapi kasih iba mas Bram untukku. Aku benci mengetahui jika semua itu nyata terjadi.
Aku menunggumu pulang mas. Aku menunggu semua jawabanmu.
Setelah beberapa saat aku menangis, aku segera membersihkan diri karena hari menjelang magrib. Dan tak lama setelah itu mas Bram pulang.
Aku tak seceria biasanya. Dan aku hanya menjawab singkat pertanyaannya. Aku mencium tangannya dan memeluknya dengan perasaan pedih. Aku merasa tak terima dengan kebohongan ini.
Dengan susah payah aku melayaninya untuk makan malam. Dan masih kutahan segala gejolak dihatiku. Hingga saat melihatnya bermain ponsel setelah solat isya. Hatiku sudah tak tahan untuk menggerakkan tangan ini mengeluarkan kertas kebohongan itu.
"Apa ini dek" tanya mas Bram saat kusodorkan kertas itu padanya.
"Coba mas lihat aja sendiri" nadaku sudah mulai tak enak.
Ia sepertinya bingung dengan sikapku, namun tak urung dia membuka kertas itu. Wajahnya seperti terkejut saat membacanya.
"Adek nemu ini dimana?"
"Kenapa memangnya? Apa maksudnya itu mas? Apa mas memang sengaja nyembunyiin ini dari adek?"
"Itu dek, tapi..adek nemu dimana? Kayaknya udah mas buang"
"Bagaimanapun kebohongan itu pasti terungkap mas. Lagian buat apa mas tutupin semua ini dari adek? Mas kasian sama adek? Apa adek selemah itu untuk dikasihani?"
"Bukan dek.. mas cuma gak mau adek mikirin ini. Mas sayang sama adek. Mas terima semua kelebihan dan kekurangan adek. Itulah kenapa rasanya gak perlu buat adek semua ini. Mas sayang sama adek, adek ngerti kan?"
"Jadi gini kasih sayang mas? Dengan nyembunyiin kebenaran tentang adek? Ini tentang adek mas, adek gak butuh rasa iba mas buat ini. Lebih baik mas jujur dari dulu mungkin sekarang cerita kita udah beda mas"
"Maksud adek apa? Memangnya gak boleh kalau mas mencoba melindungi adek dari semua hal yang bakal nyakitin adek? Mas salahkah? Mas cuma gak mau adek sedih"
"Salah! Mas salah! Adek terluka dengan kebohongan ini. Adek sangat terluka! Bahkan dengan kebohongan ini adek rela mas madu! Seandainya adek tau, lebih baik adek melepaskan diri daripada seperti ini"
"Adek.."
Mas Bram melunak medengar perkataanku. Dia berusaha memelukku tapi aku menjauhkan diri darinya.
"Cukup mas. Adek gak butuh rasa iba. Adek bisa hidup sendiri walau tidak ada sosok lelaki disisi adek"
"Adek..ngomong apa sih!"
"Mending kita udahan aja mas. Mas bisa bahagia sama Sari tanpa gangguan adek"
Aku masuk ke kamar. Mas Bram segera menyusulku. Aku merebahkan diri dengan selimut sampai leher.
"Dek.."
"Ceraikan adek mas"
"Adek!"
"Jangan bercanda dengan kalimat itu atau kita sendiri yang menyesal nanti!"
"Pokoknya mas gak mau cerai"
Mas Bram pergi dari kamar. Bahkan sepertinya dari rumah. Aku merasa tak peduli kemanapun dia pergi saat ini. Aku yakin aku mampu berdiri tanpa bayangan rasa kasihan orang lain.
.
.
.Bonus yaaa..
Mumpung lagi mood.Semoga kita semua dijauhkan dari segala masalah dalam rumah tangga kita.
Aamiin..
KAMU SEDANG MEMBACA
Indahnya Dimadu? | SELESAI |
RandomHidup berumah tangga memang gak selalu mulus kayak jalan tol. Banyak hal yang bakal muncul bahkan tanpa di kira kira oleh orang-orang single pada umumnya. Jangan ngayal kalo kalian sama-sama cinta trus bisa hidup bahagia selamanya dunia akhirat. Ja...